Ride-Hailing Service dan Telkomsel DigiAds Food Delivery/DigiAds
Agustus 9, 2019

Business Study: Kemitraan Ride-Hailing Service dan Telkomsel DigiAds untuk Meningkatkan Transaksi Layanan Pesan-Antar Makanan di Bulan Ramadan

By : Bizinsight

Ride-hailing service adalah salah satu layanan yang berkembang pesat di wilayah Asia Tenggara. Sejak muncul, layanan ini telah berkembang cepat menjadi one-stop solution untuk masyarakat urban. Layanan yang tersedia pun beragam mulai dari transportasi, berbelanja, hingga pesan-antar makanan.

Ramadan kemarin, salah satu SEA ride-hailing service bermitra dengan Telkomsel DigiAds. Kemitraan ride-hailing service dan Telkomsel DigiAds ini bertujuan untuk meningkatkan transaksi cashless dan mengakuisisi high-quality customers bagi layanan pesan-antar makanan mereka di bulan Ramadan.

Business Study Ride-Hailing Service dan Telkomsel DigiAds: Tantangan Layanan

Sebagai negara berkembang dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia adalah pasar dengan potensi yang menggiurkan. Momen terbaik untuk mengoptimalkan potensi ini pun hanya datang satu kali dalam setahun, yakni di bulan Ramadan. Sebagai industri yang berkembang pesat, ride-hailing service tentu ingin memanfaatkan momentum ini dengan optimal.

Di ride-hailing service yang beroperasi saat ini ada layanan pesan-antar makanan. Ini adalah solusi praktis bagi masyarakat urban yang ingin membeli makanan tetapi enggan pergi ke luar karena berbagai alasan. Di bulan Ramadan, layanan ini dapat menjadi jawaban bagi yang ingin membeli hidangan berbuka puasa tanpa harus menghadapi kemacetan.

Namun, bukan perkara mudah untuk membuat layanan pesan-antar makanan menjadi layanan yang istimewa di tengah-tengah pasar yang sedang ramai. Iya, Ramadan adalah waktu yang paling tepat bagi merek untuk beramai-ramai menjalankan berbagai aktivitas pemasaran.

Business Study Ride-Hailing Service dan Telkomsel DigiAds: Solusi untuk Menjangkau Pelanggan di Bulan Ramadan

Kebutuhan tersebut terjawab lewat kemitraan dengan Telkomsel DigiAds. Dengan riwayat pengalaman panjang dalam mengakuisisi pengguna, DigiAds mengembangkan strategi kreatif dan mudah dipahami untuk membantu kegiatan pemasaran ride-hailing service rekanan. Tujuan yang ingin dicapai dari kemitraan ride-hailing service dan Telkomsel Digiads ini yaitu untuk mengakuisisi konsumen berkualitas, meningkatkan transaksi non-tunai, dan menjadikan layanan pesan-antar makanan mereka sebagai pilihan utama selama Ramadan.

Dalam aktivitas pemasaran ini, ada tiga profil target audience yang dibidik. Profil pertama yaitu pelanggan Telkomsel pengguna layanan ride-hailing service rekanan. Profil kedua yaitu pelanggan Telkomsel pengguna layanan pembayaran non-tunai yang menjadi mitra utama ride-hailing service dalam hal pembayaran. Profil ketiga adalah pelanggan Telkomsel yang memakai kedua layanan tersebut secara bersamaan. Sementara device pelanggan sendiri terbatas pada smartphone saja.

Strategi kreatif pemasaran ini dibangun berdasarkan bagaimana cara kami dapat menjangkau pelanggan berkualitas yang memenuhi kriteria untuk membantu ride-hailing service rekanan membangun kesadaran tinggi, lalu lintas pada aplikasi, dan juga menciptakan dampak penjualan untuk layanan pesan-antar makanan. Dalam hal ini, kami menggunakan SMS sebagai teknologi enabler yang mengarahkan pelanggan ke microsite untuk mendapatkan diskon khusus layanan pesan-antar makanan dari ride-hailing service rekanan.

Kegiatan pemasaran berjalan pada momen yang tepat, yaitu Ramadan. Promo yang diberikan rekanan pun memainkan peran besar dalam kesuksesan kegiatan promosi. Tugas DigiAds adalah melakukan pendekatan kepada target konsumen dengan menyebarkan pesan promosi secara merata kepada pelanggan Telkomsel di waktu yang tepat, yaitu pada pukul empat sore atau sekitar dua jam sebelum berbuka puasa.

Business Study Ride-Hailing Service dan Telkomsel DigiAds: Hasil Kerja Sama

Dengan bantuan dari teknologi profiling pelanggan Telkomsel yang dipadukan dengan strategi kreatif dalam menyampaikan pesan, respon yang diterima pun cukup positif. Kegiatan pemasaran ini menghasilkan lebih dari 360.000 impresi dari pelanggan Telkomsel.

Dari jumlah tersebut, 15 persennya (lebih dari 56 ribu) melakukan klik pada tautan yang disematkan pada pesan yang diterima. Hasilnya, ada lebih dari 11.000 pelanggan Telkomsel yang melakukan klaim promo dari kegiatan pemasaran ini. Jumlah ini melebihi KPI awal yang ditentukan pada awal perjanjian kerja sama yang diharapkan dapat mencapai lebih dari 9.000.

Ini adalah kegiatan pemasaran yang sukses dan menjadi bukti yang kuat bahwa pemasaran dengan profil dan adopsi teknologi yang tepat di waktu yang tepat dapat menjadi kunci keberhasilan untuk meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan dampak penjualan yang sukses.

Penggunaan SMS sebagai teknologi dalam menyampaikan pesan pemasaran memperluas  cara pelanggan terhubung dengan perusahaan berbasis teknologi seperti ride-hailing service. Konsumen pun sangat senang dengan promosi yang memberikan diskon sebagai hadiah dan itu dapat diukur dengan total pelanggan yang mengklaim diskon. Manfaat dari kampanye ini untuk merek adalah meningkatnya kesadaran akan layanan pesan-antar makanan mereka.

Telkomsel DigiAds adalah bagian dari keluarga besar Telkomsel. Dengan media iklan yang luas, inventori terverifikasi, dan teknologi periklanan yang maju, kami ingin menjadi Indonesia’s most preferred programmatic media powerhouse. Hubungi kami melalui email di digitalads@telkomsel.co.id bila Anda tertarik untuk menjadi rekanan. Ikuti kami di media sosial Instagram dan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak tentang insight dan juga kegiatan terbaru kami.