Telkomsel DigiAds 2019/DigiAds
Editorial Desember 27, 2019

Telkomsel DigiAds 2019 Roundup

By : Bizinsight

Waktu terus berjalan dan tak terasa kini tahun 2019 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Dalam kurun waktu 12 bulan itu, ada banyak hal yang terjadi dalam industri teknologi Indonesia, termasuk periklanan digital.

Sebagai bagian dari keluarga besar Telkomsel yang fokus dengan bisnis periklanan digital, kami juga terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan kami agar dapat memberikan yang terbaik kepada rekan-rekan bisnis strategis kami. Melalui artikel ini, kami ingin merangkum hal-hal apa saja yang sudah kami capai selama 2019.

Rebranding

Layanan digital telah menjadi salah satu pendorong utama transformasi di tubuh Telkomsel untuk menjadi perusahaan Digital Telco. Peningkatan dan investasi berkelanjutan selama bertahun-tahun telah mengarahkan Telkomsel untuk menyediakan layanan digital canggih di Indonesia yang sejalan dengan misi dalam mempercepat inovasi dan memajukan bangsa. Salah satu fokus utama dalam transformasi ini ada di ranah periklanan digital.

Pada awal 2000, adopsi cepat dari internet dan perangkat seluler telah mengubah industri periklanan dari konvensional ke media digital. Salah satu upaya dalam beradaptasi adalah dengan meluncurkan layanan baru pada 2009 yaitu Mobile Advertising. Layanan ini hadir untuk menyediakan media alternatif bagi merek dan pengiklan dengan memanfaatkan jaringan Telkomsel dalam menjangkau pemirsa di seluruh Indonesia.

[Baca juga: Semangat Baru Telkomsel Digital Advertising]

Inovasi yang berkelanjutan telah membawa banyak perkembangan di tubuh Mobile Advertising. Layanan iklan  yang dimiliki pun berkembang menjadi lebih luas untuk memenuhi kebutuhan mitra dan pelanggan. Sampai pada akhirnya, di hari Jumat 22 Maret 2019, kami mengumumkan identitas baru kami sebagai Telkomsel DigiAds.

Identitas baru ini lahir untuk memperkuat posisi kami dalam menyediakan platform yang lebih komprehensif untuk melayani berbagai kebutuhan pelanggan yang luas seperti pelaporan dan analitik, konsultasi dan solusi media. Di tahun 2020, Telkomsel DigiAds akan terus tumbuh menjadi “digital marketing solutions provider” yang menyediakan layanan periklanan digital yang lengkap, terintegrasi, dan inovatif yang dapat memaksimalkan jangkauan, efisiensi, dan fleksibilitas.

Telkomsel Nextwave

Pada bulan Maret 2019, di waktu yang bersamaan dengan pengumuman rebranding, kami menggelar acara Telkomsel NEXTwave. Ini adalah acara tahunan terbesar pertama kami yang mengundang eksekutif bisnis dari berbagai perusahaan klien dan mitra strategis.

Acara ini menggabungkan sesi pameran produk dan berbagi wawasan dengan menghadirkan pembicara yang kompeten di bidang transformasi digital yaitu CEO DBS Group Mr. Piyush Gupta. Beliau berbagi pengalamannya tentang keberhasilan dalam mentransformasi DBS dari traditional bank menjadi digital bank

Portofolio bisnis digital yang kami tunjukkan pun beragam. Beberapa di antaranya yaitu Digital Advertising, MSight, sampai Internet of Things yang kami yakini dapat memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan klien perusahaan.

Meningkatkan kualitas ruang iklan pada inventaris video dan display

Salah satu langkah strategis yang kami lakukan di sepanjang 2019 adalah menyediakan dan meningkatkan kualitas ruang iklan inventaris tampilan dan video. Kami mencapai ini dengan menjalin kemitraan strategis, baik itu secara internal melalui aplikasi milik Telkomsel maupun secara eksternal dengan pihak ketiga.

Secara internal, kualitas ruang iklan yang kami tingkatkan ada di aplikasi MAXstream, MyTelkomsel, Langit Musik, dan Dunia Games Portal. Di sisi eksternal, kami menjalin kemitraan dengan pihak ketiga yang memungkinkan pengiklan untuk dapat menerapkan strategi yang lebih konsisten di seluruh saluran digital Telkomsel. Dengan demikian, mereka bisa melakukan pendekatan terpadu ke pasar dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kinerja kampanye iklannya.

Memperkuat ekosistem programmatic advertising

Selain menjalin kemitraan untuk meningkatkan kualitas inventaris iklan, kami juga menjalin kemitraan strategi untuk memperkuat ekosistem programmatic advertising. Kami telah bermitra dengan pihak ke-3 yang berkualifikasi seperti MOAT, IAS, dan Nielsen. Kerja sama ini dijalin untuk memastikan view-ability rate, keamanan merek, dan penargetan dari setiap hasil iklan yang dapat diukur dan akuntabel.

Dengan identitas baru, kami ingin menjadi Indonesia’s most preferred programmatic media powerhouse dengan media iklan yang luas, inventori terverifikasi, dan teknologi periklanan yang maju. Secara holistik, menjadi one stop solution untuk merek dan pengiklan dalam menjalankan strategi pemasarannya.

Memperkuat fondasi untuk aktivasi pemasaran digital UKM

Small and Medium Enterprise (SME) atau UKM adalah salah satu sektor bisnis yang memiliki peran penting dalam menggerakkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dalam upaya mendukung perkembangannya, kami membangun fondasi untuk aktivasi pemasaran digital mereka melalui layanan Telkomsel MyAds.

Di sepanjang tahun 2019 ini, Telkomsel MyAds telah tumbuh secara eksponensial dan menunjukkan keberadaannya sebagai platform periklanan digital. Dengan melakukan perubahan antarmuka dan melakukan roadshow untuk sosialisasi layanan ke seluruh Indonesia, Telkomsel MyAds telah merangkul puluhan ribu rekanan UKM di sepanjang 2019.

Memperbarui antarmuka aplikasi ROLi

Resmi diluncurkan pada akhir tahun 2017, aplikasi gaya hidup ROLi kini telah berevolusi. Banyak perubahan antarmuka dan fitur yang kami lakukan di ROLi sepanjang tahun 2019. Beberapa di antaranya yaitu di sisi UI/UX, internal counter upgrade, unique redemption, new lock screen, new feeds,  sampai 600MB reward data. Kini, ROLi telah berevolusi menjadi aplikasi ‘News and Content Aggregator’ berbasis Android.

Lewat aplikasi ROLi, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi dan hadiah hanya dengan berinteraksi dengan konten, fitur, dan program di dalamnya. Sementara di sisi pengiklan, inventaris ini membuat pengiklan memiliki pilihan saluran iklan baru untuk menargetkan segmennya dengan engagement dan awareness yang lebih baik dari pengguna di seluruh Indonesia melalui fitur aplikasi seperti Layar Kunci, iklan Parallax (umpan berita), in-app (Watch ads, Survey, Carousel).