influencer marketing
September 9, 2019

Kenali Potensi dan Efektivitas Influencer Marketing bagi Bisnis

By : Bizinsight

Di era digital ini, berbagai peluang baru terbuka bagi bisnis dan perusahaan untuk memasarkan produknya ke masyarakat. Roda tren pemasaran dalam beberapa tahun terakhir ini berputar dari pemasaran di media konvensional ke arah media sosial. Bisa dibilang, kita tengah mengalami masa kejayaan dari zaman influencer marketing.

Kata influencer mengacu kepada individu dengan pengikut (followers) dalam jumlah besar di media sosialnya. Banyaknya followers di media sosial dianggap sebagai nilai yang menjual untuk pemasaran sebuah produk. Ini lah alasan utama mengapa influencer saat ini kerap dipilih sebagai kanal pemasaran digital.

[Baca jugaEmpat Tren Digital Marketing 2019 yang Perlu Diperhatikan]

Perkembangan influencer marketing di pasar global juga seolah tak terbendung. Menurut Forbes, ini karena influencer marketing memberdayakan para Key Opinion Leader (KOL) di dunia digital yang pemikiran dan gaya hidupnya diikuti oleh para followers.

Tren influencer marketing di dalam negeri juga kian berkembang secara signifikan. Laporan berjudul “The State of Influencer Marketing 2018 in Indonesia” milik SociaBuzz menunjukkan bahwa para responen akan menggunakan jasa influencer dengan tujuan utama untuk meningkatkan awareness dari sebuah produk. Selain itu, edukasi produk kepada konsumen juga dianggap lebih efektif dengan promosi atau endorsement dari influencer.

Manfaat influencer marketing

Keuntungan pertama yang dirasakan secara langsung oleh brand adalah terbangunnya kepercayaan dari para consumer dengan cepat. Hal tersebut dapat terjadi karena influencer telah membangun hubungan yang “intim” dengan para followers-nya. Saat seorang influencer memberikan rekomendasi pada konten mereka, orang-orang yang menikmati konten tersebut cenderung menaruh kepercayaan dari kata-kata sang influencer.

Keuntungan kedua dari influencer marketing adalah brand awareness. Sebuah rekomendasi dalam konten influencer akan memberikan pengaruh besar bagi sebuah produk. Ini karena influencer ibarat jembatan yang memiliki akses langsung menuju para calon konsumer dalam jumlah besar. Dengan nilai yang tepat, dampak dari brand awareness sebuah produk juga bisa memuaskan.

Memilih influencer marketing untuk memasarkan produk juga mampu memperkaya variasi dari promosi brand atau produk. Dengan influencer sebagai medium pemasaran, para brand telah menjangkau pasar yang dapat diukur, yaitu sejumlah follower yang dimiliki sang influencer.

Bahkan, apabila sebuah brand mampu menggaet influencer yang relevan dengan produk mereka, maka satu konten endorsement yang dilakukan akan memberikan efek yang signifikan, karena semua follower memiliki ketertarikan yang sesuai dengan produk sebuah brand. Misalnya, brand kecantikan yang ingin memasarkan produk lipstik merona akan memilih beauty blogger yang memiliki banyak konten tentang lipstik.

[Baca jugaTiga Hal yang Perlu Diperhatikan dalam “Influencer Marketing”]

Keuntungan dalam memilih influencer marketing sebagai strategi pemasaran sebuah brand yang tidak kalah penting dari poin-poin di atas adalah terbangunnya simbiosis mutualisme antara brand dengan sang influencer. Dari sisi brand, endorsement dari influencer akan berdampak terhadap peningkatan penjualan, sedangkan influencer juga terbantu karena disediakan materi untuk konten-konten mereka. Belum lagi, apabila sebuah brand telah mempercayakan seorang influencer sebagai ambassador dari produk mereka.

Influencer marketing memiliki potensi yang besar untuk para brand yang tengah mencari acara untuk menarik perhatian konsumer, terutama di media sosial. Dengan strategi yang tepat dalam menyusun konten untuk influencer, maka tidak akan butuh waktu lama untuk meraup hasil memuaskan dari pemasaran digital bisnismu.