Editorial Oktober 9, 2017

Memenangkan Hati Konsumen dengan Telkomsel Contextual Advertising

By : Bizinsight

Brands atau pemilik bisnis pasti ingin layanan atau produknya bisa menjangkau pasar seluas mungkin. Namun, pernahkah Anda mendengar istilah “Jika Anda membidik semua orang, sebenarnya Anda tidak membidik siapapun”. Peluang inilah yang coba dioptimalkan oleh Telkomsel melalui layanan Telkomsel Contextual Advertising agar brands atau pemilik bisnis dapat menjangkau target pasar seluas mungkin tetapi juga tepat sasaran sehingga dapat memenangkan hati konsumen yang diinginkan.

Telkomsel Contextual Ads adalah metode pengiriman iklan secara langsung kepada pelanggan yang kontennya sudah disesuaikan dengan konteks atau kriteria dari website yang sedang dikunjungi. Cara kerjanya cukup sederhana. Ketika pelanggan mengunjungi sebuah website, aktivitas tersebut akan diterjemahkan sebagai micro-moment yang dijadikan landasan oleh sistem untuk mengirimkan iklan yang sesuai kepada pelanggan dengan media SMS. Hal ini akan membuat pesan iklan yang ingin disampaikan menjadi lebih relevan kepada pelanggan yang tepat, sesuai dengan kebutuhannya, dan diharapkan bisa meningkatkan respone rate konsumen.

Dalam layanan Telkomsel Contextual Ads sendiri, brands dan pemilik bisnis sebagai pihak pengirim iklan dapat memilih whitelist situs atau aplikasi yang relevan dengan produk atau layanannya. Jadi setiap ada pelanggan yang sedang mengunjungi salah satu situs atau aplikasi yang ada dalam daftar, pelanggan akan langsung mendapat pesan SMS berisi iklan yang relevan dengan kebutuhannya. Pelanggan yang menerima iklan juga akan divalidasi lagi berdasarkan lokasinya. Oleh karena itu, promosi yang sifatnya lokal pun hanya akan diterima oleh pelanggan yang berada di lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Cara Kerja Telkomsel Contextual Advertising / Telkomsel Digiads

Cara Kerja Telkomsel Contextual Advertising / Telkomsel Digiads

Contohnya, pengiklan di kota Surabaya dengan bisnis jual beli suku cadang sepeda motor sedang mengadakan promosi penjualan dan menggunakan Telkomsel Contextual Ads sebagai media pengiriman promosi. Ketika pelanggan Telkomsel di kota Surabaya mengunjungi situs di internet melalui jaringan Telkomsel dengan konteks yang berhubungan dengan sepeda motor atau otomotif dan ada dalam daftar yang sudah ditentukan sebelumnya (whitelist app/web), maka dia akan segera mendapatkan informasi dari pengiklan bersangkutan mengenai promosi jual beli suku cadang yang sedang berjalan.

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia adalah negara dengan tingkat penetrasi perangkat mobile yang tingggi. Saat ini, lebih dari 80 persen pelanggan Telkomsel sendiri adalah pengguna smartphone. Namun, jumlah pelanggan yang menggunakan feature phone dan ponsel bukan smartphonepun tidak bisa dianggap sedikit dan diabaikan. Oleh karena itu, SMS menjadi kunci dalam mengoptimalkan layanan Telkomsel Contextual Ads agar dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.

Di era digital seperti sekarang ini, konsumen memang sudah jauh lebih pintar dalam menyaring informasi yang dapat diterima. Bila konten yang diterima tidak sesuai dengan kebutuhan, tak perlu heran jika pesan dalam konten tersebut pun diabaikan. Untuk menjawab tantangan tersebut, Telkomsel menghadirkan layanan Telkomsel Contextual Ads yang mampu mengirimkan pesan iklan yang relevan kepada pelanggan Telkomsel dengan konten iklan yang sudah disesuiakan dengan kebutuhan pelanggan.

Untuk mengetahui informasi mengenai layanan Telkomsel Contextual Advertising lebih jauh, Anda bisa menghubungi kami melalui email di digitalads@telkomsel.co.id.

[Img Source: Free-Photos/Pixabay]