September 24, 2020

Pemasaran Selama Masa Pandemi

By : digiads

Ketika pandemi COVID-19  berlangsung, terdapat pergeseran perilaku di pasar. Orang-orang cenderung melakukan aktivitas secara daring, seperti bekerja dari jarak jauh dan melakukan aktivitas dari rumah. Pandemi COVID-19 yang berlangsung dari awal tahun 2020, membawa dampak signifikan ke segala sektor di Indonesia, terutama perekonomian. Besar kemungkinan banyak jenis usaha sedang mengalami penurunan penjualan dan pendapatan belakangan ini akibat pandemi COVID-19. 

 

Selain itu, beberapa sektor bisnis terpaksa harus tutup sementara akibat dari pandemi COVID-19. Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) juga memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia (YoY%) akan turun dari 5,10% di 2019 ke 4,40% di 2020 atau turun 0,70% akibat pandemi COVID-19.

 

Namun demikian, Indonesia masih optimis dengan adanya dukungan pemerintah Indonesia dengan memberi suntikan dana untuk berbagai macam sektor usaha, terutama UMKM di kala pandemi COVID-19 berlangsung. Langkah ini menjadi momentum untuk meningkatkan daya beli dan perputaran uang di masyarakat tetap stabil. Selain itu, optimisme ini didukung dengan berbagai terobosan untuk memanfaatkan peluang dari pemasaran yang tepat sasaran melalui platform digital dan konvensional. 

 

Selanjutnya, cara perusahaan dan pengusaha memasarkan produk secara digital selama pandemi mempunyai dampak yang efektif dengan perlakuan dan strategi yang tepat tentunya. Setidaknya Anda dapat menerapkan 5 strategi yang harus dilakukan selama pandemi ini berlangsung, yaitu sebagai berikut:

 

Yakinkan Pelanggan tentang Bagaimana Perusahaan Menanggapi Pandemi

Sebagai langkah awal menghadapi gejolak pasar yang cenderung tidak stabil, dalam memasarkan suatu produk Anda bisa mengambil langkah strategis dengan meyakinkan pelanggan atau konsumen tentang bagaimana perusahaan Anda menanggapi atau menghadapi pandemi COVID-19. Anda harus tetap relevan dengan kebutuhan konsumen saat ini. Artinya, Anda meyakinkan mereka tentang bagaimana perusahaan/merek Anda menanggapi situasi ini.

 

Dari pernyataan tersebut, Anda harus konsisten untuk memasarkan produk secara relevan dengan kebutuhan target konsumen. Relevan di sini adalah Anda harus beradaptasi dengan perilaku pasar dan harga untuk memenuhi kebutuhan target konsumen. Hal tersebut juga harus dikaitkan dengan cara pemasaran diterapkan dengan tone yang menenangkan dan meyakinkan dengan pesan positif. Melalui cara penyampaian ini, Anda secara tidak langsung ikut berperan serta mengedukasi konsumen tentang bagaimana cara menghadapi situasi sulit selama pandemi.

 

Beralih ke Daring (Online)

Peluang pasar di era digital begitu besar. Tak bisa dipungkiri, seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, masyarakat dituntut untuk mencari jalan terbaik untuk menjalani bisnis. Di Indonesia, banyak perusahaan melakukan langkah transformasi tersebut. Selain itu, perilaku masyarakat yang banyak menggunakan internet juga menjadi pertimbangan untuk memasarkan produk secara digital. Kini di kala pandemi, peluang memasarkan produk secara daring dapat memberikan keuntungan sendiri bagi Anda.

Berdasarkan data dari We Are Social, pada tahun 2020 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 175,4 juta jiwa. Dibandingkan dengan dengan tahun lalu, angka ini naik 17% atau 25 juta pengguna internet di Indonesia. Berdasarkan jumlah populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa, setidaknya ada 64% penduduk Indonesia yang termasuk pengguna internet. Dengan demikian, memasarkan produk secara daring atau melalui platform digital marketing dirasa lebih efektif dibanding secara konvensional.

 

Ketika memasarkan produk secara online, setidaknya Anda perlu memberi perhatian pada tiga kunci utama, yaitu yang pertama adalah cerita, situs web, dan data Anda. Kedua, tinjau kembali konten pemasaran dan strategi kata kunci Anda saat ini. Ketiga, manfaatkan penelitian kata kunci untuk topik yang memberikan wawasan tentang informasi spesifik yang konsumen cari. 

 

Tanamkan Empati dalam Berkomunikasi

 

Komunikasi pemasaran yang baik adalah salah satu hal paling penting yang harus Anda lakukan untuk memasarkan produk. Dengan memiliki komunikasi pemasaran yang baik, Anda berpeluang mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar dan tentunya sesuai dengan kebutuhan dan harapan yang dimiliki. Oleh karena itu, cara komunikasi pemasaran yang baik sudah sewajarnya diketahui oleh hampir semua orang yang ingin melakukan usaha, baik kecil maupun besar.

 

Salah satu kunci komponen dalam komunikasi pemasaran yang baik adalah menanamkan empati kepada konsumen. Empati dapat memudahkan kita dalam merumuskan pesan-pesan yang sesuai dengan karakteristik konsumen. Sehingga, calon konsumen bisa dengan mudah menerima produk yang Anda buat dan bisa dengan mudah memahami manfaatnya untuk dirinya. Selain itu, empati dapat mempermudah Anda untuk bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan komunikasi dan kapan waktu yang tidak tepat sehingga konsumen bisa menjadi lebih nyaman dengan Anda.

 

Hindari Hard Sell

Pandemi COVID-19 tentu memberikan dampak kecemasan di masyarakat yang mana juga berpengaruh pada pergeseran perilaku di pasar. Hal ini juga mempengaruhi bagaimana cara yang baik untuk memasarkan suatu produk. Setelah Anda mengetahui tentang pentingnya menanamkan empati saat memasarkan produk, Anda bisa mengetahui bahwa konsumen lebih menyukai tone berjualan secara suportif dan mengandung semangat kepedulian dan empati dibanding tone hard selling. Maka dari itu, Anda harus menghindari cara berjualan dengan tone hard selling yang dapat memberikan kesan bahwa merek Anda mengambil keuntungan dari kondisi sulit yang terjadi.

 

Bantu Pelanggan Anda Menavigasi Situasi

Di kala pandemi COVID-19, banyak konsumen yang bimbang dalam menentukan arah dalam menghadapi situasi sulit ini. Namun demikian, Anda dapat menavigasi konsumen dalam menghadapi situasi ini melalui layanan prima yang Anda tawarkan. Selain itu, melalui riset yang tepat terhadap pasar, Anda dapat mengetahui cara untuk menanggulangi situasi ini dan cara memberikan apa yang konsumen butuhkan melalui layanan. Dengan cara ini Anda dapat membantu konsumen dalam memahami langkah-langkah tepat yang harus diambil dalam menentukan arah atas kebutuhan yang mereka butuhkan.

 

Situasi seperti ini tentu harus bisa dimanfaatkan dengan baik, terutama oleh para pemasar digital. Untuk menerapkan langkah strategis tersebut ke pasar potensial dengan tepat sasaran, Anda bisa menggunakan layanan Telkomsel DigiAds yang dapat menghubungkan merek dan perusahaan ke lebih dari 160 juta pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, merek dan perusahaan dapat meningkatkan jangkauannya dalam memberikan penawaran yang tepat kepada konsumen yang tepat.

Telkomsel DigiAds adalah bagian dari keluarga besar Telkomsel. Dengan media iklan yang luas, inventori terverifikasi, dan teknologi periklanan yang maju, kami ingin menjadi “digital marketing solutions provider” terbaik di Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi kami melalui email di digitalads@telkomsel.co.id dan kami akan dengan senang hati membantu. Anda juga dapat mengikuti kami di media sosial seperti Instagram dan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak tentang insight dan juga kegiatan terbaru kami.