Oktober 27, 2018

Ideafest 2018: Telkomsel Tawarkan Efektifitas Bisnis melalui Internet of Things (IoT)

By : Bizinsight

BIZINSIGHT, Jakarta— Telkomsel ikut meramaikan gelaran Ideafest Nextdev 2018 yang digelar selama dua harı (26-27/10/2018), di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. 

Sebagai salah satu pendukung utama, pada acara ini Telkomsel membangun kavling khusus bernama Experience Zone and Conference yang di dalamnya terdapat sejumlah booth dan panggung talk show.

Salah satu booth yang ramai didatangi pengunjung adalah Internet of Things (IoT). IoT merupakan salah satu pengembangan teknologi yang membantu perusahaan untuk mengintegrasikan aset perangkat lunak dan kerasnya ke dalam kontrol berbasis digital.

Pada teknologi IoT Control Center misalnya, perusahaan yang menggunakan jasa ini bisa dengan mudah mengontrol aset akses internet terhubungnya.

“Biasanya ada company yang ingin semua connectivity-nya ditutup, seperti Youtube, Facebook, Instagram. Kita juga kasih control center yang memonitor setiap pemakaian (akses internet) dari nomor-nomor (pegawai), data SMS, pemakaian data internet,” kata salah seorang instruktur IoT kepada Bizinsight, Sabtu (27/10).

Ada pula untuk kebutuhan operasional, IoT memiliki teknologi FleetSight yang memberikan kendali penuh atas aset bergerak seperti armada kendaraan bermotor.

Perusahaan yang menggunakan FleetSight akan mudah memantau pergerakan, tipe dan kelayakan kendaraan, rute efektif, hingga perilaku pengendara terhadap armada perusahaan dan melaporkannya ke sistem kontrol secara real time. 

Keuntungan lain yang bakal diperoleh adalah efektivitas dan produktivitas aset. Sehingga, perusahaan yang mengaktivasi IoT FleetSight dapat mengefisiensikan biaya opeasional perusahaan.

Teknologi IoT yang dikembangkan Telkomsel juga telah merambah ke bisnis peternakan. Untuk budidaya ikan misalnya. Peternak dapat mengatur jadwal memberi pakan yang dapat diatur tiap jam, menit, detik, hanya melalui kendali smartphone.

Sebagai salah satu pendukung utama, dalam acara ini Telkomsel juga menggelar penjurian final kompetisi The NexDev 2018. Suatu ajang yang mendorong kaum muda Indonesia agar menjadikan teknologi sebagai sarana untuk menyebarkan dampak positif di masyarakat.