video-marketing
Oktober 8, 2019

Video Marketing: Cara Terbaik Bagi Bisnis untuk Rangkul Digital Marketing

By : Bizinsight

Dunia digital telah menjadi kiblat utama dari perkembangan industri periklanan global dalam beberapa tahun belakangan. Berdasarkan hasil prediksi pengeluaran digital advertising dari eMarketer dan IAB Singapore, persentase perkembangan iklan digital di Asia Tenggara menunjukkan kenaikan yang begitu cepat. Pada tahun 2015, periklanan digital 1,38 milyar dollar Amerika sebagai budget-nya, sedangkan di tahun 2020 nanti, prediksi budget yang dihabiskan bisnis di Asia Tenggara untuk iklan digital diprediksi menyentuh angka 2,94 juta milyar.

Di Indonesia, dunia maya juga menjadi pasar dengan pertumbuhan tercepat dalam industri periklanan. Pada tahun 2017, tingkat pertumbuhan digital advertising mencapai 25 persen, dan akan terus bertambah hingga 2020.

Potensi untuk merangkul pasar dunia maya yang mampu menghadirkan profit begitu besar tidak disia-siakan oleh para pelaku bisnis, baik skala besar, menengah, maupun skala kecil. Berbagai tren dalam dunia digital advertising pun menjadi kewajiban yang harus diikuti agar bisnis mampu bersaing. Saat ini, video marketing tengah populer dalam dunia digital advertising.

Data statistik yang disediakan oleh Wyzowl menyatakan bahwa kini sebanyak 63 persen dari para pelaku bisnis yang tersebar di berbagai penjuru dunia telah memulai penggunaan konten video marketing. Para pelaku bisnis menyadari bahwa ada berbagai nilai pada video marketing yang mampu memberikan keuntungan bagi para pengiklan.

Tingkatkan Konversi Keberhasilan Penjualan

Penggunaan video marketing mampu memberikan dampak berupa peningkatan penjualan secara langsung. Video dapat menjadi medium yang paling tepat untuk mempromosikan sebuah produk karena bermain dengan visual, sehingga informasi yang masuk ke otak dapaat dicerna dengan lebih baik. Faktanya, sebagian besar orang yang menonton sebuah video dengan konten yang menarik cenderung membeli produk yang ditawarkan. Efektifitas dalam video marketing ini juga membuat para pelaku bisnis menyadari bahwa video marketing memiliki ROI (return on investment) yang tinggi.

[BACA JUGA: Berkenalan dengan Programmatic Advertising]

Tumbuhkan Kepercayaan Pelanggan

Faktor terpenting untuk menjamin keberhasilan penjualan adalah rasa percaya. Setiap orang ingin diyakinkan terlebih dahulu sebelum membeli produk yang ditawarkan. Konsep dari video marketing mampu mengakomodasi usaha untuk mendapatkan hati para pelanggan. Dengan menyediakan konten video yang baik dan mengedukasi serta menyisipkan estetika dalam video, maka mudah bagi seseorang untuk mempercayai apa yang ditawarkan dalam video tersebut.

Kepercayaan tidak hanya terbangun untuk pelanggan, namun juga untuk search engine dalam internet. Dengan menggunakan video untuk kebutuhan periklanan dan penjualan sebuah bisnis, maka kesempatan untuk muncul di halaman pertama dari Google akan jauh lebih besar. Faktanya, kesempatan sebuah iklan untuk muncul di halaman pertama Google akan menjadi 53 kali lebih baik apabila ada video dalam konten di bagian depan dari website.

[BACA JUGA: Pentingnya Data-Driven Marketing untuk Pemasaran yang Lebih Efisien]

Video Sering Ditonton Melalui Gadget

Banyak orang yang senang menghabiskan waktu mereka dalam perjalanan dengan menonton video melalui perangkat smartphone mereka. Laporan dari YouTube menunjukkan bahwa tontonan konten berbentuk video terus meningkat sebesar 100 persen setiap tahunnya. Karena pengguna smartphone terus bertambah setiap hari, maka audien untuk konten video juga terus meningkat. Karena itulah, video marketing menjadi vital bagi para pengiklan.

Melihat manfaatnya, video marketing dapat menjadi jalan bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan promosi mereka. Dengan konten video yang informatif mengenai produk dan dibalut kreativitas dalam grafisnya, sebuah video dapat memberikan dampak yang besar bagi profitabilitas bisnis.