Komunikasi merek di Indonesia selama Pandemi/TelkomselDigiAds
Editorial Juli 22, 2020

Komunikasi Merek di Indonesia Dalam Merespon Pandemi

By : Bizinsight

Pandemi telah mengejutkan dan mengubah realitas banyak pihak dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pandemi juga menantang model operasi yang sudah berjalan dan direncanakan dengan baik oleh para pemain industri, termasuk dalam hal pemasaran. Bagaimana komunikasi merek dalam merespon pandemi dan setelah pandemi pun menjadi pertanyaan. Apalagi bila mengingat situasi di Indonesia ketika pandemi terjadi tepat sebelum momen terbaik untuk pemasaran, Ramadan dan Idul Fitri.

Menurut PwC, untuk perusahaan, di bulan-bulan awal ketika pandemi meluas akan menjadi waktu kerja yang intens dengan dan pada merek. Ini karena perusahaan harus dapat memverifikasi arti dan kredibilitas misinya yang juga harus mendefinisikan tujuan non-komersial dari keberadaannya.

Di samping itu, memverifikasi tingkat empati pun menjadi sebuah keharusan. Karena perusahaan perlu memiliki kemampuan mendengar suara konsumen dan memahami harapan mereka. Fleksibilitas dalam masa pandemi juga tak kalah penting agar dapat mengkomunikasi kesiapan dan kemampuan perusahaan untuk memperkenalkan perubahan.

Di waktu seperti sekarang, sebagian besar merek meninggalkan persaingan dan bergabung dalam perjuangan bersama melawan ancaman terhadap kesehatan kita. Banyak inisiatif yang bermanfaat lahir dari sini. 

Ini adalah saat yang tepat untuk narasi dan nilai-nilai yang diutarakan disampaikan dalam bentuk cerita. Ini adalah menjadi momen untuk membangun dukungan dan komunitas dengan memberikan bantuan nyata, dan memperkuat nilai-nilai merek melalui storytelling

Maka dari itu, melalui artikel ini kami mencoba merangkum beberapa merek yang berhasil melakukan komunikasi merek dan memperkuat posisi di tengah pandemi lewat cerita.

Telkomsel

Telkomsel memulai pesan di tengah pandemi lewat kampanye #DiRumahTerusMaju. Lewat kampanye ini, Telkomsel menekankan komitmen untuk menjaga kehandalan jaringan dan mendukung semua harapan pelanggan dari rumahnya.

Menjelang Ramadan, kampenye Terus Jalankan Kebaikan hadir dan merupakan bagian dari kampanye #DiRumahTerusMaju. Lewat kampanye ini Telkomsel menekankan pesan bahwa menjaga jarak bukan menjadi halangan menjalani Ramadan karena ada 1001 cara untuk terus menjalankan kebaikan termasuk melalui layanan yang disediakan Telkomsel.

Sebagai bagian dari keluarga Telkomsel, Telkomsel DigiAds pun turut mendukung kampanye #DiRumahTerusMaju. Telkomsel DigiAds berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang sama meski harus menjalani prosedur bekerja dari rumah. 

Grab Indonesia

Grab mungkin bukan perusahaan karya anak bangsa, tetapi kampanye #SiapAntarRamadanmu berhasil merebut hati penggunanya yang berada di Indonesia. Kampanye ini disampaikan dengan baik melalui iklan video yang berjudul Ramadan Ala Yang di Rumah Aja.

Iklan ini tergolong unik karena Grab mengklaim bahwa proses pembuatannya 100% tanpa kontak fisik antar pemain yang ada dalam iklan. Dipadukan dengan musik dan stop motion animation yang menarik, pesan Grab pun tersampaikan dengan baik.

Melalui iklan ini, Grab ingin menekankan komitmennya dalam melayani pelanggan lewat layanan yang tersedia selama Ramadan seperti pengantaran makanan dan paket. Tentu dengan tetap mengikuti prosedur menjaga jarak yang dianjurkan pemerintah.

P&G Indonesia

Terakhir ada P&G Indonesia dengan kampanye #MaafIbuDiHidupku. Kampanye ini juga berhasil menarik perhatian pelanggan di Indonesia. Hal yang menarik adalah pengambilan gambar iklan diambil pada bulan Februari 2020, tetapi P&G Indonesia berhasil memposisikannya sebagai bagian kampanye #DiRumahAja.

Lewat iklan ini, P&G Indonesia ingin menyampaikan pesan bahwa Ramadan 2020 ini spesia karenal jarak dan anjuran #DiRumahAja justru bisa mendekatkan hati. P&G mengajak konsumen mereka untuk mengingat kembali betapa doa dan maaf ibu membantu menjalani ujian hidup. Pada akhirnya, iklan ini berhasil memperkuat posisi produk P&G di kategori ibu dan anak.

Take Away

Ketiga iklan di atas adalah iklan yang berhasil masuk YouTube Ads Leaderboard: Ramadan 2020 untuk kawasan APAC. Ketiganya pun hanya tip of the iceberg dari strategi komunikasi merek yang bisa dilakukan selama pandemi. 

Masih ada banyak cerita tentang bagaimana merek-merek besar melakukan komunikasi merek selama pandemi. Ada yang memberikan potongan harga layanan sampai membebaskan biaya layanan dalam kurun waktu tertentu, mengutamakan keselamatan karyawan, sampai terus menyuarakan pesan yang positif di berbagai saluran.

Pada akhirnya, komunikasi merek selama pandemi ini adalah tentang fleksibilitas merek. Bagaimana mereka dapat menyampaikan empati lewat pesan bernada positif, mendengarkan dan memahami harapan konsumen, dan menunjukkan komitmen untuk dapat memberikan pelayan yang sama seperti sebelum pandemi.

Pesan yang dibuat pun dapat disampaikan melalui berbagai saluran yang tersedia seperti media sosial, televisi, banner di internet, sampai saluran klasik seperti SMS. Sebagai layanan yang fokus pada pemasaran dan periklanan digital, Telkomsel DigiAds dapat memberikan saluran alternatif. Mulai dari layanan perpesanan seperti SMS sampai penempatan banner di layanan Telkomsel lainnya.

Telkomsel DigiAds sendiri akan terus berupaya untuk dapat tumbuh menjadi “digital marketing solutions provider” yang mampu menyediakan layanan periklanan digital yang lengkap, terintegrasi, dan inovatif juga dapat memaksimalkan jangkauan, efisiensi, dan fleksibilitas. Tidak hanya dengan memanfaatkan jaringan Telkomsel yang luas tetapi juga didukung oleh platform Manajemen Data Pelanggan (DMP) yang komprehensif.

Telkomsel DigiAds adalah bagian dari Telkomsel. Hubungi kami melalui email di digitalads@telkomsel.co.id bila Anda tertarik untuk menjadi rekanan. Ikuti kami di media sosial seperti Instagram dan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak tentang insight dan juga kegiatan terbaru kami.