Berita Desember 20, 2017

Prediksi Tren Teknologi di Tahun 2018

By : Bizinsight

Beberapa di antara inovasi teknologi yang lahir ke dunia ada yang gagal dan menemui ajal dengan tenang, tetapi tak sedikit pula yang mampu menunjukkan eksistensinya untuk mengubah dunia dan cara kita hidup di dalamnya. Di tahun 2017 ini, inovasi teknologi seperti Artificial IntelligenceInternet of Things, dan Blockchain berhasil merangkak naik dan menjadi salah satu topik perbincangan favorit para pelaku usaha di bidang teknologi untuk menemani waktu minum kopi mereka di sore hari. Dengan semakin mendekatnya penghujung tahun 2017, yang hanya menyisakan hitungan hari, satu pertanyaan pun muncul. Teknologi apa yang akan menjadi tren di tahun 2018 nanti?

Sudah menjadi budaya umum, ketika akhir tahun akan datang, banyak prediksi – prediksi mengenai apa yang akan menjadi tren di tahun berikutnya. Ranah teknologi pun tak ketinggalan dengan budaya ini dan untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kita bisa melihat hasil riset yang diterbitkan oleh firma riset dan penasihat terkemuka Gartner. Setidaknya, ada 10 teknologi strategis yang diprediksikan Gartner akan menjadi tren di tahun 2018 mendatang yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu Intelligent, Digital, dan Mesh.

Gartner prediction / Gartner

Gartner prediction / Gartner

Intelligent

Di kategori ini ada AI Foundations, Intelligent Apps & Analytics, dan Intelligent Things. Dengan ketertarikan terhadap AI yang terus mengalami peningkatan secara stabil, Gartner memprediksikan dalam beberapa tahun ke depan, pada satu titik, aplikasi dan layanan berbasis AI yang mampu mempelajari penggunanya akan terlihat semakin banyak. Perangkat pintar seperti Google Home dan Amazon Echo pun, bukan lagi menjadi sesuatu yang baru ke depannya. Bahkan beberapa perangkat pintar lainnya nanti bakal bekerja secara mandiri tanpa input manusia. Pada kenyataannya, menurut survei terbaru Gartner, saat ini sekitar 59 persen organisasi yang menjadi responden survei pun sudah mulai mengumpulkan informasi untuk membangun strategi AI bagi organisasi mereka sendiri. Sementara sisanya sudah mulai mengadopsi solusi AI.

Digital

Di kategori ini ada Digital Twins, Cloud to the Edge, Conversational Platform, dan Immersive Experience. Perangkat IoT diprediksikan Gartner akan terus bertambah dan di tahun 2020 akan ada lebih 21 miliar sensor-sensor terhubung. Hal ini akan menciptakan “Digital Twins” – representasi digital dari entitas atau sistem dunia nyata yang dapat memberikan nilai baru untuk mengefisiensikan operasional dan wawasan tentang bagaimana produk digunakan dan bagaimana hal itu dapat ditingkatkan. Ledakan ini juga akan mendorong lahirnya komputasi awan yang lebih mutakhir untuk dapat mengatasi beban di pusat data. Di samping itu, Conversational Platform dalam bentuk Chatbot pun akan menjadi pendekatan baru perusahaan yang umum dilakukan untuk memenangkan hati konsumen. Sementara kombinasi teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang disebut Mixed Reality akan memulai babak baru dan menjadi fokus pengembangan dalam lima tahun ke depan menurut Gartner.

Mesh

Di kategori ini ada Blockchain, Event-Driven, dan Continuous Adaptive Risk & Trust. Blokchain adalah disruptive technology yang menjadi salah satu pusat perhatian tahun ini dan diprediksikan Gartner trennya tidak akan berubah di tahun 2018. Sementara itu, dengan AI, IoT, dan teknologi lainnya yang terus berkembang, aktivitas bisnis juga dapat dideteksi lebih cepat dan dianalisis lebih akurat yang mendorong lahirnya solusi teknologi berbasis event. Hal ini juga akan mendorong lahirnya keamanan yang lebih baik melalui pendekatan Continuous Adaptive Risk & Trust (CARTA) karena di era digital seperti sekarang ini, kemanan menjadi salah satu elemen yang wajib diperhatikan. Ancaman ransomware Wannacry, sudah tentu tak ingin terulang lagi di kemudian hari.

[Img Source: Tyler Lastovich / Pexels]