strategi digital marketing efektif
Februari 28, 2019

6 Fundamental untuk Strategi Digital Marketing yang Efektif

By : Bizinsight

Strategi digital marketing yang efektif bisa sangat menentukan keberhasilan Anda dalam mencapai tujuan-tujuan campaign, apalagi dalam ekosistem digital yang begitu dinamis ini. Para pelaku industri yang bermain pun dituntut untuk harus dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi. Dalam artikel Digiads kali ini, kami mencoba menyajikan enam fundamental untuk menjalankan campaign digital marketing secara efektif merujuk ke Digital Marketing Institute dan sumber-sumber kredibel lainnya.

Perencanaan

Agar tujuan-tujuan campaign terpenuhi—atau setidaknya tidak mengecewakan—Anda mesti melakukan perencanaan konten dengan apik. Anda bisa memulai dengan merancang strategi digital marketing dari menentukan audience yang ingin dijadikan target. Di samping itu, penting juga untuk mengukur kapasitas bisnis yang Anda kembangkan sehingga tujuan-tujuan yang ingin dicapai pun bisa ditentukan dengan realistis.

Kemudian, Anda perlu melakukan analisis data mengenai audience yang akan Anda bidik. Untuk hal ini, variabel yang digunakan juga cukup luas. Misalnya, bisa dari intensitas audience dalam mengonsumsi internet, situs favorit, waktu aktif bermain media sosial, dan lain-lain.

Mengetahui segmentasi semacam ini ketika membuat perencanaan akan sangat membantu Anda dalam menentukan konten marketing yang tepat. Misalnya, jika segmentasi Anda adalah anak-anak muda milenial, akan lebih efektif jika Anda melakukan campaign di Instagram, Snapchat, atau Instagram Stories.

Jadwal 

Jika media sosial menjadi platform utama dari strategi digital marketing Anda, maka perlu diingat bahwa setiap platform memiliki karakteristiknya tersendiri. Instagram misalnya, tampilan feed yang sebelumnya berbasis kronologis berubah menjadi basis-algoritma sejak 2016 lalu.

Artinya, yang akan muncul ketika Anda membuka Instagram feed posting “recent” atau terbaru dan yang bertautan dengan relasi atau interest Anda. Jika demikian, Anda tentu perlu mencari waktu yang tepat ketika para pengguna membuka akun Instagram mereka.

Kata Kunci

SEO memang menjadi aspek penting dalam konten digital. Salah satu cara untuk mengoptimaliasi SEO adalah dengan membuat kata kunci (keywords) yang sedang tren atau sangat umum digunakan. Namun, perlu diketahui bahwa konten berkualitas minim juga bisa mempengaruhi brand yang sedang Anda bangun.

Ada banyak kasus ketika kata kunci yang tengah menjadi tren digunakan sebatas untuk mendompleng konten ke permukaan. Ketika ditelusuri ternyata konten tersebut tidak memenuhi standar audience dan bahkan  tidak sesuai dengan kata kunci.

Keywords dalam dunia digital memang penting. Akan tetapi, konten yang Anda tampilkan juga mempengaruhi bagaimana audience atau pelanggan mencitrakan brand Anda. Maka dari itu, lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan kata kunci dan pastikan bersesuaian dengan konten yang Anda buat. Untuk video dan foto, pastikan Anda tidak lupa menggunakan ALT tags, meta deskripsi, dan mengisi nama file. 

Variasi Konten

Meningkatnya pengguna internet serta media sosial di Indonesia membuka peluang luas bagi marketers untuk menyasar lebih banyak audience. Dengan karakteristik media sosial yang variatif, maka hal yang perlu dipikirkan ketika merancang strategi campaign adalah visi multi-platform.

Integrasi konten ke berbagai saluran media sosial telah menjadi tren marketing hari ini. Potensi audience yang bisa menjadi target pun akan lebih beragam. Milenial, ibu rumah tangga, eksekutif, komunitas, semua segmentasi tersebut memiliki memiliki preferensi tersendiri.

Konten juga tidak selalu disajikan dalam format foto dan video pada umumnya. Anda juga bisa merancang konten dalam bentuk e-book, infografis, white papers, memes, dan ide kreatif lain.

Cek Ombak

Setelah konten Anda terdistribusikan di berbagai saluran media sosial, langkah selanjutnya tentu mengamati bagaimana strategi Anda bekerja. Dari pengamatan ini Anda bisa melihat pola yang unik dari masing-masing platform. Bisa jadi konten Anda di Facebook lebih banyak dikomentari ketimbang di LinkedIn atau konten di Instagram Anda memperoleh engagement lebih baik ketimbang di Twitter.

Tidak ada satu resep untuk semua jenis makanan, maka begitu pula dengan campaign digital marketing. Amati lalu rancang strategi digital marketing Anda berikutnya dengan mempertimbangkan catatan-catatan pada hasil pengamatan sebelumnya. Dengan seperti ini, Anda telah berusaha memaksimalkan semua potensi konten Anda yang variatif. Excellent!

Produktif

Bersemangat untuk selalu memproduksi konten baru! Konten yang diproduksi secara berkala dan konsisten membantu Anda memperoleh followers dan reputasi sebagai ahli dalam industri digital marketing.

Namun, setelah tujuan-tujuan tercapai, sangat lumrah kemudian muncul stagnansi dalam produktivitas. Ketika fase hadir, penting untuk diingat bahwa brand yang berhenti memproduksi konten berpotensi kehilangan followers dalam waktu yang relatif singkat.

Untuk mengantisipasinya, buatlah kalender strategis untuk menjadwal tema konten pekanan, bulanan, triwulan, semester, dan seterusnya. Temukan inspirasi menarik dari wawancara atau opini dari CEO industri kreatif, kolumnis digital, atau startup rising star yang sedang on-fire dengan ide-ide inovatifnya.