November 19, 2018

Hasil Survei Telkomsel Digiads Mengenai Singles’ Day 11.11 di Indonesia

By : Bizinsight

Festival belanja online serentak pada 11 November lalu terbilang cukup berhasil menarik minat beli masyarakat baik di tingkat nasional maupun regional. Sejumlah marketplace bahkan memecah rekor penjualan dalam gelaran belanja online yang populer dengan istilah Singles’ Day 11.11 itu.

Sebut saja Lazada yang mencatat hingga 20 juta pembeli di Asia Tenggara. Diikuti JD.id dengan peningkatan order mencapai 845 persen. Lalu, masi ada Shopee yang menerima 11 juta pemesanan hanya dalam satu hari.

Di hari itu, pelanggan tidak hanya menikmati keuntungan-keuntungan dari sisi shopping seperti promo besar-besaran dan diskon. Guna menarik kunjungan dan minat beli, berbagai toko online mendesain lamannya guna menghadirkan sisi excitement ke pelanggan seperti fitur interaktif, games, hiburan, kuis, penawaran eksklusif, dan hal menarik lainnya.

11.11 dalam Angka

Lalu bagaimana dari sisi pelanggan? Motivasi apa yang mendorong mereka untuk berbelanja pada 11.11 Singles’ Days? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Telkomsel Digital Advertising (Digiads) melakukan survei yang melibatkan 92.091 responden dari pelanggan yang tersebar di dalam dan luar Pulau Jawa.

Sebanyak 78,3 persen dari total responden mengaku festival belanja online nasional seperti Singles’ Day berhasil menarik minat mereka untuk berbelanja, atau paling tidak mengunjungi lapak e-commerce dengan penawaran yang ‘miring’.

Diskon besar-besaran menjadi promosi yang paling diminati di samping promo buy 1 gets 1 dan cashback. Faktor kemudahan, harga murah, serta banyaknya pilihan juga menjadi dorongan untuk berbelanja online. Sementara kategori produk yang paling banyak dicari dan dibeli masih didominasi pakaian, diikuti elektronik, khususnya smartphone.

Gawai, tidak dipungkiri lagi memang menjadi salah satu kebutuhan cukup penting saat ini. Sehingga e-commerce pun berlomba-lomba memberi penawaran promo khusus pada 11.11. Untuk demografi usia, pembeli milenial masih lebih tinggi dibanding generasi di atasnya.

Survei Digiads Singles’ Day ini merupakan sebagian kecil dari fitur digital marketing yang dapat dimanfaatkan untuk memetakan segmentasi dari pelanggan Telkomsel berdasarkan personalisasi aktivitas internet.

Mulai dari demografi, gender, produk yang disukai, sebaran pengguna suatu produk pada wilayah tertentu, dan segmentasi lainnya yang dapat dimanfaatkan kalangan bisnis untuk melancarkan strategi promo sebagaimana pada 11.11.

Image source: Shutterstock