Segmentasi data/Pexels
Tips Mei 29, 2020

Empat Strategi Memanfaatkan Segmentasi Data untuk Pemasaran

By : Bizinsight

Segmentasi data adalah proses mengambil data yang Anda punya, membaginya, dan mengelompokkan data serupa berdasarkan parameter yang dipilih. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya dengan lebih efisien dalam pemasaran dan operasi.

Segmen data dapat menjadi sangat efektif ketika digunakan dalam upaya pemasaran karena dapat membantu perusahaan lebih memahami pelanggan dan memahami hasil iklan. Contoh Segmentasi Data yaitu jenis kelamin, industri, dan minat.

Berikut ini adalah empat strategi memanfaatkan segmentasi data yang dapat digunakan oleh sebuah bisnis dalam memaksimalkan kegiatan pemasarannya:

Membuat Persona Pelanggan

Segmen data dapat digunakan oleh pemasar sebagai landasan dalam menciptakan persona. Ini adalah representasi imajiner tunggal yang sangat rinci dari satu pelanggan. 

Menciptakan persona juga dapat membantu pemasar dalam menentukan segmen audiens yang berbeda. Setelah itu, memvisualisasikan jenis kampanye yang paling menarik bagi pelanggan dengan preferensi yang berbeda.

Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah, persona pelanggan yang baik tidak dibuat dalam waktu singkat. Persona yang paling efektif dikembangkan berdasarkan wawasan perusahaan dan industri yang unik, penelitian yang tekun, dan pemahaman sejati tentang pembeli ideal Anda.

Personalisasi Pesan Penawaran

Pada umumnya pembeli akan menyukai penawaran yang diberikan oleh perusahaan atau brands. Beberapa di antara mereka ada yang suka dengan penawaran cashback, yang lainnya lebih memilih diskon, ada juga yang suka dengan penawaran khusus di dalam toko.

Segmentasi data dapat membantu pemasar dalam menyesuaikan pesan penawaran yang disesuaikan ke segmen tertentu dari audiens. Segmentasi data juga dapat dikombinasikan dengan pengujian A/B. Dengan begitu, ini dapat membantu pemasar menentukan penawaran optimal, yang akan menarik bagi berbagai jenis pelanggan.

Pemasaran di Kanal yang Tepat

Di era digital ada banyak kanal pemasaran yang dapat dicoba oleh pemasar untuk mendukung kegiatan pemasaran. Ada email, media sosial, banner iklan, atau pesan singkat seperti SMS.

Email adalah salah satu alat pemasaran digital paling kuat yang tersedia sebagai metode menjangkau khalayak luas yang dibagi menjadi beberapa kelompok melalui segmentasi data. Pemasaran email massal memiliki ROI tinggi untuk pemasaran, tetapi kampanye yang tersegmentasi dan terfokus memiliki nilai yang lebih tinggi.

[Baca juga: Tantangan Pemasaran Berbasis Data dari Perspektif CEO]

Kanal pemasaran lain yang memanfaatkan segmentasi data untuk meningkatkan efektivitas dan ROI kampanye pemasaran adalah SMS. Di Telkomsel DigiAds, SMS dapat digunakan sebagai teknologi enabler untuk mengirimkan pesan pemasaran yang tepat kepada segmen audiens yang tepat. Contohnya dapat dilihat dari kerja sama Telkomsel DigiAds dengan salah satu layanan ride-hailing di Indonesia pada Ramadan tahun lalu.

Dengan bantuan dari teknologi profiling pelanggan Telkomsel yang dipadukan dengan strategi kreatif dalam menyampaikan pesan, kegiatan pemasaran ini menghasilkan lebih dari 360.000 impresi dari pelanggan Telkomsel. Dari jumlah tersebut, 15 persennya (lebih dari 56 ribu) melakukan klik pada tautan yang disematkan pada pesan yang diterima. Hasilnya, ada lebih dari 11.000 pelanggan Telkomsel yang melakukan klaim promo dari kegiatan pemasaran ini.

Penargetan Ulang

Penargetan ulang adalah hal yang umum dilakukan oleh pemasar. Biasanya ini melibatkan calon pelanggan yang telah mengunjungi situs web merek atau produk tanpa terjadi konversi.

Dengan memanfaatkan segmentasi data, pelanggan ini dapat dibagi ke dalam kelompok berdasarkan perilaku sebelumnya, produk yang dilihat, data seluler, atau analitik data relevan lainnya. Dengan menggunakan segmentasi data, pemasar dapat menjangkau orang-orang yang telah menunjukkan minat ini, membuat pesan yang menarik, dan mengubahnya menjadi pelanggan potensial.

Akhir kata

Segmen data dapat membantu pemasar memperdalam pemahaman tentang kebutuhan dan harapan pelanggan terhadap merek atau perusahaan. Dengan wawasan ini, upaya pemasaran dapat diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan pesan serta penawaran yang dipersonalisasi.

Pada akhirnya, penggunaan segmentasi data kini menjadi komponen penting dari perangkat pemasaran. Pemanfaatan segmentasi data dapat meningkatkan jangkauan, kualitas, dan nilai kampanye pemasaran.

Sebagai bagian dari keluarga Telkomsel, Telkomsel DigiAds dapat menawarkan segmen audiens yang tersindikasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan brand. Kami mengumpulkan data ini selama bertahun-tahun dan menyegmentasikannya ke khalayak tertentu untuk membantu brand menyampaikan pesan yang tepat kepada konsumen yang tepat

Telkomsel DigiAds adalah bagian dari keluarga besar Telkomsel. Dengan media iklan yang luas, inventori terverifikasi, dan teknologi periklanan yang maju, kami ingin menjadi Indonesia’s most preferred digital marketing solutions provider

Hubungi kami melalui email di digitalads@telkomsel.co.id bila Anda tertarik untuk menjadi rekanan. Ikuti kami di media sosial seperti Instagram dan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak tentang insight dan juga kegiatan terbaru kami.

[Image Source: Pixabay at Pexels]