Manfaat Programmatic Advertising/Pixabay by PhotoMIX-Company
Mei 10, 2019

4 Alasan Utama Mengapa Anda Memerlukan Programmatic Advertising

By : Bizinsight

Banyaknya keunggulan programmatic advertising yang dirasakan seringkali menjadi alasan utama pemasar dan pengiklan untuk mulai membeli media beriklan mereka dengan cara ini. Namun, faktanya, Pubmatic menyebutkan bahwa programmatic ad akan mewakili lebih dari dua pertiga transaksi dari total pengeluaran digital display ad di seluruh dunia pada tahun 2019 ini.

Memang semua orang suka membenci iklan digital, tetapi dia tetap akan hadir dan adopsinya akan terus meningkat. Meski kita suka ide dari mengonsumsi konten tanpa terganggu, tetapi di balik itu semua ada tagihan yang harus dibayar oleh seseorang. Dan programmatic advertising adalah salah satu buah yang lahir dari adopsi iklan digital yang terus meningkat ini.

Lagipula, pemasar hari ini memang lebih baik dengan digital advertising dibandingkan masa ketika semuanya harus dilakukan secara tradisional. Sederhana saja, tidak ada cara nyata bagi mereka saat itu untuk mengetahui apakah iklan mereka efektif. Mereka juga tidak bisa menggali lebih jauh untuk menemukan mekanisme agar bisa lebih dekat dengan target pasar mereka.

Contohnya, Dove ingin menargetkan wanita di rentang umur tertentu untuk menggunakan produk terbaru mereka. Jika tak menggunakan digital advertising, tidak ada cara untuk mengetahui apakah mereka menjangkau pria atau wanita, apalagi rentang usia. Namun, skenario ini sangat berbeda hari ini. Dengan programmatic advertising, pembelian media untuk bisnis menjadi urusan yang tidak rumit, efisien, dan hemat biaya.

Berikut adalah beberapa manfaat programmatic advertising yang bisa menjadi alasan mengapa ini adalah salah satu strategi paling penting yang harus Anda gunakan.

Efektif dan Efisien

Terlepas dari semua hal yang bersifat teknis, programmatic advertising sebenarnya mudah untuk dilakukan. Siapa saja bisa mendaftar di sebuah Demand-Side Platform (DSP) untuk mengelola beberapa akun ad exchange dan data exchange. Setelah itu, Anda bisa mengoptimalkan iklan Anda berdasarkan Indikator Kinerja Utama (KPI) yang ditetapkan, seperti Biaya per Klik (CPC) yang efektif dan Biaya per Tindakan (CPA) yang efektif.
Dengan menggunakan mesin, seluruh proses membeli ruang iklan pun dapat menjadi lebih efisien dan lancar daripada melalui RFP (Request for Proposal). Selain itu, Anda memiliki akses ke inventaris iklan lengkap, karena Anda membeli ruang iklan dari platform tunggal yang memiliki akses ke beberapa bursa.

Dapat Dipersonalisasi untuk Lebih Optimal

Dengan programmatic advertising, pemasar dan pengiklan dapat mengirimkan lebih banyak pesan yang disesuaikan dan dipersonalisasi kepada khalayak berdasarkan real-time data. Dengan demikian, pesan iklan Anda bisa sampai dengan tepat sasaran ke target pasar yang Anda bidik.

Ini karena melalui programmatic advertising Anda akan memiliki akses ke data-data profiling konsumen yang mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, gaya hidup konsumen, minat dan ketertarikannya, perilaku pembelian daring mereka, demografi, dan lain sebagainya.

Real-Time Data dan Insight

Pelaporan dan pengukuran secara real-time adalah impian setiap pemasar dan pengiklan, iya kan? Programmatic advertising menyediakan kemampuan untuk mengukur dengan tepat bagaimana kinerja kampanye atau penargetan secara keseluruhan setelah kampanye diluncurkan. Dengan demikian, Anda dapat mengumpulkan dan menganalisis data secara lebih efisien dan memanfaatkan wawasan ini untuk meningkatkan efektivitas kampanye Anda.

Berbeda halnya dengan iklan tradisional seperti papan iklan, iklan cetak, iklan digital melalui penerbit, dan lain-lain. Anda tidak perlu menunggu sampai akhir kampanye untuk mendapatkan hasil.

Mengoptimalkan Anggaran Iklan

Ketika Anda mendengar tentang otomasi pemasaran, Anda mungkin memikirkan proses otomatis yang dirancang untuk menghemat waktu pemasar. Namun, dengan programmatic advertising, otomatisasi juga menghemat uang bagi mereka.

Programmatic advertising melakukannya dengan menggunakan komponen AI-nya untuk mengoptimalkan iklan berjalan. Sistem sebenarnya “mempelajari” jenis kampanye apa yang akan menawarkan pengembalian terbaik. Pada akhirnya akan menekan CPC (biaya per klik) ke bawah dan, pada gilirannya, meningkatkan ROI Anda.

Singkatnya, pengiklan yang cerdas di seluruh dunia memanfaatkan periklanan terprogram, dan merek besar sangat menyadari nilainya. Adalah adil untuk mengatakan bahwa jika Anda tidak mengalokasikan setidaknya sebagian dari pengeluaran digital Anda untuk iklan terprogram, Anda pasti akan kehilangan kesempatan.