Data-driven Marketing untuk pemasaran yang efektif/Pexels
Maret 19, 2019

Pentingnya Data-Driven Marketing untuk Pemasaran yang Lebih Efisien

By : Bizinsight

Data-driven marketing atau pemasaran berbasis data sebenarnya bukan hal yang baru bagi para pemasar digital. Ketika teknologi berkembang begitu pesat, secara alami aktivitas pemasaran berbasis data pun ikut berkembang. Jika dahulu hubungan teknologi dan pemasaran adalah sebuah teka-teki, kini keduanya telah menjadi perpaduan yang harmonis untuk pemasaran perusahaan yang lebih efisien.

Menurut Financial Times, pemasaran berbasis data mengacu pada wawasan dan keputusan pemasaran yang muncul dari analisis data tentang atau dari konsumen. Intinya, ini adalah strategi yang didasarkan pada analisis data besar (big data) yang dikumpulkan dari interaksi dan keterlibatan konsumen.

Data-driven marketing sendiri memang lahir untuk mengoptimalisasi proses pemasaran dan strategi yang digunakan agar mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang apa yang diinginkan pelanggan. Keberhasilan aktivitas ini pun akan bergantung pada penggunaan informasi (dalam bentuk data) untuk mendorong aktivitas pemasaran.

Pun begitu, Data-Driven Marketing telah terbukti dalam memaksimalkan Return of Investment (ROI). Menurut invespcro, bisnis yang menggunakan personalisasi berbasis data bisa menghasilkan 5-8 kali ROI dari pengeluaran untuk pemasaran. Maka dari itu kini semakin banyak perusahaan menerapkan aktivitas ini.

Keuntungan Aktivitas Data Driven Marketing

Di samping itu juga, ada banyak manfaat yang dapat diberikan oleh pemasaran berbasis data. Berikut ini adalah daftar yang paling penting menurut surveyanyplace:

Personalisasi Pemasaran: Pemasaran berbasis data memungkinkan perusahaan untuk membuat pesan yang tepat untuk audiens yang tepat, pada waktu yang tepat. Di era digital seperti sekarang ini, satu pesan yang cocok untuk semua memang sudah tak lagi efektif. Dengan data, Anda bisa mendapatkan pemahaman mendalam tentang profil pelanggan. Hal ini akan membantu Anda dalam menciptakan kampanye yang disesuaikan untuk menjangkau pasar dengan cara yang lebih relevan.

Peningkatan Pengalaman Pelanggan dan Pengembangan Produk: Dengan data driven marketing, alih-alih bekerja pada keseluruhan pengalaman, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperbaiki aspek spesifik yang penting bagi pelanggan Anda. Di samping itu, ketika Anda memahami target pasar Anda, produk yang Anda kembangkan bisa menjadi lebih cocok untuk pasar tertentu.

Pembelian media yang efisien: Dengan menggunakan algoritma dan pembelajaran mesin, pemasar dapat yakin tentang perencanaan dan pembelian media mereka. Anda tidak lagi harus menebak di mana audiens Anda ingin menerima konten Anda.

Peningkatan Efisiensi Saluran: Pemasaran berbasis data membantu Anda mengidentifikasi konten mana yang memindahkan pembeli ke saluran penjualan dan mengoptimalkan kampanye. Ini dapat menyebabkan tingkat konversi yang lebih baik dan ROI positif.

Efektif Cross-Selling: Pemasaran berbasis data memberi Anda wawasan berharga yang membantu mengidentifikasi di mana produk Anda dapat dijual kepada pelanggan lebih sering. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi segmen pasar yang mendapatkan manfaat. Entah itu dari kampanye khusus yang dibuat dengan memahami preferensi mereka maupun produk yang mereka nikmati.

Menerapkan pemasaran berbasis data berarti memahami data yang sudah Anda miliki dan kumpulkan. Kemudian menganalisis dan menerapkan data ini untuk meningkatkan upaya pemasaran Anda. Dengan kata lain, ini berarti menerjemahkan wawasan data ke dalam keputusan yang dapat ditindaklanjuti yang bermanfaat dalam mengoptimalkan proses pemasaran dan menjawab tuntutan unik dari konsumen.

Kemampuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui personalisasi dan manfaat lainnya yang disediakan oleh pemasaran berbasis data, menjadikannya strategi yang tepat untuk dipilih bagi organisasi mana pun. Khususnya untuk aktivitas pemasaran yang lebih efisien.

[Img source: Rawpixels/Pexels]