Empat Tips Pemasaran Modern di Industri Game/Pexels
Tips Maret 30, 2020

Empat Tips Pemasaran Modern di Industri Game

By : Bizinsight

Jaman dulu, gamer punya stereotip sebagai orang buangan sekolah, pemimpi, pemalu, penyendiri yang berjuang masuk ke dunia nyata. Tapi, stereotip itu kini sudah mati karena hampir semua orang menikmati game digital – dari anak-anak, wanita, orang tua, sampai atlet olahraga profesional. Di Indonesia, industri game pun kini tak lagi dipandang sebelah mata. Pemerintah sudah mulai memberikan perhatian lebih untuk membangun ekosistem yang sehat.

Newzoo Insight into Indonesia Games Market Infographics 2019/Newzoo

Newzoo Insight into Indonesia Games Market Infographics 2019/Newzoo

Iya, dunia kita memang sudah berubah menjadi surga bagi para gamers. Menurut laporan Newzoo pada Desember 2019 silam disebutkan bahwa gamer di Indonesia menghabiskan total $1,1 miliar untuk game tahun lalu. Ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar game terbesar di Asia Tenggara.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana pemasar bisa memanfaatkan potensi ini dan memaksimalkan visibilitas merek perusahaannya di Industri game yang sangat kompetitif? Berikut ini adalah lima tips pemasaran modern di industri game yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Gaming influencer

Pemasaran influencer sudah bukan rahasia lagi sebagai tips pemasaran modern di industri game saat ini. Banyak merek besar dari berbagai industri menggunakan jasa mereka di berbagai platform untuk menjangkau audience yang lebih luas. Merek hanya perlu menemukan kemitraan yang tepat dengan influencer yang relevan dan produk mereka pun bisa terlihat lebih baik di mata pasar.

Memang, saat ini, kebanyakan merek yang melakukan pemasaran melalui gaming influencer bisa dibilang masih terbatas pada merek yang berkaitan dengan game. Misalnya seperti merek smartphone, merek pengembang game itu sendiri, atau merek komponen komputer. Namun, bukan berarti tak ada kesempatan bagi merek lainnya untuk mengeksplorasi peluang ini.

Sponsorship

Tips pemasaran modern di industri game yang paling sederhana adalah dengan menjadi sponsor, baik itu untuk sebuah kegiatan, individu, atau tim yang berkaitan dengan dunia game. Dengan perkembangan pesat yang terjadi di industri game, yang sudah semakin terhubung dan sosial, kegiatan sponsorship pun menjadi hal lumrah di sini.

Merek juga bisa merasakan banyak manfaat dengan menjadi sponsor, apalagi bila kegiatan sponsor ini berkaitan dengan sebuah acara besar. Dengan mensponsori sebuah kegiatan, perusahaan bisa meningkatkan brand awareness, eksposure, citra positif, sampai ke interaksi dan menciptakan hubungan langsung dengan konsumen.

Product Placement

Pesatnya perkembangan industri game pada akhirnya membuka peluang-peluang baru dalam periklanan digital. Salah satunya adalah melalui product placement dan ini adalah tips pemasaran modern di industri game yang ingin kami bahas. Memang saat ini terdengar kurang akrab di pasar Indonesia, tapi bukan berarti tak pernah ada yang melakukannya.

Di Jepang, ada game bernama Splatoon 2: Splashfest yang dapat dimainkan oleh semua kalangan dari berbagai usia di perangkat Nintendo Switch. Di tahun 2017, McDonald bekerja sama dengan mereka untuk memasarkan produk kentang goreng dan nuggets yang dapat dipilih oleh pemain pada awal game. Menarik bukan?

Pokemon Go x Starbucks/Pokemon Go

Pokemon Go x Starbucks/Pokemon Go

Contoh lain dari product placement ini juga bisa dilihat dari kerja sama antara Starbuck dengan game Pokémon Go. Pada 2016, Starbucks bekerja sama dengan pengembang Pokémon Go untuk menandai 7.800 lokasi fisiknya di Gyms atau PokéStops di peta AR. Ketika pemain memasuki Starbucks Gym atau PokéStop, mereka bisa melihat iklan Frappuccino edisi terbatas.

Bayangkan di kemudian hari nanti, Anda bisa menempatkan produk terbaru Anda di sebuah game RPG agar bisa dibeli oleh pemain untuk meningkatkan status karakter mereka atau sekedar menjadi penghias di markas.

Mobile Advertising

Tips pemasaran modern di industri game berikutnya adalah dengan memanfaatkan mobile ads. Saat ini, bola mata para pengguna layanan digital lebih banyak tertuju dengan layar ponsel mereka. Jadi, tak ada salahnya juga bila Anda memanfaatkan segala saluran periklanan digital yang ada untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Tidak semua gamer dapat memainkan game favorit mereka setiap waktu. Jadi, jika Anda telah melakukan kerja sama spesial dengan perusahaan pengembang game, ada baiknya juga bila Anda mengingatkan para pemain yang tertidur ini untuk bangun. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini yakni melalui teknologi yang dapat menjangkau semua kalangan pengguna ponsel seperti SMS atau display banner untuk menjangkau para pemain game online.

Sebagai unit bisnis Telkomsel yang fokus pada periklanan digital, solusi periklanan digital Telkomsel DigiAds dapat memainkan peran penting bagi merek dalam menjangkau target pelanggan mereka. Profil audience yang tepat dikombinasikan dengan jangkauan efektif menggunakan inventaris telekomunikasi digital memungkinkan merek untuk lebih menargetkan iklan mereka kepada calon pelanggan, sehingga memberikan insight atau wawasan yang lebih baik. Dengan demikian, Anda dapat lebih mengenal pelanggan Anda.

Telkomsel DigiAds akan terus berupaya untuk dapat tumbuh menjadi “digital marketing solutions provider” yang mampu menyediakan layanan periklanan digital yang lengkap, terintegrasi, dan inovatif juga dapat memaksimalkan jangkauan, efisiensi, dan fleksibilitas. Tidak hanya dengan memanfaatkan jaringan Telkomsel yang luas tetapi juga didukung oleh platform Manajemen Data Pelanggan (DMP) yang komprehensif.

Telkomsel DigiAds adalah bagian dari Telkomsel. Hubungi kami melalui email di digitalads@telkomsel.co.id bila Anda tertarik untuk menjadi rekanan. Ikuti kami di media sosial seperti Instagram dan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak tentang insight dan juga kegiatan terbaru kami.

[Img Source: JESHOOT/Pexels]