faktor penting programmatic advertising
Juli 25, 2019

Gunakan Programmatic Advertising, Cermatilah 3 Faktor Penting ini!

By : Bizinsight

Tren industri periklanan kini bisa dibilang telah condong ke arah digital. Platform konvensional seperti pampflet, brosur, bahkan iklan di televisi bahkan sudah dianggap usang dan tidak lagi efektif digunakan. Menggunakan dunia digital sebagai tempat menaruh iklan memang menawarkan berbagai kelebihan, mulai dari luasnya cakupan iklan, biaya yang lebih murah, kemudahan pengaksesan, hingga pengumpulan data yang dapat dijadikan referensi dalam menentukan pilihan bisnis yang krusial di masa depan.

Saat ini, bisnis dari skala kecil hingga besar, perusahaan startup yang baru dirintis atau bahkan perusahaan raksasa sedang berlomba mengadopsi teknologi yang mampu membuat mereka menguasai jagad dunia maya, salah satunya dengan memilih cara yang tepat dalam mempromosikan produk mereka di internet. Salah satu cara paling populer dan digandrungi oleh banyak perusahaan adalah programmatic advertising.

Programmatic advertising merupakan salah satu inovasi dalam dunia periklanan digital yang menghadirkan efesiensi tinggi untuk para pengiklan dalam mempublikasikan iklan mereka di dunia digital. Penggunaan programmatic advertising menghilangkan proses jual beli dan negosiasi saat satu perusahaan ingin memasangkan iklan di website mainstream atau premium sehingga memasang iklan digital menjadi sebuah hal yang sangat sederhana.

Baca juga: 4 Alasan Utama Mengapa Anda Memerlukan Programmatic Advertising

Dalam skala global, perkembangan programmatic advertising menunjukkan adopsi yang luar biasa besar. Riset dari Emarketer pada tahun 2018 menunjukkan nilai investasi yang besar dari negara-negara di Eropa untuk digital ads, diantaranya Prancis (1,04 milyar Euro) dan Jerman (1,9 milyar Euro). Industri periklanan Asia juga kian progresif dalam mengadopsi programmatic advertising.

Cara kerja dari programmatic advertising sangatlah sederhana; sistem akan mencari web dengan harga tempat iklan yang sesuai dengan budget yang diatur serta jumlah rata-rata impresi web yang dicari. Kemudian, proses jual beli dan pemasangan juga dilakukan langsung dengan menggunakan interface antar sistem. Sesudah itu, iklan akan terpampang dengan jelas dalam web.

Programmatic advertising dan segala manfaatnya menghadirkan kemudahan bagi banyak pihak, terutama bagi para pengiklan digital. Kendati demikian, ada tiga faktor yang perlu diperhatikan saat memilih menggunakan programmatic advertising ini. Berikut ini tiga faktor penting dalam menggunakan programmatic advertising!

1. Situs yang memasang iklan

Faktor penting programmatic advertising yang pertama adalah situs yang memasang iklan. Menggunakan programmatic advertising akan membuat iklan tersebar ke ribuan situs di internet. Situs-situs tersebut juga memiliki tingkatannya, mulai dari situs dengan impresi yang kecil, hingga situs-situs premium. Setiap jenis situs memiliki nilai yang berbeda-beda pula. Biasanya, nilai dari situs-situs ini ditentukan dari rata-rata harian dari jumlah pengunjung situs. Para pengiklan digital perlu menghitung agar iklan tersebut ditampilkan di situs dengan tingkat dan budget harga yang sesuai dengan ekspektasi mereka.

2. Jam tayang iklan

Selain tempat pemasangan, jam tayang iklan juga merupakan salah satu faktor penting programmatic advertising yang wajib diperhatikan. Setiap situs juga memiliki jam-jam tertentu dimana pengunjung sering mengaksesnya. Jadi, penting bagi para pengiklan untuk memastikan bahwa iklan mereka tampil saat situs sedang ramai dikunjungi. Dengan demikian, iklan juga menjadi lebih efektif.

Baca juga: Memulai Campaign dengan Programmatic Advertising

3. Persaingan pemasangan iklan di website

Faktor penting programmatic advertising yang ketiga ini tidak kalah pentingnya dari dua faktor di atas, yaitu masalah persaingan pemasangan iklan di web. Posisi dan ukuran dari iklan yang tampil di halaman web juga turut mempengaruhi efisiensi iklan tersebut. Selain itu, iklan yang terpasang juga bisa saja dipasang bersebelahan dengan iklan dari kompetitor. Untuk mengatur hal ini, diperlukan dukungan teknologi yang mumpuni untuk sistem programmatic advertising yang digunakan.

Tentunya, setiap perusahaan ingin agar iklan yang terpampang memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Tiga faktor penting programmatic advertising di atas merupakan parameter bagi para pengiklan digital dalam menentukan keputusan pemasangan iklan. Bagaimana, sudahkah Anda mempertimbangkan ketiga faktor penting programmatic advertising di atas sebelum memasang iklan?