tips optimalisasi SEM
November 15, 2019

3 Tips Optimalisasi SEM yang Digunakan untuk Kesuksesan Bisnis

By : Bizinsight

Dalam beberapa tahun belakangan, Search Engine Marketing (SEM) menjadi salah satu tren pemasaran digital paling menarik untuk diadopsi. Bagi para digital marketer, SEM dianggap sebagai strategi paling jitu untuk meningkatkan pemasaran berbasis digital. Namun, tidak sedikit juga orang yang belum mengetahui apa itu SEM.

Konsep SEM sebenarnya sangat mudah dipahami. Kita bahkan sering menemui produk dari SEM saat sedang berselancar di dunia maya. Ketika kita menemukan iklan sebuah produk yang menarik di internet kemudian mengkliknya, kita akan terus “diikuti” oleh iklan tersebut. Ini adalah salah satu contoh aktivitas SEM yang dilakukan oleh pihak yang memasang iklan digital tersebut. Contoh lainnya adalah pensortiran iklan-iklan yang muncul di profil sosial media kita. Biasanya, algoritma tertentu yang dipasang akan membaca jenis barang atau jasa yang sering kita cari melalui sosial media, kemudian menampilkan barang-barang yang berkaitan dengan pencarian tersebut.

Source: searchengineland.com

Penerapan SEM dalam media sosial juga menunjukkan pertumbuhan dianggap ampuh, terbukti dari laporan yang dilakukan SEMPO (Search Engine Marketing Professional Organisation) pada 2016, dimana 69 persen dari responden (yang terdiri dari agency, konsultan, dan pengiklan digital) menyatakan penggunaan listed social ads telah dipakai pada bisnis mereka.

[BACA JUGA: Video Marketing: Cara Terbaik Bagi Bisnis untuk Rangkul Digital Marketing]

Fungsi utama SEM adalah mendongkrak penjualan produk atau jasa secara digital dari sebuah bisnis dengan berbagai variasi pengiklanan digital. Berbagai peluang bisnis dapat terjadi dengan pemanfaatan SEM yang baik, mulai dari efektivitas pencarian konsumen yang lebih spesifik, kampanye yang unik, hingga menciptakan traffic yang baik untuk platform-platform penjualan.

Cara Menggunakan SEM dengan Efektif

Berbagai manfaat dari SEM yang mampu memberikan hasil luar biasa membuat bisnis dari berbagai skala berlomba-lomba untuk mengadopsi SEM. Dalam penerapannya, ada beberapa tips optimalisasi SEM yang perlu dilakukan oleh para pemasar digital untuk memaksimalkan hasil dari strategi yang dipilih. Tips pertama yang perlu dipersiapkan adalah menyiapkan strategi pencarian iklan yang dipasang di internet. Ada dua jenis strategi pencarian yang dapat dipilih, yaitu pencarian organik dan pencarian berbayar. Keduanya memiliki keunggulan yang berbeda. Apabila tujuannya adalah hasil yang instan, maka pencarian berbayar dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebaliknya, pencarian organik merupakan strategi yang jitu untuk hasil yang tahan lama. Tentu saja, faktor tujuan pemasaran dan besarnya traffic yang diinginkan menjadi sangat krusial dalam menentukan strategi pencarian.

Tips optimalisasi SEM yang kedua adalah memiliki daftar kata kunci atau keyword yang berhubugan dengan produk yang diiklankan. Keyword  sangat berguna dalam optimalisasi kampanye yang akan disebar di dunia maya. Semakin banyak kata kunci yang disiapkan, maka akan semakin berpeluang sebuah iklan mendapat perhatian dari para calon konsumen.

Tidak lupa, bisnis juga harus mempersiapkan website yang dimiliki sehingga kompatibel dengan peningkatan traffic saat SEM dijalankan. Cara mengoptimalkan web juga sebenarnya tidak terlalu sulit, para digital marketer hanya perlu menulis ulang setiap konten dengan keyword yang sudah ada, menyusun secara teratur, menyingkirkan konten-konten yang berat, dan mendaftarkan web pada directory penting.

[BACA JUGA: Strategi Jitu Mempersiapkan Video Marketing yang Efektif]

Tips optimalisasi SEM yang terakhir tidak kalah pentingnya untuk dipersiapkan adalah menguji paid ads yang digunakan, baik dari segi landing page, kepenulisan konten, akun dalam jaringan pencari seperti Google, serta mengatur kampanye.

Itulah 3 tips optimalisasi SEM yang bisa diterapkan untuk maksimalisasi strategi SEM. Dengan menerapkan tips-tips di atas, penggunaan SEM dalam strategi digital marketing bisnis akan terus meningkat dan memberikan dampak signifikan terhadap profitabilitas bisnis. Berani coba?