promosi melalui media sosial
Desember 5, 2019

Jelang 2020, Inilah 4 Alasan Bagi Para Digital Marketer Manfaatkan Media Sosial

By : Bizinsight

Para praktisi di dunia pemasaran tentunya setuju bahwa dunia digital kini telah menjelma menjadi salah satu pasar paling menggiurkan untuk dimanfaatkan oleh setiap jenis bisnis. Pasalnya, dunia digital memiliki jangkauan yang tidak terhingga, dan menghadirkan calon-calon pembeli atau konsumer yang akan memberikan profit bagi bisnis.

Melihat potensi yang besar dan mampu mendongkrak profitabilitas, para digital marketer berlomba menuangkan ide-idenya ke dalam strategi pemasaran digital yang harus dimatangkan sebaik mungkin. Strategi digital marketing yang baik merupakan kunci dari kesuksesan bisnis menjangkau pasar digital. Bisnis yang mampu mengeksekusi strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan kapabilitasnya akan mampu menempatkan diri di persaingan digital yang kian ketat.

Ada banyak kanal-kanal dalam dunia digital yang dapat dimanfaatkan bisnis untuk strategi pemasaran digitalnya. Dalam beberapa tahun belakangan, kita melihat kemajuan online advertising serta search engine optimation (SEO) yang selalu difavoritkan oleh pemasar digital. Berbagai platform digital pun menjadi sasaran untuk ajang promosi bisnis. Lantas, platform digital apakah yang paling baik untuk digarap untuk mengembangkan sebuah bisnis?

Manfaatkan Sosial Media

Sebuah survey dari We Are Social bersama Hootsuite berjudul Global State of Digital in 2019 Report 2019 menyajikan data terkait perkembangan massa di dunia maya sepanjang tahun 2019. Sepanjang periode Januari hingga Oktober, terdapat peningkatan sebanyak kurang lebih 900 juta pengguna internet. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa pengguna sosial media bertambah dengan cepat (dari 45% pada periode Januari 2019 menjadi 48% di bulan Oktober 2019).

promosi melalui media sosial

Source: hootsuite.com

Data dari laporan tersebut menggambarkan secara gamblang bahwa banyak orang yang tertarik untuk bermain sosial media. Hal ini juga didorong oleh inovasi yang muncul dari beragam media sosial yang ada sehingga mampu menarik hati para pengguna.

Potensi ini harus mampu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para digital marketer. Sudah saatnya bagi para pemasar digital untuk mempersiapkan timnya dalam mengelola media sosial mereka untuk kemajuan perusahaan. Berikut ini, ada 4 alasan untuk menggarap promosi melalui media sosial di tahun 2020.

1. Konten Ephemeral

Konten ephemeral adalah jenis konten yang hanya dapat dinikmati dalam periode tertentu saja, misalnya Instagram stories atau Snapchat stories. Jenis konten ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para netizen dan merupakan konten yang paling sering disimak. Oleh karena itu, para pemasar digital harus memastikan bahwa konten ephemeral yang mereka buat mampu membuat para netizen tertarik agar promosi melalui media sosial berhasil.

[BACA JUGA: Pahami SEM dan SEO untuk Optimalkan Strategi Pemasaran Digital]

2. Manfaatkan Media Sosial Baru

Dalam beberapa tahun belakangan, Facebook dan Instagram merupakan sosial media paling diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, ada beberapa sosial media yang perlahan naik daun seperti tikTok dan Twitch. Media sosial yang baru berarti potensi pasar yang baru juga. Para digital marketer harus menyadari hal tersebut dan mulai memikirkan cara terbaik untuk memasarkan bisnisnya di sana.

3. Menuju Social Commerce

Kini, Instagram dan media sosial lainnya juga mulai merambah bisnis e-commerce. Saat fitur ini diluncurkan, maka akan semakin mudah bagi para pengguna untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan melalui media sosial tersebut. Untuk itu, ini merupakan kesempatan promosi melalui media sosial bagi para digital marketer dan mereka harus siap mengelola social commerce yang sudah ada di depan mata.

4. Dominasi Video Content

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa orang kini lebih senang menonton iklan berupa video, terlebih apabila konten video tersebut dibuat dengan cara yang kreatif. Media sosial menjadi platform yang tepat untuk memasarkan bisnis dengan konten video karena memiliki masa yang besar.

[BACA JUGA: 3 Tips Optimalisasi SEM yang Digunakan untuk Kesuksesan Bisnis]

Itulah empat alasan mengapa para digital marketer harus memberikan fokus ekstra untuk mengembangkan promosi melalui media sosial pada 2020 nanti. Segera susun strategi bisnismu untuk merajai persaingan di pasar digital!