tren digital marketing tools 2020
Desember 12, 2019

Tren Digital Marketing Tools Tahun 2020, No 3 Tool Pendatang Baru!

By : Bizinsight

Perusahaan atau bisnis yang tengah mendorong aktivitas pemasaran digital mereka pastinya menyadari bahwa kunci untuk memenangkan persaingan dan meraup keuntungan di sana adalah kemampuan dalam memahami kebutuhan konsumen melalui pemanfaatan data. Pasalnya, data menyediakan “harta” penting yaitu rekam jejak hingga kebiasaan pelanggan. Dengan pengelolaan yang baik, data mampu membuat sebuah bisnis berada di depan para pesaingnya.

Saat ini, telah banyak perusahaan yang memanfaatkan data yang mereka miliki untuk mendorong digital marketing mereka, tentunya dengan bantuan inovasi teknologi terkini. Salah satu jenis strategi pemasaran digital yang kini menjadi primadona adalah marketing automation platform. Bukannya tanpa alasan, Manfaat yang ditawarkan oleh marketing automation platform yang mampu membawa efisiensi dalam pemasaran digital menjadikan strategi ini digandrungi oleh banyak perusahaan. Sebuah survei dari SALESmanago yang memaparkan alasan pengadopsian marketing automation platform di berbagai perusahaan global menyatakan bahwa kemampuan integrasi antar teknologi menjadi faktor utamanya.

Hapus istilah: tren digital marketing tools 2020 tren digital marketing tools 2020

Source: martechadvisor.com

Untuk menopang inovasi digital seperti marketing utomation platform, ada berbagai digital marketing tool yang bermunculan. Menyongsong tahun 2020, gebrakan tren-tren baru dalam ranah digital marketing tools akan menjadi hal yang menarik untuk disimak. Kira-kira, apa sajakah inovasi yang akan menjadi favorit para digital marketer? Simak 4 tren digital marketing tools 2020 versi DigiAds berikut ini!

1. Google Analytics

Semua digital marketer pasti setuju bahwa Google Analytics merupakan marketing tool terbaik dalam hal analisa bisnis yang dijalankan secara online. Google Analytics mampu memberikan detil paling rinci dari data-data yang berkaitan dengan website sebuah bisnis, mulai dari lokasi traffic, sumber traffic, hingga aktivitas sang user.

[BACA JUGA: Jelang 2020, Inilah 4 Alasan Bagi Para Digital Marketer Manfaatkan Media Sosial]

Hasil analisa Google Analytics dapat dijadikan salah satu patokan bagi bisnis untuk merencanakan dan menjalankan strategi digital mereka. Terlebih, Google merupakan search engine yang paling sering digunakan seantero jagat. Dengan demikian, analytics tool dari Google tidak perlu diragukan lagi kapasitasnya dan sudah pasti menjadi tren digital marketing tools 2020 mendatang.

2. Webmaster Tool

Selain membutuhkan analisa terkait dengan web mereka, bisnis juga memerlukan akses terhadap webmaster tool dari search engine yang ada. Dengan akses tersebut, bisnis dapat melihat keyword  yang terbukti paling efektif untuk bisnis mereka. Data tersebut akan sangat bermanfaat untuk mempersiapkan konten digital bisnis.

Hal yang perlu diingat adalah setiap search engine memiliki webmaster tool tertentu. Sebagai contoh, Bing memiliki Bing Webmaster, lalu Google memiliki Google Search Console.

3. SEM Rush

Di kalangan marketing tool berbayar, salah satu alat yang sering dipilih oleh para digital marketer dan diprediksi akan menjadi tren digital marketing tools 2020 nanti adalah SEM Rush. SEM rush digandrungi oleh para digital marketer karena mampu memberikan insight yang lengkap terhadap kampanye digital yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.

Fitur utama dari SEM Rush adalah penyediaan analisa tentang para kompetitor bisnis. Menggunakan SEM Rush, bisnis dapat mengetahui strategi digital marketing dari para pesaingnya sehingga mampu menyiapkan langkah yang tepat untuk menandinginya.

4. Yoast Plugin

WordPress merupakan platform terbaik untuk membangun optimasi search engine sebuah website karena cara terbaik untuk menaikkan peringkat website di Google adalah dengan melakukan SEO di setiap laman website pada WordPress. Untuk melakukan hal ini, Yoast, sebuah plug-in dari WordPress dapat membantu. Yoast SEO memiliki fitur analisa SEO dari laman-laman web saat laman tersebut disusun. Dengan demikian, proses aplikasi SEO akan jauh lebih mudah.

[BACA JUGA: Official Website, Kunci Penting untuk Tingkatkan Profitabilitas Bisnis]

Itulah 4 tren digital marketing tools 2020 nanti yang diperkirakan akan menjadi primadona bagi para digital marketer. Bagi bisnis yang ingin terus bersaing dengan baik dan merajai pasar digital, keempat digital marketing tools di atas merupakan alat yang wajib diadopsi untuk kemajuan perusahaan. Bisnismu sudah menggunakan digital marketing tools yang mana saja?