programmatic ads
Juli 9, 2019

Programmatic Ads sebagai Masa Depan Periklanan Digital dan Mengapa Anda Perlu Mengenalnya

By : Bizinsight

Internet telah menjelma menjadi ladang subur bagi para pebisnis dalam mengembangkan usahanya, baik dalam skala kecil menengah maupun perusahaan-perusahaan raksasa. Hal tersebut dapat terjadi mengingat akses internet kini bisa dinikmati banyak orang, termasuk di Indonesia. Riset Hootsuite dan We Are Social menyebutkan, sebanyak 150 juta orang mengakses internet per Januari 2019 dan angka tersebut diprediksi akan terus bertambah.

Hari ini internet tidak hanya menjadi tempat berjualan produk sebagaimana bisnis e-commerce yang kian populer, tetapi juga menjadi tempat (jasa) memasang iklan. Industri periklanan digital memang tengah menjadi primadona bagi banyak bisnis saat ini. Alasannya sederhana, karena iklan digital dianggap lebih  menguntungkan ketimbang memasang iklan di media konvensional seperti TV, majalah, dan radio.

Dalam perkembangan periklanan digital, programmatic advertising (ads) menjadi salah satu metode beriklan yang sangat diminati. Indonesia sendiri diprediksi menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pasar programmatic ads tercepat di dunia untuk tahun 2019 ini. Diperkirakan, total belanja programmatic ads Indonesia akan meningkat sebesar 89 persen atau mencapai sekitar $500 juta (sekitar Rp7 triliun).

Di kalangan pengusaha kecil pada umumnya, programmatic ads memang belum terlalu familiar. Namun, metode ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan pebisnis yang banyak bersentuhan dengan media dan iklan digital.

Programmatic ads sebagai masa depan periklanan digital

Programmatic ads sendiri adalah proses otomatis untuk membeli dan menjual inventaris iklan melalui bursa (ad exchange) yang menghubungkan pengiklan dengan penerbit. Proses ini pada dasarnya menggunakan mesin dan algoritma dalam melakukan proses jual-beli ruang iklan dengan real–time bidding untuk inventaris di saluran seluler, display, video, dan sosial–bahkan sampai ke televisi.

Bila diilustrasikan, kurang lebih sebagai berikut: Penerbit digital menjual ‘lapak-lapak’ kosong yang berada dalam sebuah website untuk keperluan promosi maupun penjualan. Lapak-lapak tersebut diisi dengan berbagai konten promosi berbentuk pamfllet promosi, direct link, jargon, bahkan video yang isinya mencakup kepentingan periklanan.

Lapak yang tersedia kian bertambah setiap harinya dalam jumlah yang luar biasa, sehingga peluang pemasaran pun terbuka lebar. Di bagian inilah, programmatic ads mengambil peran yang krusial.

Inovasi dalam programmatic ads mempermudah para marketer untuk mengisi setiap lapak yang muncul di internet dengan bantuan sistem. Penggunaannya bahkan mampu memangkas kerumitan dalam proses pemasangan iklan digital, karena semua proses pemasangan akan secara otomatis dilakukan oleh sistem, termasuk proses jual-beli lapak tersebut. Dengan demikian, para pelaku bisnis maupun pengelola situs sudah tidak perlu khawatir direpotkan dalam urusan pemasangan iklan.

Tidak hanya itu, programmatic ads juga mampu menghadirkan relevansi berupa data mengenai audiens yang ingin dijadikan target oleh para pemasar. Data audiens ini sangat vital bagi para pemasar dalam menentukan pemasangan iklan. Iklan yang dipasang harus relevan agar pesan di dalamnya tersampaikan dengan baik dan membantu mendongkrak pemasaran.

Setiap proses juga direkam melalui sistem dan cara kerja programmatic ads, mulai dari reach hingga konversi. Para pemasar akan mendapatkan tolok ukur dari efisiensi setiap iklan yang mereka pasang.

Programmatic ads kini dianggap sebagai muka dari masa depan dunia periklanan digital bahkan telah menjadi tren dari perkembangan industri periklanan. Dengan beragam manfaat yang dihadirkan, programmatic ads merupakan pilihan yang tepat untuk diadopsi para pelaku bisnis.