Memahami Perbedaan Produk-Produk MyAds Telkomsel/Pixabay by Pexels
Mei 20, 2019

Memahami Perbedaan Produk-Produk MyAds Telkomsel

By : Bizinsight

MyAds adalah layanan beriklan mandiri dari Telkomsel yang dapat memfasilitasi penggunanya dalam membuat dan mengirimkan iklan ke pelanggan Telkomsel dalam bentuk SMS, MMS, dan Pop-Up (USSD). Pesan iklan tersebut nantinya dapat dikirimkan kepada pelanggan Telkomsel melalui tiga metode pengiriman, yaitu secara massal (blast/broadcast), targeted, dan location based (LBA).

Nah, ketiga metode pengiriman tersebut berbeda antara satu dengan yang lainnya dan memiliki keunggulannya sendiri. Melalui artikel ini, kami ingin mengajak Anda untuk memahami perbedaan produk-produk MyAds lebih jauh lagi.

Bulk/Broadcast

Produk MyAds Broadcast/MyAds Telkomsel

Produk MyAds Broadcast/MyAds Telkomsel

Bulk atau Broadcast merupakan satu dari tiga produk MyAds yang dapat digunakan untuk mengirim iklan secara massal dalam waktu yang bersamaan. Dengan Broadcast, Anda dapat mengirimkan pesan iklan secara massal kepada para pelanggan Anda dalam bentuk teks atau gambar. Hal yang paling membedakan Broadcast adalah, Anda harus memiliki nomor-nomor kontak yang akan menjadi penerima iklan Anda.

Contohnya, Anda memiliki dan menjalankan bisnis kafe dengan produk kopi lokal sebagai andalan. Untuk menjaga loyalitas pelanggan, Anda menjalankan sistem keanggotaan dengan memberikan manfaat lebih kepada para anggota terdaftar. Seperti diskon beli satu gratis satu gelas, dsb.

Nah, setiap anggota terdaftar ini juga dengan sukarela memberikan nomor telepon mereka kepada Anda ketika mendaftar. Nomor-nomor telepon ini lah yang nantinya dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan iklan melalui MyAds, khususnya nomor Telkomsel.

Kumpulkan nomor-nomor tersebut dan simpan sesuai dengan format yang ditentukan untuk diunggah (upload) di Myads. Lalu rangkai kata-kata pesan iklan Anda dan kirim kepada pelanggan-pelanggan setia Anda untuk menjaga loyalitas mereka. Bila masih bingung caranya bagaimana, silahkan lihat dan kunjungi laman tutorial Buat Iklan Broadcast di website MyAds.

Targeted

Produk MyAds Targeted/Pixabay by Nastya_gepp

Produk MyAds Targeted/Pixabay by Nastya_gepp

Targeted merupakan satu dari tiga produk MyAds yang dapat digunakan untuk mengirimkan iklan secara massal dengan target yang spesifik. Dengan Targeted, Anda dapat mengirimkan pesan iklan secara massal ke pelanggan Telkomsel yang memiliki profil sesuai dengan target pasar Anda.

Keunggulan Targeted yang membuatnya berbeda dengan kedua layanan lainnya adalah fleksibilitas untuk menentukan profil penerima iklan. Lewat Targeted, Anda dapat memilih penerima pesan iklan Anda berdasarkan Umur, Jenis Kelamin, Tipe Kartu Telkomsel yang dipakai, Jenis Sistem Operasi Perangkat (Android, iOS, Windows,dll), Paket Data (kemampuan terhubung ke internet), Lokasi Tempat Tinggal, hingga ketertarikan yang dikelompokkan dalam life segment.

Di Targeted, Anda tidak perlu memiliki nomor-nomor kontak yang akan menerima iklan Anda. Sistem MyAds lah yang akan memilih penerima iklan Anda sesuai dengan profil yang sudah Anda tentukan. Targeted sangat cocok digunakan untuk menjangkau/merangkul para pelanggan baru yang memiliki profil sesuai dengan target pasar Anda.

Contohnya, dengan kasus kedai kopi di atas. Anda bisa mengirimkan pesan iklan ke para pelanggan Telkomsel berusia 25-60 tahun yang memiliki ketertarikan Food & Drink yang tinggal di lokasi yang sama dengan kedai kopi Anda berada. Untuk lebih jelas bagaimana membuat iklan Targeted, Anda bisa mengunjungi laman tutorial Buat Iklan Targeted di website MyAds.

Location Based Advertising

Produk MyAds LBA/MyAds Telkomsel

Produk MyAds LBA/MyAds Telkomsel

Location Based Advertising atau LBA adalah produk MyAds yang memfasilitasi Anda mengirimkan pesan iklan secara massal ke pelanggan Telkomsel di sekitar lokasi tertentu secara real-time. Dengan LBA, Anda dapat mengirimkan pesan iklan di sebuah lokasi yang spesifik tanpa harus berada di lokasi tersebut.

Keunggulan yang membuat LBA berbeda dengan Broadcast dan Targeted adalah fleksibilitas dalam memilih lokasi pengiriman iklan. Lewat LBA, Anda bisa memilih lokasi pengiriman iklan berdasarkan gedung atau sebuah landmark. Sementara di Targeted, lokasi pengiriman iklan hanya berdasarkan daerah tempat tinggal, mulai dari lingkup Kota hingga Kelurahan.

Di LBA, Anda juga tidak perlu memiliki nomor-nomor kontak yang akan menerima iklan Anda. Sistem MyAds lah yang akan memilih penerima iklan Anda sesuai dengan titik lokasi pengiriman iklan yang sudah Anda tentukan. LBA sangat cocok digunakan untuk menjangkau/merangkul para pelanggan baru di sekitar lokasi dengan potensi terbaik.

Contohnya dengan kasus kedai kopi di atas. Katakanlah Anda baru membuka kedai baru di kota Bogor yang berlokasi di jalan Pandu Raya. Untuk mempromosikan kedai baru tersebut, Anda dapat menggunakan LBA MyAds dengan membuat iklan di tiga titik. Misalnya, titik pertama di sebuah pusat perbelanjaan, titik kedua di perkantoran terdekat, dan titik ketiga di sekitar kedai. Untuk lebih jelas bagaimana membuat iklan LBA, Anda bisa mengunjungi laman tutorial Buat Iklan LBA di website MyAds.

Agar dapat merasakan dan menikmati sendiri keunggulan layanan-layanan MyAds tersebut secara maksimal, Anda perlu melakukan pengisian saldo MyAds terlebih dahulu. Segera isi saldo Telkomsel MyAds Anda sekarang dan menangkan hati mereka di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Telkomsel MyAds adalah layanan yang memfasilitasi pengguna dalam pembuatan dan pemasangan iklan yang ditujukan khusus untuk para pengguna Telkomsel dalam mendukung aktivitas pemasaran. Iklan yang dibuat dapat dikirimkan secara massal (blast/broadcast), spesifik (targeted), atau berdasarkan lokasi tertentu (Location Based Advertising). Sedangkan media yang dapat digunakan untuk pengiriman iklan ada tiga, yaitu SMS, MMS, dan pesan pop-up (USSD).