conversion rate
November 5, 2019

Conversion Rate Hadirkan Visibilitas Keberhasilan Digital Marketing

By : Bizinsight

Digital marketing kini telah menjadi jalan paling wahid bagi para marketer untuk mempromosikan produk dan jasa dari perusahaan mereka. Dalam beberapa tahun belakangan, laju perkembangan digital marketing seakan tidak terbendung dan telah membawa begitu banyak perubahan dalam industri pemasaran. Hal ini tentunya dipicu oleh potensi pasar baru yang begitu luas serta dorongan dari inovasi teknologi.

Kini, kita sudah tidak asing lagi melihat berbagai kampanye pemasaran online pada berbagai e-commerce. Sebagian pengiklan bahkan tidak tanggung-tanggung dalam mengeksekusi strategi pemasaran di dunia maya. Bahkan, banyak brand yang berlomba-lomba dalam kreativitas untuk menciptakan sebuah kampanye online yang unik dan mampu menarik hati para netizen.

[Baca juga: Tantangan dan Kunci Digital Advertising 2019]

Meski, platform­-nya berbeda, setiap strategi dalam melakukan pemasaran tetap membutuhkan sebuah takaran keberhasilan. Penting bagi tim marketing dari setiap perusahaan atau brand untuk memiliki sebuah acuan yang bisa dipakai mengukur efisiensi serta keberhasilan dari sebuah kampanye digital. Di sinilah conversion rate berperan.

Conversion rate adalah persentase pengunjung ke website Anda yang menyelesaikan sebuah tujuan (konversi) yang diinginkan dari jumlah total pengunjung. Tujuan ini dapat berupa pembelian barang, berlangganan newsletter, atau pendaftaran keanggotaan. Tingkat konversi yang tinggi menunjukkan keberhasilan pemasaran dan desain web. Hal ini juga menunjukkan berarti orang menginginkan apa yang Anda tawarkan dan mereka bisa dengan mudah mendapatkannya!

Conversion Rate Lintas Perangkat

Conversion rate, dalam dunia marketing, adalah sebuah persentase yang menunjukan tingkat konversi tindakan pengunjung yang memberikan keuntungan kepada bisnis. Data yang digunakan adalah keseluruhan pengunjung sebuah website.

Conversion rate dapat menjadi acuan untuk mengukur kesukesan sebuah kampanye online karena data yang ditampilkan dapat memperlihatkan seberapa besar efektifitas sebuah kampanye dalam meningkatkan ketertarikan para pengunjung website terhadap produk bisnis yang diiklankan.

Melalui data yang disajikan oleh Idcloudhost, rata-rata conversion rate untuk bisnis adalah 2,35 persen. Sedangkan, 25 persen dari total keseluruhan perusahaan yang ikut sebagai objek pengumpulan data mencatatkan conversion rate sebesar 5,31 persen. Di lain sisi, sebuah analisa dari Monetate menunjukkan bahwa hasil persentase dari berbagai perangkat di kuartal keempat tahun 2018 menunjukkan efektifitas sebesar 4,84% dari para browser  yang menggunakan komputer.

conversion rate

Source: goinflow.com

Conversion rate memiliki peran yang vital bagi perkembangan sebuah bisnis di era teknologi ini, karena dapat dijadikan acuan keberhasilan sebuah kampanye. Semakin efektif hasil yang disajikan, maka semakin terbukti juga kesuksesan kampanye digital yang dilakukan. Tanpa persentase tersebut, maka keabsahan dari sebuah kampanye yang diklaim sukses tidak dapat diukur secara mutlak.

Optimasi Conversion Rate

Dengan tingkat konversi yang lebih tinggi, sebuah bisnis akan mendapatkan sumber daya yang lebih banyak. Hal tersebut akan berdampak terhadap return on investment (ROI). Conversion rate juga dapat memperlihatkan ukuran audiens atau pelanggan sebuah bisnis. Dengan hasil dari tingkat konversi, bisnis dapat memikirkan strategi terjitu untuk mengubah lebih banyak browser menjadi pelanggan. Skalabilitas dari sebuah kampanye juga dapat diukur sehingga bisnis dapat melihat dampak dari kampanye tersebut, sekaligus mengukur untung rugi dari modal yang dikeluarkan dalam proses pembuatan dan eksekusi kampanye online.

[Baca juga: Tips Menghadapi Kompetisi Industri Digital Advertising 2019]

Melihat pentingnya conversion rate, setiap pelaku bisnis dan digital marketer wajib memikirkan strategi untuk memaksimalkan conversion rate. Strategi ini dikenal sebagai conversion rate optimization (CRO). Tujuan dari CRO adalah membuat pengunjung menjadi lebih aktif berinteraksi dengan website. Dalam conversion rate, identifikasi terhadap target pemasaran merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Dengan mengetahui pangsa pasar, maka sebuah bisnis dapat menentukan solusi yang tepat untuk diambil untuk mendapatkan keuntungan.