5 Tips Mengenal Pelanggan/DigiAds
Tips Maret 20, 2020

5 Tips Mengenal Pelanggan Bisnis Anda Lebih Baik

By : Bizinsight

Di era digital ini, pendekatan pemasaran one-size-fits-all bisa dibilang sudah kurang sesuai lagi. Dengan lebih banyak mata yang tertuju pada ponsel, kini orang-orang dapat menentukan minat dan apa yang relevan untuk mereka sendiri. Mulai dari kapan mereka lebih terbuka untuk menerima pesan, konten apa yang membuat mereka tertarik, sampai ke pengguna gaya bahasa.

Jika Anda gagal menjangkau pelanggan Anda dengan pesan yang dipersonalisasi dan pengalaman yang disesuaikan, kredibilitas merek dan audience Anda bisa dengan cepat berkurang. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk mengenal pelanggan Anda pada tingkatan yang lebih personal. Bila dijalankan, upaya ini dapat membantu Anda dalam membuat konten pemasaran digital yang lebih baik dan tidak terasa datar seperti segelas cola yang sudah dibuka.

Berikut ini adalah 5 tips mengenal pelanggan bisnis Anda lebih baik lagi di era digital:

Mengumpulkan data yang dapat dianalisis dari berbagai sumber

Di era digital, kita benar-benar berenang dalam data. Jadi, wajar saja bila metrik dan wawasan konsumen memiliki nilai layaknya butiran emas bagi merek yang ingin memahami basis pelanggan mereka lebih mendalam. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk menelusuri sumber data di seluruh touchpoint bisnis Anda.

Sumber data ini bisa didapatkan dari berbagai tempat seperti alat analisis media sosial atau platform data seluler. Di samping itu, Anda juga bisa menambahkan teknologi klasik seperti SMS sebagai sumber data lain. Penggunaan SMS sendiri masih relevan dalam menyampaikan pesan pemasaran karena dapat memperluas cara pelanggan terhubung dengan perusahaan dan menjangkau seluruh lapisan pasar pengguna ponsel saat ini. Bila teknologi ini digabungkan dengan metode pemasaran berbasis data, kapabilitas dalam membidik targetnya pun dapat meningkat.

[Baca juga: Tantangan Pemasaran Berbasis Data dari Perspektif CEO]

Sebagai operator telekomunikasi terkemuka, Telkomsel sendiri telah mengoptimalkan teknologi manajemen data sejak 2014 untuk dapat menghasilkan wawasan tentang perilaku konsumen secara kolektif. Hal ini memungkinkan merek untuk meningkatkan kemampuannya untuk memberikan penawaran yang tepat kepada konsumen.

Para pemilik merek dapat mengoptimalkan metode pemasaran yang dikawinkan dengan pengelolaan data ini lewat berbagai macam solusi layanan di Telkomsel DigiAds. Sebagai bagian dari keluarga besar Telkomsel, DigiAds dapat menghubungkan brand ke lebih dari 160 juta pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia sesuai dengan kebutuhan.

Berdialog dengan pelanggan

Salah satu tips mengenal pelanggan yang tak perlu diragukan lagi adalah dengan berdialog atau memulai percakapan dengan mereka. Ada banyak cara untuk memulai langkah ini. Anda bisa bertatap muka langsung melalui acara kecil atau seminar besar, membalas ulasan positif dan negatif, melalui metode user generated content (UGC), atau dari survei dan jajak pendapat.

Bertemu dengan pelanggan dapat membantu Anda memahami bagaimana mereka terhubung dengan rekan-rekan mereka. Anda juga dapat mendengarkan suara mereka dengan cara yang tidak mengganggu dan mendapatkan wawasan pelanggan secara organik.

[Baca juga: Menjalin Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan Bersama OPT-IN Telkomsel]

Terkait dengan ulasan pelanggan, terlepas di mana ulasan tersebut diposkan, Anda harus tetap memberikan tanggapan. Melakukan hal ini dapat membantu memanusiakan merek Anda. Selain itu juga menunjukkan komitmen Anda pada pengalaman pelanggan dan memberi Anda wawasan percakapan yang lebih banyak lagi.

Sementara itu UGC dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan sambil menawarkan wawasan yang lebih dalam ke benak pelanggan Anda. Sedangkan melalui survei dan jajak pendapat, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan untuk mendapatkan wawasan yang lebih menyeluruh terhadap suatu topik yang spesifik.

Tips mengenal pelanggan dengan menyesuaikan penawaran, diskon, dan insentif Anda

Personalisasi adalah juga merupakan tips mengenal pelanggan Anda lebih baik yang cukup ampuh. Jika Anda memberikan penawaran kepada pelanggan Anda berupa diskon yang disesuaikan, langkah ini cenderung dapat menumbuhkan loyalitas merek. Kalau loyalitas sudah tumbuh, maka Anda memiliki kesempatan untuk mengenal pelanggan lebih baik lagi.

Konsumen di era digital juga lebih banyak berinteraksi dengan merek bila ada penawaran berupa diskon atau insentif yang relevan dan menarik. Kalau sudah begini, pilihan apalagi yang Anda punya? Mulai lah melakukan personalisasi di setiap penawaran, diskon, dan insentif merek Anda.

Agar penawaran ini menjadi lebih efektif, Anda juga harus dapat menjangkau banyak pelanggan dalam waktu yang bersamaan. Salah satu alat terbaik untuk melakukan ini adalah melalui layanan pesan klasik seperti SMS yang dapat menjangkau seluruh pengguna seluler.

Memulai skema loyalitas pelanggan

Tips mengenal pelanggan bisnis Anda lebih baik yang dapat dilakukan adalah dengan memulai skema loyalitas pelanggan. Menciptakan skema loyalitas pelanggan tidak hanya akan meningkatkan tingkat retensi konsumen Anda, tetapi juga akan membuka portal komunikasi berkelanjutan antara merek dan audience Anda.

Skema loyalitas pelanggan ini pun bermacam-macam. Namun, setidaknya ada tujuh skema yang dianggap sudah terbukti dapat berjalan dengan baik. Skema tersebut adalah Point Program, Paid Program, The Charity Program, The Tier Program, Partner Program, The Community Program, dan Subscription Program.

Customer Journey

Berhenti sejenak dan lihat kembali customer journey Anda.

Iya, untuk mengenal pelanggan lebih baik, sering kali Anda harus menempatkan diri di sepatu mereka. Lihat kembali semua touchpoint bisnis Anda yang menjadi tempat pelanggan untuk melakukan kontak dengan bisnis Anda. Mulai dari website, media sosial, media promosi, email khusus konsumen, live chat, dan sebagainya.

Apakah transaksi pelanggan dengan bisnis Anda berjalan mulus? Apakah pengalaman mereka menyenangkan setiap kali mereka berhubungan dengan bisnis anda?

Melakukan peninjauan terhadap customer journey yang Anda punya dalam satu tahun sekali ini penting. Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa menemukan hal-hal apa saja yang dapat ditingkatkan. Kemudian, mencari dan menemukan perangkat lunak/software, platform, atau alat baru/hardware yang dapat meningkatkan perjalanan pelanggan Anda dan mengurangi sumber daya yang dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi penjualan dan pemasaran anda.

Dengan lebih dari 165 juta pelanggan Telkomsel, solusi periklanan digital Telkomsel DigiAds dapat memainkan peran penting bagi pengiklan dalam menjangkau pelanggan target mereka. Profil audience yang tepat dikombinasikan dengan jangkauan efektif menggunakan inventaris telekomunikasi digital memungkinkan pengiklan untuk lebih menargetkan iklan mereka kepada calon pelanggan, sehingga memberikan insight atau wawasan yang lebih baik. Dengan demikian, Anda dapat lebih mengenal pelanggan Anda.

Telkomsel DigiAds akan terus berupaya untuk dapat tumbuh menjadi “digital marketing solutions provider” yang mampu menyediakan layanan periklanan digital yang lengkap, terintegrasi, dan inovatif juga dapat memaksimalkan jangkauan, efisiensi, dan fleksibilitas. Tidak hanya dengan memanfaatkan jaringan Telkomsel yang luas tetapi juga didukung oleh platform Manajemen Data Pelanggan (DMP) yang komprehensif.

Telkomsel DigiAds adalah bagian dari Telkomsel. Hubungi kami melalui email di digitalads@telkomsel.co.id bila Anda tertarik untuk menjadi rekanan. Ikuti kami di media sosial seperti Instagram dan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak tentang insight dan juga kegiatan terbaru kami.