tren digital marketing 2020
Editorial Desember 9, 2019

Dari AI hingga Virtual Deposit: Inilah Tren Digital Marketing di Tahun 2020

By : Bizinsight

Menyongsong tahun 2020 yang akan segera datang, para digital marketer kian berbenah diri dan mempersiapkan strategi terbaik untuk memasarkan produknya dan berjaya di pasar digital. Para digital marketer tentunya sudah memahami bahwa kunci untuk menyiapkan rencana pemasaran digital di tahun 2020 nanti adalah pemanfaatan tren digital marketing yang akan populer di kalangan para konsumer.

Pada tahun 2019 ini, kita melihat berbagai tren digital marketing yang dipakai pleh para pemasar digital sebagai medium memasarkan produk dari brand mereka. Beberapa tren digital marketing yang menjadi favorit adalah chatbot, omnichannel marketing, dan konten video. Berbagai tren tersebut terbukti mampu menaikkan popularitas sekaligus mempengaruhi keberhasilan penjualan produk.

Kira-kira, apa sajakah tren digital marketing yang diprediksi akan menjadi primadona di pasar digital pada tahun 2020 nanti? Ayo simak untuk tren digital marketing 2020 berikut ini!

Digital Influencer

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kini influencer di berbagai platform digital mampu menjadi trendsetter untuk khalayak ramai. Saat ini, orang cenderung lebih mempercayai kata-kata yang diucapkan oleh influencer panutannya ketimbang tagline iklan yang menarik. Hal ini tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para digital marketer.

Ada banyak jenis influencer yang tersebar di berbagai kanal media sosial yang bisa diajak berkolaborasi untuk pemasaran produk atau endorsement. Para pemasar digital harus jeli melihat peluang yang ada untuk mempromosikan produknya bersama influencer. Ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan saat memilih influencer untuk menjadi ”wajah” dari produk sebuah brand, diantaranya reputasi sang influencer, jenis konten yang dibuat, dan para pengikut dari sang influencer itu sendiri. Memilih influencer yang sesuai dengan visi perusahaan merupakan tanggung jawab yang besar dan harus dipenuhi agar hasil dari endorsement memberikan manfaat untuk perusahaan.

[BACA JUGA: 4 Kekeliruan yang Harus Dihindari dalam Memilih Influencer Marketing]

Voice-Search atau Fitur Pencarian Menggunakan Suara

Fitur voice search atau pencarian menggunakan suara diyakini akan menjadi tren yang digandrungi oleh para pemasar digital di tahun 2020 nanti. Bahkan, perkembangan voice search di tahun 2019 tidak main-main. Sebuah laporan yang dibuat oleh We are Social bersama Hootsuite berjudul “The Global State of Digital in 2019” mengungkap bahwa 51 persen dari orang Indonesia berusia 16 hingga 64 tahun telah menggunakan fitur voice search di tahun 2019.

tren digital marketing 2020

Source: hootsuite.com

Kemudahan yang ditawarkan voice search membuat orang-orang akan lebih senang menggunakannya ketimbang mengetik keyword secara manual. Di tahun 2020 nanti, akan ada lebih banyak lagi orang yang menggunakan fitur ini.

Artificial Intelligence (AI)

Tahun 2020 disebut-sebut menjadi tahun dimana penggunaan AI akan menyebar lebih luas di berbagai sektor industri, termasuk industri digital marketing. Dari tahun ke tahun, Artificial Intelligence (AI) terus mengalami perkembangan yang signifikan hingga membuat kita terus merasa takjub. Keunggulan dari penggunaan AI adalah penekanan biaya operasional dan otomatisasi berbagai workload.

[BACA JUGA: Lima Tips untuk Personalisasi Pemasaran]

Virtual Deposit

Virtual deposit juga akan menjadi tren digital marketing 2020 yang kian merebak. Orang akan lebih nyaman mengonversikan uangnya ke dalam bentuk virtual deposit karena transaksi digital akan menjadi semakin mudah.

Itulah beberapa tren digital marketing 2020 yang akan banyak digunakan para startup dan bisnis mendatang. Dengan mengetahui tren-tren di atas, para digital marketer akan semakin percaya diri untuk menyambut persaingan di pasar digital yang semakin ketat.