Januari 28, 2019

Menjalin Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan Bersama OPT-IN Telkomsel

By : Bizinsight

OPT-IN bukan istilah baru dalam dunia pemasaran dan periklanan digital. Ini adalah bagian dari CRM (Customer Relation Management) yang menggambarkan “Etika Komunikasi” antara perusahaan dan pelanggannya. Melalui OPT-IN, perusahaan meminta izin terlebih dahulu kepada pelanggan untuk mengirimkan informasi dan penawaran dari perusahaan. Bila pelanggan bersedia, maka pelanggan akan mulai menerima penawaran-penawaran menarik dari perusahaan.

Dengan menggunakan layanan OPT-IN, perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan, memberikan kualitas pelayanan yang prima, dan menciptakan hubungan jangka panjang yang lebih baik dengan pelanggan.

Tentang Telkomsel OPT-IN

Dalam upaya memberikan pelayanan yang lebih prima kepada pelanggan, di tahun 2013, Telkomsel mulai menjalankan layanan OPT-IN Digital Advertising melalui unit bisnis Telkomsel Digital Advertising. OPT-IN Digital Advertising atau yang dikenal juga dengan OPT-IN Telkomsel atau Telkomsel OPT-IN adalah layanan yang akan memberikan beragam informasi, promo dan penawaran menarik lainnya kepada para pelanggan Telkomsel.

Pelanggan Telkomsel yang menggunakan KartuHalo, simPATI, Kartu AS, atau Loop dapat bergabung di Telkomsel OPT-IN secara GRATIS dengan mengakses UMB *600# atau mendatangi GraPARI Telkomsel terdekat. Setelah bergabung, pelanggan bisa mendapatkan reward langsung seperti Free Call (menit) On-Net ke sesama pengguna Telkomsel atau Free Data (MB).

Selain itu, ada juga bonus tambahan lain yang bisa dinikmati para pelanggan Telkomsel OPT-IN. Contohnya seperti Free NSP yang dapat dipilih berkali-kali tanpa batasan jumlah lagu, Kupon Promo dan Diskon pada Merchant rekanan, dan Reward lainnya yang akan terus berkembang dan bertambah sesuai kebutuhan pelanggan.

Dengan melakukan OPT-IN, pelanggan dianggap menyetujui untuk menerima berbagai penawaran menarik melalui channels seperti USSD, SMS, MMS, dan sebagainya. Penawaran-penawaran yang diterima oleh pelanggan ini dapat berupa Kupon Promo, Lucky Draw, Direct Reward, Multi Bonus, dan lainnya dari Telkomsel.

Bila pelanggan ingin berhenti dari layanan Telkomsel OPT-IN, mereka hanya perlu mengakses kembali UMB di *600#. Kemudian, pilih menu Berhenti untuk ke luar dari layanan.

Aplikasi ROLi dan Telkomsel OPT-IN

Dengan semakin berkembangnya teknologi, Telkomsel pun terus melakukan inovasi. Di tahun 2017, aplikasi ROLi lahir melalui unit bisnis Telkomsel Digital Advertising. ROLi adalah aplikasi gaya hidup digital berbasis Android yang dilengkapi dengan fitur maupun konten gaya hidup terkini yang dapat dinikmati sepanjang waktu. Selain itu, ROLi juga menjadi platform bagi pelanggan Telkomsel untuk mendapatkan informasi mengenai barang dan jasa keperluan sehari-hari yang sesuai dengan minat dan ketertarikannya.

Pada prinsipnya, aplikasi ROLi mengadopsi konsep OPT-IN, sehingga para pelanggan Telkomsel yang bergabung di ROLi dianggap setuju untuk menerima informasi dan penawaran dari rekanan ROLi. Sebagai imbalan, pengguna ROLi yang aktif akan memiliki kesempatan untuk menikmati tambahan paket data setiap bulan sebesar 300MB dan reward lainnya.

Namun, ROLi berbeda dengan Telkomsel OPT-IN karena ROLi adalah layanan OPT-IN berbasis aplikasi sehingga konten yang dimilikinya pun lebih interaktif dan variatif. Contohnya, fitur lock screen yang menjadi keunggulan ROLi. Melalui lock screen ROLi, pengguna dapat langsung menerima informasi produk atau promosi-promosi terbaru dari rekanan ROLi tanpa khawatir ketinggalan beritanya. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan kustomisasi lock screen untuk menampilkan daily quotes, foto-foto dengan kualitas tinggi, atau foto-foto milik pengguna.

Masih ada juga fitur KOIN yang dapat dikumpulkan melalui aktivitas mengisi survei, menonton video, memainkan game Wheel of Fortune, mengajak teman, dan mengikuti berbagai program unik yang digelar. KOIN tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik di ROLi, mulai dari paket data, paket SMS, paket menelepon, hingga hadiah berupa gadget terbaru lewat lelang atau aktivitas lainnya.

Di samping itu, masih ada artikel-artikel unik dan keren yang dapat dibaca oleh pengguna ROLi. Salah satunya adalah Cerpen dengan kisah  yang berbeda-beda (inspiratif, romantis, horor, komedi, dsb) setiap bulannya untuk dapat dibaca dan dinikmati kapanpun pelanggan suka. Namun, yang paling penting adalah pengguna ROLi akan bebas akses data (kuota data tidak akan terpotong) selama menggunakan aplikasi ROLi.

Dengan segala konten dan fitur yang semakin atraktif, merek maupun pengiklan dapat memanfaatkan ROLi sebagai kanal baru untuk mempromosikan produk atau jasa dengan lebih tepat sasaran, efektif, dan efisien. Kreativitas dalam membuat pesan iklan yang persuasif dan dikemas dalam gambar atau video juga akan menjadi kunci seberapa efektif kampanye yang dijalankan.

Pada akhirnya, cara termudah untuk meningkatkan kepercayaan dan menjalin hubungan jangka panjang yang lebih baik dengan pelanggan adalah dengan mulai berkomunikasi kepada mereka yang bersedia (OPT-IN). Bila Anda sudah menemukan pelanggan tersebut, jangkau mereka dengan menggunakan iklan yang sudah disesuaikan agar bisa diterima dengan tangan terbuka.

Bila sudah seperti itu, komunikasi akan terjalin dan pintu untuk menciptakan hubungan jangka panjang yang lebih baik dengan pelanggan akan terbuka lebih lebar. Tugas yang tersisa adalah menjaga komunikasi yang sudah terbangun agar tidak putus.

Bila Anda tertarik menjadi rekanan dan mulai berkomunikasi dengan pelanggan Telkomsel yang sudah bersedia menerima iklan (OPT-IN) untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Anda dapat menghubungi kami melalui media sosial (Twitter dan Instagram) atau melalui email.