Editorial Juli 14, 2020

Imbauan #DiRumahAja Menciptakan Kebiasaan Baru

By : Bizinsight

Ketika Covid-19 mulai menyebar luas di Indonesia, pemerintah segera mengimbau masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dan tagar #DiRumahAja pun menjadi populer. Langkah ini, pada akhirnya mengubah dan menciptakan kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari. Ini bisa dilihat dari peningkatan yang terjadi dalam penggunaan data seluler masyarakat Indonesia berdasarkan data internal Telkomsel.

Peningkatan penggunaan data seluler ini bertujuan untuk menjaga produktivitas, menemukan informasi, sampai mencari hiburan dengan menggunakan aplikasi seluler. Sementara itu, untuk menjaga silaturahmi dengan keluarga, aplikasi untuk berkomunikasi seperti Whatsapp, Zoom, dan Goole Meet pun menemukan popularitasnya.

#Dirumahaja, aplikasi Edukasi, Produktivitas, dan Religi mengalami peningkatan trafik

Imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah ketika pandemi Covid-19 meluas pada dasarnya terbagi menjadi tiga. Pertama, imbauan untuk belajar dari rumah. Kedua, imbauan untuk bekerja dari rumah. Ketiga, imbauan untuk beribadah dari rumah.

Peningkatan trafik di beberapa kategori aplikasi sesuai imbauan pemerintah/DigiAds

Peningkatan trafik di beberapa kategori aplikasi sesuai imbauan pemerintah/DigiAds

Ketiga imbauan ini pada akhirnya mendorong peningkatan trafik data seluler hingga 10,90 persen pada periode 16 Maret – 23 April 2020. Hal ini juga diikuti dengan peningkatan trafik yang signifikan di ketiga kategori tersebut. Aplikasi edukasi mengalami peningkatan hingga 284,6 persen, aplikasi produktivitas mencapai 76,09 persen, dan aplikasi religi mengalami peningkatan hingga 52,1 persen.

Imbauan #DiRumahAja menciptakan Kebiasaan Baru

Di samping peningkatan trafik di ketiga kategori tersebut, beberapa kategori aplikasi lainnya pun juga mengalami peningkatan trafik yang signifikan. Beberapa di antaranya yaitu aplikasi di kategori e-commerce yang meningkat 50,4 persen, kelompok aplikasi games, musik dan video yang meningkat 39,1 persen, kelompok aplikasi kesehatan, asuransi, dan makanan yang meningkat 53,2 persen, sampai dengan aplikasi di kelompok kategori furnitur dan alat kecantikan yang meningkat 18,13 persen.

Sementara itu, aplikasi di kelompok kategori transportasi dan perjalanan mengalami penurunan yang signifikan mencapai 13,2 persen. Ini wajar bila mengingat kembali imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah.

Peningkatan trafik di beberapa kategori aplikasi selama imbauan untuk tetap di rumah saja/DigiAds

Peningkatan trafik di beberapa kategori aplikasi selama imbauan untuk tetap di rumah saja/DigiAds

Selain kebiasaan baru untuk mencari hiburan melalui games, musik, dan video, kebiasaan untuk berdekah secara daring juga ikut mengalami peningkatan. Wabah Covid-19 yang hadir berdekatan dengan momen Ramadan mendorong masyarakat Indonesia untuk bersedekah secara daring untuk penanganan wabah. Ini bisa dilihat dari trafik yang meningkat hingga mencapai 192 persen.

Peningkatan sedekah online dan aplikasi komunikasi populer/DigiAds

Peningkatan sedekah online dan aplikasi komunikasi populer/DigiAds

Sementara itu, kegiatan beramah tamah yang biasanya dilakukan dengan mengunjungi rumah kerabat atau teman digantikan dengan aktivitas virtual. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan trafik yang signifikan mencapai 4,3PB/hari ketika lebaran. Aplikasi di kategori komunikasi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Meet pun menjadi primadona untuk menjaga silaturahmi.

Imbauan #DiRumahAja berdampak pada mobilitas masyarakat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, imbauan #DiRumahAja memberikan dampak yang kurang baik terhadap kategori aplikasi transpotasi dan perjalanan. Hal ini juga dipertegas ketika kami mencoba melihat data pergerakan pelanggan Telkomsel. Hasilnya, ketika pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas dari rumah, terjadi penurunan mobilitas di tengah-tengah masyarakat.

#DiRumahAja berdampak pada penurunan mobilitas masyarakat di seluruh tanah air/DigiAds

#DiRumahAja berdampak pada penurunan mobilitas masyarakat di seluruh tanah air/DigiAds

Pun begitu, hal unik terjadi menjelang hari raya idul fitri. Iya, terjadi lonjakan pergerakan mudik sebelum pemerintah mengeluarkan imbauan untuk tidak melakukan aktivitas mudik pada 24 Maret 2020. Peningkatan mobilitas paling tinggi terjadi dari DKI Jakarta ke Jawa Tengah yang mencapai 112,3 persen.

Masih terjadi lonjakan pemudik menjelang lebaran/DigiAds

Masih terjadi lonjakan pemudik menjelang lebaran/DigiAds

Take Away

Covid-19 memang telah memberikan pukulan keras untuk berbagai sektor. Meski begitu, bukan tidak ada peluang yang bisa digali. Dari data yang kami bagikan, kita bisa melihat bahwa masyarakat Indonesia kini lebih terbiasa dengan gaya hidup digital.

Imbauan untuk #DiRumahAja yang diserukan pemerintah pada kenyataannya malah menciptakan kebiasaan baru dalam menggunakan aplikasi seluler yang bergantung pada konektivitas internet yang handal. Jika Covid-19 sudah selesai, bukan tak mungkin kebiasaan baru ini menetap dan terus berevolusi.

Kesempatan seperti ini tentu harus bisa dimanfaatkan dengan baik, terutama oleh para pemasar digital. Tentu dengan mempertimbangkan pesan yang relevan dan tidak meninggalkan rasa empati.

Untuk menyampaikan pesan yang relevan ke pasar potensial dengan tepat sasaran, Anda bisa menggunakan layanan Telkomsel DigiAds yang dapat menghubungkan merek dan perusahaan ke lebih dari 160 juta pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, merek dan perusahaan dapat meningkatkan jangkauannya dalam memberikan penawaran yang tepat kepada konsumen yang tepat.

Telkomsel DigiAds adalah bagian dari keluarga besar Telkomsel. Dengan media iklan yang luas, inventori terverifikasi, dan teknologi periklanan yang maju, kami ingin menjadi “digital marketing solutions provider” terbaik di Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi kami melalui email di digitalads@telkomsel.co.id dan kami akan dengan senang hati membantu. Anda juga dapat mengikuti kami di media sosial seperti Instagram dan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak tentang insight dan juga kegiatan terbaru kami.