kunci memaksimalkan programmatic advertising
Juli 22, 2019

4 Kunci Memaksimalkan Programmatic Advertising untuk Dunia Bisnis

By : Bizinsight

Programmatic advertising kini menjadi buah bibir di kalangan pelaku pemasaran digital. Efisiensi yang ditawarkan membuat para penggiat bisnis baik dari skala kecil hingga raksasa mulai mengadopsi metode pemasaran digital ini. Jika sudah demikian, kunci untuk memaksimalkannya pun akan sangat diperlukan untuk memajukan sebuah bisnis.

Programmatic advertising menjadi cukup populer di pasar Indonesia, mengingat jumlah pemakai internet di tanah air menunjukan angka yang positif. Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8 persen penduduk Indonesia telah terhubung ke internet. Artinya, internet kini menjadi tempat yang paling menjanjikan bagi bisnis untuk mempromosikan produknya.

Baca juga: Peran Artificial Intelligence dalam Programmatic Advertising

Programmatic advertising merupakan salah satu bentuk inovasi dalam dunia periklanan digital yang didukung oleh kemajuan teknologi. Dengan menggunakan metode ini, para pemasar mampu memasang iklan di berbagai macam web dengan bantuan sistem. Bahkan, programmatic advertising menyediakan data yang dapat dijadikan insights terkait target audiens maupun efisiensi pemasangan iklan di kolom atau web tertentu.

Berbagai manfaat yang dijanjikan dalam programmatic advertising memang bisa sangat menguntungkan. Setidaknya, ada 4 kunci memaksimalkan programmatic advertising yang bisa dipertimbangkan agar pemasaran dapat menjadi lebih optimal. Simak ulasan kami di bawah!

Konsep digital marketing yang unik

Meski pada umumnya programmatic advertising disertai dengan fitur canggih, para pemasar digital yang tetap harus menyusun strategi dan konsep pemasaran dengan matang. Di era digital seperti sekarang konsep digital marketing Anda bisa dengan mudah ditiru, lantaran karakteristik internet amat terbuka. Para pemasar digital pun mau tidak mau harus dapat memunculkan ide otentik yang mampu menjadi ciri khas dari sebuah brand.

Teritori pemasaran

Hilangnya batasan ruang dan waktu di internet sebenarnya memiliki sisi positif dan negatif. Meski potensi pasarnya begitu luas, tetapi internet juga dapat digunakan oleh kompetitor. Bisnis dengan segmen pasar spesifik bisa saja akan menemukan persaingan ketat dari kompetitor di area yang sama. Menggunakan programmatic advertising bisa jadi membuat suatu iklan terpasang di web yang sekaligus juga mempromosikan kompetitor. Kunci memaksimalkan programmatic advertising inilah yang harus dilihat dengan jeli oleh para pemasar digital.

Reaksi Konsumen

Selain dengan kompetitor, komunikasi antara produsen dan konsumen pun menjadi lebih dekat di internet. Tentunya, komentar-komentar dan kritik mampu dilontarkan secara langsung ke produsen. Reaksi konsumen inilah yang menjadi kunci memaksimalkan programmatic advertising berikutnya. Para pemasar digital juga harus terampil dan kreatif saat merancang konten dan menentukan iklan yang terpasang dengan bantuan programmatic advertising.

Ketergantungan terhadap teknologi

Sistem mutakhir seperti programmatic advertising sangat bergantung kepada teknologi yang membangunnya. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku bisnis untuk memilih programmatic advertising yang sesuai dengan kebutuhan pemasaran digitalnya. Dengan sistem yang mumpuni, maka menguasai pasar digital bukanlah angan-angan semata.

Baca juga: Glosarium Programmatic Advertising

Itulah 4 kunci memaksimalkan programmatic advertising yang perlu Anda perhatikan. Adakah kunci lainnya untuk memaksimalkan programmatic advertising?