Desember 14, 2018

Survei: Serba-Serbi Travellers, Hobi atau “Escape” Rutinitas?

By : Bizinsight

Preferensi para wisatawan atau travellers dalam berlibur cukup beragam. Serba-serbi dalam berwisata itu cukup menarik diamati. Untuk merekam keunikan tersebut, Telkomsel Digital Advertising melakukan survei yang melibatkan 111.312 responden yang tersebar dari berbagai penjuru Indonesia melalui aplikasi Telkomsel ROLi.


Menjelang akhir tahun orang-orang mulai sibuk mengatur rencana berlibur. Ada yang merencanakan ke luar kota, perjalanan menantang mendaki gunung, atau sekadar ingin mencari suasana yang totally different dengan melancong ke luar negeri.

Bagi sebagian, travelling adalah hobi. Ada pula yang melakukannya hanya untuk menghabiskan sisa cuti. Ada juga yang betul-betul menjadikannya sebagai passion hingga rela menghabiskan waktu berbulan-bulan dalam sebuah perjalanan demi kepuasan menemukan panorama indah yang tersembunyi.

Kendati demikian, ada juga yang tak tahan dengan panjang dan lamanya perjalanan sehingga memilih transportasi ekspres seperti pesawat. Memang, mereka memiliki preferensi yang berbeda-beda ketika berwisata. Maka dari itu kami merasa serba-serbi dalam travelling itu cukup menarik diamati.

Untuk merekam keunikan tersebut, Telkomsel Digital Advertising melakukan survei yang melibatkan 111.312 pelanggan yang tersebar dari berbagai penjuru Indonesia melalui aplikasi Telkomsel ROLi. Respon yang kami dapatkan terkait pengalaman berwisata mereka pun beragam.

Dari ratusan ribu responden itu, ada yang hanya sempat berwisata sekali dalam setahun. Persentasenya 57%. Paling tinggi dibanding yang berwisata dua, tiga, atau lebih dari empat kali dalam setahun.

Barangkali kesibukan dan aktivitas yang luar biasa padat membuat mereka tak sempat pergi kemana-mana. Bisa juga wisata bukan menjadi opsi refreshing yang utama bagi mereka.

Padahal, Indonesia merupakan negeri dengan ribuan pulau dengan lautan dan pantai indahnya yang membentang luas. Belum lagi gunung-gunung yang menjulang tinggi ke langit yang jika berhasil mencapai puncaknya Anda akan dibuat takjub dengan panorama megah yang tak pernah tersaksikan sebelumnya.

Jika wisata alam bukan opsi utama, maka keliling dalam kota mencari hiburan tentu menjadi alternatif selanjutnya. Dari survei yang dilakukan, 51% responden mengatakan bahwa mereka lebih memilih wisata di dalam kota, sementara 40% lainnya ke luar kota, dan 9% sisanya memilih perjalanan ke luar negeri.

Ketika ditanya tempat wisata yang ingin dituju, 40% responden yang mengikuti survei menyampaikan bahwa mereka ingin pergi ke pantai. Sedangkan pilihan berikutnya jatuh pada dataran tinggi dengan persentase responden yang memilih mencapai 26%. Sementara itu lokasi pedesaan dan kota memiliki persentase yang sama, yakni 14%. Hanya sekitar 6% responden saja yang memilih untuk mengunjungi tempat bersejarah sebagai tujuan wisata mereka.

Untuk urusan tiket dan penginapan, perusahaan jasa pemesanan tiket daring seperti Traveloka, Tiket.com, Trivago, dan Pegipegi menjadi pilihan para responden untuk membeli tiket dan reservasi penginapan. Dari hasil survei ini Pegipegi dipilih responden dengan persentase 48% untuk urusan pemesan tiket dan penginapan. 

Dengan berbagai penawaran menarik seperti promo harga murah dan kemudahan pelayanan nampaknya membuat pelanggan mulai beralih membeli tiket secara online ketimbang mendatangi travel agent.

Hotel sendiri masih menjadi tempat penginapan yang favorit dengan persentase 56%. Namun, model penginapan rumahan seperti yang ditawarkan Airbnb juga terlihat mulai menarik minat para pelancong.

Untuk transportasi pesawat, maskapai Garuda Indonesia masih lebih diunggulkan dalam penerbangan domestik maupun luar negeri. Diikuti Batik Air, Citilink, Lion Air, dan maskapai lainnya.

Demikian kilas serba-serbi mengenai travelling yang melibatkan respons dari 111.312 pelanggan Telkomsel. Hasil survei ini dijadikan basis data awal bagi kalangan bisnis untuk kebutuhan campaign atau strategi pemasaran, khususnya yang bergerak di bidang travelling.

Image source: Shutterstock
Infographic: Raprima