Broadcast Telkomsel MyAds/Pixabay
Juli 26, 2019

Mempertahankan Loyalitas Pelanggan dengan Layanan Broadcast Telkomsel MyAds

By : digiads

Salah satu tujuan memulai usaha adalah mendapatkan keuntungan dan cara terbaik dalam melakukannya yakni dengan menarik dan mempertahankan pelanggan. Para pelanggan yang loyal terhadap suatu merek pun biasanya dapat menghabiskan 67 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan pelanggan baru. Nah, untuk memfasilitasi Anda mempertahankan loyalitas pelanggan, Anda bisa memanfaatkan layanan Broadcast Telkomsel Myads.

Tetapi bagaimana Anda melakukannya? Bagaimana menjadikan pelanggan yang bahagia dan puas menjadi ambasador merek Anda yang loyal?

Di situlah program loyalitas pelanggan berguna dan Telkomsel dapat memfasilitasinya melalui layanan Broadcast Telkomsel MyAds. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan ketika membuat program loyalitas untuk pelanggan Anda.

Merancang dan Memilih Pendekatan untuk Program Loyalitas

Program loyalitas dimaksudkan untuk mendobrak hambatan antara pelanggan dan bisnis Anda. Ketika Anda merancang program loyalitas, Anda bisa membuat pendekatan yang benar-benar baru atau memilih dari yang sudah ada dan terbukti bekerja. Beberapa di antara pendekatan program loyalitas yang sudah ada dan terbukti bekerja yaitu:

Sistem berbasis poin

Ini adalah metode program loyalitas paling umum dan banyak digunakan oleh pemasar. Pelanggan yang sering bertransaksi dapat mengumpulkan poin dan nantinya poin tersebut bisa ditukar untuk mendapatkan hadiah-hadiah. Baik itu diskon, perlakukan khusus, mendapatkan produk/jasa dengan gratis, dan lain-lain. Namun, untuk mendapatkan poin ini, pelanggan perlu usaha lebih.

Sistem keanggotaan berjenjang

Ini adalah upaya perusahaan untuk menemukan keseimbangan antara imbalan yang dapat dicapai dan yang diinginkan pelanggan. Sistem ini akan menghadirkan hadiah kecil sebagai tawaran awal untuk menjadi bagian dari program. Kemudian mendorong pelanggan melakukan pembelian berulang untuk meningkatkan nilai imbalan mereka saat dia naik ke tangga loyalitas berikutnya.

Program non-moneter

Program ini dapat memberikan nilai kepada pelanggan dengan cara selain uang dan memiliki peluang unik untuk terhubung lebih dalam dengan pelanggan mereka. Namun, ini akan bergantung dari pada industri perusahaan Anda berjalan.

Permainan dan tantangan

Ini adalah pendekatan yang beresiko, tetapi jika dijalankan dengan benar dapat bekerja untuk hampir semua jenis perusahaan. Upayakan peluang untuk menang tidak lebih rendah dari 25% dan persyaratan untuk bermain harus dapat dicapai. Selain itu, pastikan departemen hukum perusahaan Anda siap sedia sebelum mengumumkan kontes kepada publik.

Beban biaya rendah di muka untuk menikmati layanan VIP

Dalam beberapa keadaan, membebankan biaya rendah di awal dan memungkinkan pelanggan melewati hambatan pembelian umum sebenarnya cukup menguntungkan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa dimanjakan oleh Anda karena mereka bisa menikmati layanan premium tanpa harus membayar mahal. Sistem ini biasanya bekerja untuk bisnis yang berkembang dengan pembelian berulang dan sering.

Informasikan Program Loyalitas dengan Layanan Broadcast Telkomsel MyAds

Namun, sebaik apapun rancangan program loyalitas Anda, program tersebut tidak akan berjalan dengan baik jika tidak diinformasikan kepada pelanggan. Salah satu saluran terbaik untuk menginformasikan program loyalitas Anda dengan tepat sasaran adalah melalui layanan Broadcast Telkomsel MyAds.

Layanan ini dapat memfasilitasi Anda untuk mengirimkan informasi secara massal dalam waktu bersamaan ke pelanggan-pelanggan Anda yang memiliki nomor Telkomsel. Dengan Broadcast, Anda dapat mengirimkan pesan iklan Anda dalam bentuk teks atau gambar melalui media SMS, MMS, atau pesan pop-up.

Contohnya, Anda memiliki dan menjalankan bisnis kafe dengan produk kopi lokal sebagai andalan. Untuk menjaga loyalitas pelanggan, Anda menjalankan sistem keanggotaan dengan poin untuk memberikan manfaat lebih kepada para anggota terdaftar. Misalnya seperti diskon gratis satu gelas setiap 10 poin, dsb.

Nah, setiap anggota terdaftar ini juga dengan sukarela memberikan nomor telepon mereka kepada Anda ketika mendaftar. Nomor-nomor telepon ini lah yang nantinya dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan iklan melalui MyAds, khususnya nomor Telkomsel.

Kumpulkan nomor-nomor tersebut dan simpan sesuai dengan format yang ditentukan untuk diunggah (upload) di Myads. Lalu rangkai kata-kata pesan iklan Anda dan kirim kepada pelanggan-pelanggan setia Anda untuk menjaga loyalitas mereka. Bila masih bingung caranya, silahkan mengunjungi laman tutorial buat Iklan Broadcast Telkomsel MyAds.

Agar dapat merasakan dan menikmati sendiri keunggulan layanan Broadcast Telkomsel MyAds tersebut secara maksimal, Anda perlu melakukan pengisian saldo MyAds dahulu. Segera isi saldo Telkomsel MyAds Anda sekarang dan menangkan hati para pelanggan Anda. Kunjungi laman tutorial mengisi saldo untuk melihat instruksi yang lebih jelas.

Telkomsel MyAds adalah layanan yang memfasilitasi pengguna dalam pembuatan dan pemasangan iklan yang ditujukan khusus untuk para pengguna Telkomsel dalam mendukung aktivitas pemasaran. Iklan yang dibuat dapat dikirimkan secara massal (blast/broadcast), spesifik (targeted), atau berdasarkan lokasi tertentu (Location Based Advertising). Sedangkan media yang dapat digunakan untuk pengiriman iklan ada tiga, yaitu SMS, MMS, dan pesan pop-up (USSD).