Logo Baru Telkomsel DigiAds/Telkomsel Digiads
Maret 29, 2019

Semangat Baru Telkomsel Digital Advertising

By : Bizinsight

Pada hari Jumat, 22 Maret 2019, Telkomsel Digital Advertising resmi berganti logo dan nama menjadi Telkomsel DigiAds. Perubahan tersebut diumumkan bersamaan dengan digelarnya acara Telkomsel Nextwave di Hotel Westin, Jakarta. Identitas baru ini diharapkan dapat mewakili semangat transformasi Telkomsel DigiAds untuk menjadi layanan periklanan digital yang lengkap, terintegrasi, dan inovatif.

Perjalanan Awal Telkomsel DigiAds

Pada awal 2000, adopsi cepat dari internet dan perangkat seluler mengubah industri periklanan dari konvensional ke media digital. Untuk beradaptasi, pada 2009 Telkomsel meluncurkan layanan baru yang disebut Mobile Advertising. Layanan ini hadir untuk menyediakan media alternatif bagi merek dan pengiklan dengan memanfaatkan jaringan Telkomsel dalam menjangkau pemirsa di seluruh Indonesia.

Dimulai dengan menyediakan Push Messaging Service pada tahun 2009, inovasi terus lahir di dalam tubuh Mobile Advertising. Layanan iklan pun berkembang menjadi lebih luas dengan hadirnya Targeted di 2010 dan Location Based Advertising di 2011. Dilanjutkan dengan Display Ads (2012), Interactive services (2013), hingga Big Data (2014).

Kemudian, layanan Kustomisasi seperti e-Kado dan Kupon pun ikut melengkapi di 2015. Diikuti dengan layanan Beyond Message seperti Frida, adex, dan Internet Baik yang hadi di 2016. Terbaru, iklan berbasis platform teknologi seperti ROLi dan MyAds yang lahir di 2017.

Pada tahun 2018, layanan display banner ads juga diperluas di DMP, MyTelkomsel, MAXstream, dan Loop. Ini menjadi halaman baru dari perjalan panjang bisnis periklanan mobile kami dan sekarang kami sepenuhnya berubah dan muncul sebagai Telkomsel DigiAds.

Logo Baru Telkomsel DigiAds yang Merepresentasikan Semangat Baru

Logo Baru Telkomsel DigiAds/Telkomsel DigiAds

Logo Baru Telkomsel DigiAds/Telkomsel DigiAds

Telkomsel Digital Advertising kini telah berubah menjadi Telkomsel DigiAds. Logo lama yang didominasi bentuk kotak dan warna oranye pun berganti menjadi lebih modern. Logo baru Telkomsel DigiAds kini didominasi warna merah dan memiliki ikon ilustrasi modern dari huruf A. Ikon tersebut terletak di sebelah kiri, sedangkan tulisan Telkomsel DigiAds terletak manis di sebelah kanan.

Nama Telkomsel DigiAds sendiri dipilih agar merek menjadi lebih sederhana dan mudah diingat. Sementara itu ikon grafik berbentuk “A” di sebelah kiri hadir untuk merepresentasikan dua hal. Pertama, untuk merepresentasikan ekosistem produk dan layanan yang ditawarkan yang memungkinkan pelanggan untuk memilih solusi yang tepat sesuai kebutuhan mereka. Kedua, untuk merepresentasikan pertumbuhan bisnis Telkomsel DigiAds yang akan terus tumbuh dan berkembang.

Dengan identitas baru ini Telkomsel DigiAds ingin menjadi Indonesia’s most preferred programmatic media powerhouse dengan media iklan yang luas, inventori terverifikasi, dan teknologi periklanan yang maju. Sebagai pemilik media dengan kapabilitas teknologi iklan yang mumpuni, Telkomsel DigiAds dapat membantu merek dan pengiklan untuk menyelesaikan masalah pemasaran melalui profil pelanggan telco yang komprehensif. Secara holistik, menjadi one stop solution untuk merek dan pengiklan dalam menjalankan strategi pemasarannya.

Telkomsel DigiAds juga telah bermitra dengan pihak ke-3 yang berkualifikasi seperti MOAT, IAS, dan Nielsen. Kerja sama ini dijalin untuk memastikan view-ability rate, keamanan merek, dan penargetan audiens dari setiap hasil iklan dapat diukur dan akuntabel.

Untuk pasar UKM, layanan Telkomsel MyAds juga telah dikembangkan menjadi lebih andal dengan lebih dari 200 juta inventaris iklan Telkomsel dan Telkom. Langkah ini diambil untuk memberi mereka kebebasan dalam mempromosikan produk atau layanan dengan mudah dan tepat sasaran.

Ya, perubahan adalah hal yang normal terjadi di dunia bisnis, termasuk dalam perubahan logo dan nama yang menjadi “wajah” perusahaan. Jika mau ditelusuri, merek-merek ternama dunia pun sudah pernah melakukan hal yang sama. Itu semua dilakukan demi beradaptasi dengan perubahan keadaaan pasar dan permintaannya yang dinamis.

Dengan identitas baru ini, Telkomsel DigiAds akan terus tumbuh menjadi sebuah layanan periklanan digital baru yang lengkap, terintegrasi, dan inovatif yang dapat memaksimalkan jangkauan, efisiensi, dan fleksibilitas. Tidak hanya dengan memanfaatkan jaringan Telkomsel yang luas tetapi juga didukung oleh Platform Manajemen Data pelanggan yang komprehensif. Sementara itu, pasar yang dibidik pun akan menjadi lebih luas ke ranah pengusaha individu dan bisnis berkembang.