seo digital marketing
Juni 22, 2019

Mengapa SEO Menjadi Kunci dalam Menguasai Digital Marketing?

By : Bizinsight

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi telah memengaruhi sebagian besar aspek kehidupan manusia saat ini, tak terkecuali dalam dunia bisnis. Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai tren teknologi dianggap sebagai cara terbaik untuk meningkatkan profit. Pebisnis dan eksekutif perusahaan pun berlomba-lomba mengadopsi teknologi yang mampu menawarkan efisiensi sekaligus membuka gerbang probabilitas baru untuk melipatgandakan keuntungan, salah satunya dengan cara menguasai SEO digital marketing.

SEO Digital Marketing dan Fungsinya

Dunia digital saat ini memang telah menjelma menjadi tambang emas baru yang menyimpan potensi besar bagi segala jenis bisnis. Persaingan pun menjadi kian ketat karena para pebisnis telah menyadari berbagai peluang di dunia maya yang bisa digali. Dengan merambah ke dunia digital, bisnis dapat berkembang dengan begitu cepat. Namun, untuk mencapai hal-hal tersebut, para memilik bisnis perlu memperhitungkan dan mempersiapkan berbagai hal.

Jika mampu menguasai SEO digital marketing, maka peluang untuk menjadi yang teratas di pasar online pun terbuka lebar. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO menjadi salah satu kunci paling fundamental bagi sebuah brand atau bisnis apapun yang ingin merambah dunia digital. Sesuai dengan namanya, SEO berfungsi untuk mendorong popularitas sebuah brand sehingga dapat mencapai posisi teratas dalam berbagai mesin pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Baca juga: 4 Alasan Utama Mengapa Anda Memerlukan Programmatic Advertising

Bagi praktisi digital marketing dan para webmaster, SEO digital marketing sudah menjadi tool yang sangat familiar. Pada mesin pencarian seperti Google, ada rangking yang diberikan kepada website berdasarkan visibilitas dan traffic dari web tersebut. Semakin tinggi traffic-nya, maka akan semakin meningkat juga peringkat web itu di mesin pencarian.

Web dengan peringkat paling populer akan tampil paling teratas saat sebuah kata kunci dicari melalui mesin pencarian. Tentunya, web tersebut berpeluang mendapatkan banyak pengunjung secara terus-menerus. Pengunjung yang banyak akan mendatangkan traffic potensial ke web, dan secara otomatis akan meningkatkan kemungkinan datangnya calon pelanggan bagi bisnis.

Selain memperbesar traffic untuk mendapatkan pelanggan baru, SEO digital marketing juga berguna untuk meningkatkan brand awareness dari setiap bisnis. Citra produk merupakan hal penting untuk terus ditingkatkan dan dijaga, dan optimalisasi SEO menjadi salah satu jalannya. Dengan membuat para pelanggan terus mengingat brand, maka intensitas penjualan juga akan terus menanjak.

Optimalisasi SEO

Optimalisasi SEO digital marketing juga dapat memberikan sesuatu yang begitu bernilai di era digital saat ini, yaitu data. Data kini dianggap sebagai sesuatu yang mahal karena dapat diolah sedemikian rupa untuk meningkatkan bisnis di masa depan. Melalui analisis dan pengolahan data, seorang pimpinan marketing bisa menentukan strategi digital seperti apa yang paling tepat untuk dilancarkan.

Baca juga: 4 Tips Strategi Marketing Untuk Bisnis Pariwisata Online

Ada dua strategi yang perlu dipersiapkan bisnis untuk memaksimalkan potensi SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page berhubungan dengan aktivitas untuk meningkatkan kualitas konten seperti riset kata kunci, perbaikan struktur web, penambahan tag dan judul di homepage web, serta membangun konten dan link-link internal.

Sementara SEO Off Page berpusat kepada kegiatan optimasi web di luar konten seperti menempatkan link di berbagai media sosial, forum online, hingga blog walking atau mengirimkan komentar dalam blog orang lain.

SEO digital marketing membuka segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan bagi kemajuan perusahaan. Tanpa SEO, sebuah bisnis akan mengalami kesulitan dalam bersaing dengan kompetitornya di dunia maya. Sebaliknya, sebuah brand berpotensi menapaki tangga menuju kesuksesan dalam persaingan di dunia digital dengan memanfaatkan dan memaksimalkan SEO.