Glosarium Programmatic Advertising/Shutterstock
Juni 28, 2019

Glosarium Programmatic Advertising

By : digiads

Programmatic advertising terkadang menjadi sangat membingungkan karena kerumitannya. Coba saja bertanya pada sekelompok eksekutif periklanan di sebuah ruangan. Semua orang pasti akan memiliki definisi yang berbeda tentang apa itu programmatic. Ini akan menjadi lebih buruk jika Anda adalah anak baru di industri ini karena Anda perlu mempelajari banyak istilah.

Jika Anda masih bingung, Anda dapat menelusuri glosarium programmatic advertising kami di sini:

Ad Inventory

Dalam industri media, periklanan, dan pemasaran, inventaris iklan (ad inventory) adalah ruang yang tersedia bagi pengiklan di koran, majalah, dan platform digital. Ruang media biasanya dipecah menjadi empat kategori yang dapat dibeli melalui berbagai saluran penjualan, yaitu Premium guaranteed, Audience targeted, Remnant, dan Sponsorships.

Ad Server

Server iklan adalah bagian dari teknologi periklanan yang digunakan oleh para pemain iklan digital untuk mengelola dan menjalankan kampanye iklan online. Server iklan bertanggung jawab untuk membuat keputusan seketika tentang iklan apa yang akan ditampilkan di situs web. Selain itu, server iklan mengumpulkan dan melaporkan data (seperti tayangan, klik, dll.) bagi pengiklan untuk mendapatkan wawasan dari dan memantau kinerja iklan mereka.

Agency Trade Desk (ATD)

Agency trading desk adalah bagian dari teknologi atau serangkaian layanan yang disediakan oleh agensi media. Meski dipermukaan fungsi ATD mirip dengan yang ditawarkan oleh demandside platform (DSP), sebenarnya masih ada perbedaan kunci di sentuhan manusia.

ATD mempekerjakan pengembang perangkat lunak, manajer akun, dan analis data yang bekerja untuk klien periklanan agensi dan dapat menggunakan satu atau lebih DSP. Sementara DSP adalah bagian dari teknologi periklanan (AdTech) yang digunakan oleh pengiklan dan agensi untuk membeli media dari penerbit melalui supplyside platform (SSP) dan adexchange.

Application Programming Interface (API)

Digunakan dalam pemrograman komputer, mengatur aliran kode yang digunakan untuk membangun perangkat lunak aplikasi atau mentransfer informasi dari satu platform ke platform lainnya. Melalui API, perangkat lunak iklan digital dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya untuk mentransfer informasi atau membangun perangkat lunak.

Automated Guaranteed (AG)

Ini adalah jenis private marketplace (PMP) yang paling tidak umum dan yang paling mirip dengan pembelian media digital tradisional. Pengiklan setuju untuk membayar tarif tetap dan harus mengambil semua tayangan bahwa mereka melewati id kesepakatan.

Attribution Measurement

Metode menganalisis data di berbagai titik kontak kampanye dan kemudian menetapkan nilai untuk setiap titik kontak yang berkontribusi pada hasil tertentu.

Audience Extension

Ditawarkan oleh ad network, platform sisi server, dan platform sisi permintaan. Audience extension memungkinkan penerbit untuk mengikuti pengunjung situs ke situs web lain. Ini memberi penerbit kemampuan untuk menawarkan pembelian media kepada pengiklan yang mencakup menjangkau pemirsa publikasi di luar situs web mereka.

Bid Response

Bid response terjadi di lingkungan realtimebidding. Platform DSP akan memberikan respon atau tanggapan terhadap sinyal permintaan yang dikirimkan oleh SSP yang berisi harga dan kemungkinan spesifikasi kreatif lainnya.

Bid Request

Bid request terjadi di lingkungan real-time-bidding. Platform SSP akan mengirimkan sinyal ke DSP yang mengindikasikan bahwa mereka punya impression untuk dijual, bersamaan dengan detail tentang kebutuhan impression tersebut.

Behavioural Targeting

Istilah untuk sebuah percobaan dalam mengirimkan iklan yang lebih relevan berdasarkan riwayat penggunaan aplikasi atau browsing pengguna. Biasanya, hal ini dilakukan dengan menganalisis dan mengelompokkan pengunjung ke dalam segmentasi pemirsa.

Click-Through Rate (CTR)

Ini adalah istilah untuk mendefinisikan persentase dari pengguna yang menerima dan melihat iklan, lalu ia klik iklan tersebut.

Completion Rate

Ini adalah istilah untuk mendefinisikan persentase dari video dan impresi iklan yang dimainkan hingga selesai. Artinya, pengguna yang melihat video atau iklan tidak melewati atau mengabaikan.

Contextual Advertising

Sebuah sistem otomatis yang mengidentifikasi konten halaman situs seperti kata kunci dan kemudian mengirimkan iklan tertarget dalam bentuk gambar atau teks. Kami juga memiliki layanan ini di Telkomsel DigiAds yang disebut Telkomsel Contextual Advertising. Melalui Telkomsel Contextual Advertising, kesempatan Anda untuk memenangkan hati konsumen bisa menjadi lebih besar karena iklan yang dikirimkan akan lebih relevan dan tepat sasaran.

Cost-per-Action (CPA)

Rata-rata biaya (cost) yang dibutuhkan untuk  konversi dari pengguna selama kampanye iklan berjalan.

Cost-per-Click (CPC)

Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk setiap pengguna yang melakukan klik terhadap iklan.

Cost-per-Thousand

Harga atau biaya untuk (biasanya) setiap 1000 impresi iklan ketika ditayangkan di laman situs.

Data Management Platform (DMP)

Teknologi tersentralisasi yang memiliki sistem untuk mengelola data dan informasi. Platform ini biasanya digunakan oleh pembeli dan penjual untuk membantu mereka dalam mengelola data dan riwayat aktivitas pengguna untuk kemudian digunakan dalam mengoptimalisasi pembelian media.

Demand Side Platform (DSP)

Teknologi yang memungkinkan merek dan agensi sebagai pembeli untuk mengidentifikasi ketersediaan inventaris iklan digital dan membelinya lewat automation. DSP memungkinkan pembeli untuk bertransaksi di dalam bursa terbuka atau pasar tertutup dan secara umum terintegrasi dengan penyedia data pihak ketiga dan verification partner untuk kebutuhan penargetan dan laporan.

Private Marketplace (PMP)

Grup iklan terkurasi oleh penerbit atau SSP berdasarkan demografi target, kategori konten, performa, dan lain-lain. Sebuah Deal ID kemudian dipasangkan untuk masing grup iklan ini yang memungkinkannya bisa diidentifikasi dan dibeli secara terprogram melalui DSP. PMP berbeda dan lebih terkontrol dibandingkan dengan open auction.

Real-Time Bidding (RTB)

Sebuah lelang yang terjadi antara DSP dan SSP secara real-time. Ini adalah tempat para traders menawar sebuah tawaran tayangan via SSP yang melalui DSP pilihan mereka. Trader yang bersedia membayar dengan harga tertinggi akan memenangkan lelang dan iklan merek mereka pun ditayangkan.

Supply-Side Platform (SSP)

Teknologi yang memungkinkan penerbit dan pemilik inventaris iklan untuk menjual inventaris atau ruang iklan digital mereka secara terprogram. SSP memungkinkan penjual untuk menentukan harga bawah di bursa terbuka dan/atau mengemas inventaris menjadi bundel yang eksklusif untuk dijual secara PMP.

Glosarium programmatic advertising di atas hanyalah sebagian kecil saja yang sering digunakan atau disebut dalam programmatic advertising. Namun, bukan kah lebih baik mengetahui beberapa di antaranya agar membantu Anda memahami dan terjun lebih jauh lagi dalam ekosistem periklanan digital yang dinamis ini.