Telkomsel Ramadan Insight/Digiads
Mei 11, 2018

Menyelami Perubahan Perilaku Masyarakat Indonesia di Bulan Suci Ramadan

By : Bizinsight

Bulan suci Ramadan yang ditunggu-tunggu oleh umat islam di seluruh dunia sebentar lagi tiba. Bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar penduduknya beragama islam, Ramadan punya tempat yang spesial. Selain menjadi momen untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan beribadah, Ramadan juga menjadi tanda perubahan perilaku yang hanya terjadi sekali dalam setahun di masyarakat Indonesia – baik itu offline ataupun online.

Pasar yang Menggairahkan

Indonesia sendiri kini tengah dianggap sebagai salah satu pasar paling menggairahkan di wilayah Asia Tenggara. Salah satu penyebabnya yaitu karena Indonesia diprediksikan akan memiliki bonus demografi hingga tahun 2030 nanti. Ini adalah kondisi ketika jumlah penduduk yang berusia produktif menjadi lebih banyak dibandingkan dengan penduduk yang berusia tidak produktif.

Perubahan tersebut pun otomatis akan berdampak ke berbagai sisi. Salah satunya yaitu meningkatnya kalangan kelas menengah di Indonesia. Dengan meningkatnya pendapatan, pengeluaran juga akan ikut meningkat. Biasanya, penduduk yang termasuk kelompok ekonomi kelas menengah memiliki karakteristik pengeluaran yang akan dihabiskan untuk mendapat pengalaman. Contohnya, menghabiskan waktu untuk perjalanan, liburan, atau membeli hadiah untuk keluarga.

Potensi inilah yang membuat nusantara menjadi pasar yang menggiurkan. Bahkan, ketika Ramadan tiba, tak sedikit masyarakat yang bersedia menghabiskan pendapatan mereka lebih banyak. Untuk penduduk yang beragama islam sendiri, pengeluaran belanja bisa saja menjadi lebih besar. Ini karena masyarakat yang beragama islam biasanya mendapatkan dana tambahan lewat THR (Tunjangan Hari Raya) menjelang akhir Ramadan.

Maka dari itu, tak mengherankan sebenarnya bila ada banyak perusahaan menghabiskan banyak uang untuk memenangkan momen di bulan Ramadan. Salah satu tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk membangun kredibilitas sebagai brand yang dapat diandalkan dan yang dapat mempengaruhi perilaku generasi mendatang.

Perubahan Perilaku

Lalu, perilaku apa yang berubah dari masyarakat Indonesia ketika Ramadan tiba? Berdasarkan temuan yang kami rangkum dalam Telkomsel Ramadan Insight 2018, hal-hal yang mengalami perubahan adalah intensitas dalam beribadah, interaksi dengan teknologi (smartphone dan PC), kebutuhan informasi dan hiburan, hingga perilaku konsumsi barang dan jasa.

Beberapa temuan menarik dalam Telkomsel Ramadan Insight ini adalah:

  • Masjid-masjid besar di Indonesia mengalami peningkatan kunjungan sekitar 86 persen – 100 persen selama bulan Ramadan.
  • Di awal Ramadan, masyarakat Indonesia sepertinya lebih sensitif dengan harga tiket karena kunjungan ke situs Online Travel Agent (OTA) lokal terlihat mengalami penurunan.
  • Ada lebih dari 1.8 juta pengguna Telkomsel yang melakukan perjalanan mudik menjelang akhir Ramadan.

Momen Ramadan selalu menjadi momen yang menarik bagi banyak pihak, mulai dari brand, perusahaan, hingga para pedangang kecil. Selama periode ini, semua pihak berkompetisi untuk menarik perhatian pembeli hingga mendapatkan pelanggan baru. Namun, tidak semua pihak mempunyai dana fantastis untuk untuk dihabiskan. Hal ini menuntut para pemasar untuk menjadi lebih cerdas dalam menghabiskan dana pemasaran dan mengambil langkah yang tepat untuk memahami kebiasaan konsumen dan preferensi mereka selama Ramadan.

Sebagai operator telekomunikasi selular terbesar di Indonesia, Telkomsel telah memanfaatkan kemampuan big data untuk mendapatkan insight yang dapat membantu brand dalam memahami kebiasaan konsumen secara kolektif. Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang Telkomsel Ramadan Insight 2018 untuk membantu dalam menyusun strategi dalam memenangkan momen Ramadan, Anda dapat menghubung kami melalui email.