official website
November 20, 2019

Official Website, Kunci Penting untuk Tingkatkan Profitabilitas Bisnis

By : Bizinsight

Persaingan sengit untuk merajai pasar digital merupakan medan perang yang harus mampu dimenangkan oleh setiap bisnis. Pasalnya, ada potensi yang luar biasa besarnya di dalam dunia maya yang dapat digunakan oleh bisnis. Tidak hanya terbatas pada lonjakan profitabilitas saja, dunia digital juga menawarkan kemungkinan untuk melebarkan sayap dan menjangkau daerah-daerah tanpa dibatasi jarak melalui penjualan online, serta merangkul pelanggan setia sebanyak-banyaknya.

Pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah: Benarkah pasar digital memiliki magnet yang besar untuk meningkatkan penjualan? Saat ini, pergeseran kiblat dari penjualan offline ke penjualan online terjadi dengan begitu cepat. Sebuah survei dari KPMG International menunjukkan bahwa ada tiga alasan yang membuat orang lebih senang membeli barang secara online, yaitu dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun, perbandingan harga secara ringkas, dan harga yang lebih murah.

official website

Global Online Consumer Report. Source: smartinsights.com

Langkah bagi sebuah bisnis untuk masuk ke pasar digital dapat dilakukan dengan begitu mudahnya. Pasalnya, saat ini, ada banyak marketplace yang telah memiliki nama di dunia digital. Sebuah bisnis dapat memanfaatkan marketplace tersebut untuk mulai memasarkan produk jualannya. Cara mendaftarkan bisnis pada marketplace tidak rumit dan keuntungan yang ditawarkan juga tidak main-main.

[BACA JUGA: Conversion Rate Hadirkan Visibilitas Keberhasilan Digital Marketing]

Memanfaatkan beberapa marketplace merupakan langkah awal yang bagus untuk memulai perjalanan digital sebuah bisnis. Namun, para pemimpin bisnis tidak boleh berhenti di marketplace saja. Seiring dengan pertumbuhannya, bisnis harus mempersiapkan langkah berikutnya untuk menguasai pasar. Memiliki official website merupakan salah satu langkah tersebut.

Keberadaan official website merupakan hal yang vital bagi bisnis untuk memasarkan produk mereka di dunia digital. Mengapa memiliki official website menjadi begitu penting? Bukankah penjualan melalui marketplace sudah lebih dari cukup untuk memberikan keuntungan? Berikut ini ada 4 faktor yang membuat official website harus dimiliki oleh setiap bisnis.

1. Branding yang Lebih Baik

Saat kita membeli barang, kita tentu ingin merasa bahwa barang tersebut memiliki nilai eksklusivitas yang tinggi sehingga memberikan kesan tersendiri saat memakainya. Faktor eksklusivitas inilah yang tidak ditawarkan oleh marketplace karena para pelanggan biasanya lebih ingat nama marketplace tempat mereka membeli barang ketimbang merk dagang dari produk kita. Dengan memiliki official website, citra dari produk jualan Anda akan meningkat.

2. Menghindari Persaingan Harga yang Tidak Sehat

Keuntungan selanjutnya dari official website adalah Anda dapat terhindar dari perang harga yang biasa terjadi di marketplace akibat terlalu banyaknya vendor yang berjualan di sana dengan barang yang sama atau mirip. Membuka official website sama saja menggelar lapak khusus untuk berjualan tanpa perlu bersenggolan dengan pedagang lainnya.

3. Bebas Menentukan Tampilan Official Website

Kita tidak bisa mengubah tampilan atau display produk saat berjualan di marketplace. Hal itu dapat menjadi sumber masalah karena sulit menarik hati pelanggan. Dengan memiliki official website khusus untuk bisnis, kita dapat memilih sendiri konten dan fitur yang ada pada website tersebut, termasuk sistem antarmuka (interface) yang akan dinikmati oleh pelanggan.

[BACA JUGA: Tiga Tips Mengoptimalkan Conversion Rate]

4. Kemudahan Menentukan Strategi Penjualan

Manfaat yang tidak kalah pentingnya dari memiliki official website sendiri adalah keleluasaan menerapkan strategi penjualan untuk produk kita, termasuk memberikan diskon, promo menarik, atau flash sale. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan pada marketplace.

Itulah manfaat-manfaat dari official website bagi bisnis. Penting bagi setiap pemilik bisnis yang telah memulai langkah digitalnya untuk mempersiapkan website sendiri agar mampu membawa bisnis mereka naik ke level berikutnya dalam persaingan digital. Apakah bisnis Anda sudah memiliki official website?