Personalisasi pemasaran/Pexels
September 20, 2019

Lima Tips untuk Personalisasi Pemasaran

By : Bizinsight

Personalisasi pemasaran adalah salah satu strategi penting untuk departemen pemasaran. Strategi ini digunakan dalam meningkatkan relevansi dan keterlibatan konsumen yang pada akhirnya mendorong kepercayaan dan penjualan. Dengan pemasaran yang dipersonalisasi, konsumen dapat merasa diistimewakan dan pengiklan bisa mendapatkan wawasan lebih luas dari target pasarnya.

Dalam setiap customer journey, sebenarnya ada banyak peluang yang bisa dimaksimalkan untuk personalisasi. Mulai dari waktu yang paling mungkin bagi konsumen tertentu untuk terlibat dengan perusahaan, mempersonalisasi konten situs web, penawaran diskon, dan lain sebagainya.

Jika hal ini dilakukan dengan benar, dampaknya bisa segera dirasakan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, hal ini juga bisa membuat pelanggan merasa tidak nyaman.

Melalui artikel ini, kami ingin membagikan lima tips personalisasi pemasaran untuk bisnis tanpa membuat brand Anda menjadi menyeramkan di mata pelanggan.

Mengumpulkan lebih banyak data

Interest segment untuk personalisasi pemasaran/DigiAds

Interest segment untuk personalisasi pemasaran/DigiAds

Semua tahapan personalisasi pemasaran dimulai dari data. Merek yang menggunakan personalisasi harus mengumpulkan data sebanyak mungkin. Hal ini diperlukan untuk membuat persona pembeli agar konten yang dihasilkan lebih baik dan iklan lebih tepat sasaran.

Untuk mendapatkan data tersebut, merek bisa mengembangkan daftar atribut yang ingin ingin dikumpulkan dengan bertanya kepada konsumen. Selain itu, merek juga bisa bekerja sama dengan pihak yang sudah melakukan hal ini.

Sebagai salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 170 juta pelanggan tersebar di penjuru negeri, Telkomsel telah mengoptimalkan pengolahan big data sejak 2014. Lewat pengolahan big data ini, Telkomsel dapat memberikan informasi dan analisis terhadap konsumen secara kolektif.

Informasi ini lah yang dapat dimaksimalkan oleh pemasar melalui layanan Telkomsel DigiAds. Para pemasar dapat memanfaatkan informasi detail tentang perilaku konsumen, terutama dalam penggunaan produk seluler, sehingga dapat merancang strategi yang tepat bagi pemasaran produknya.

Membuat persona pelanggan

Membuat Persona Pelanggan untuk Personalisasi Pemasaran/Source: ezsitebuilders

Membuat Persona Pelanggan untuk Personalisasi Pemasaran/Source: ezsitebuilders

Begitu merek memiliki data yang cukup, mereka dapat mengelompokkan audiens mereka berdasarkan berbagai faktor. Contohnya berdasarkan faktor usia, jenis kelamin, pendapatan, lokasi, minat, hingga kebiasaan belanja seperti frekuensi dan pembelian. Insentif-insentif seperti apa yang mereka respons dengan baik dan apa informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan juga perlu menjadi pertimbangan.

Setelah pemasar memiliki kejelasan tentang persona mereka dapat mulai memperbaiki pesan khusus untuk ditampilkan kepada pelanggan baru dan yang sudah ada. Olahpesan ini harus disesuaikan dengan persona yang ditentukan dengan memenuhi kebutuhan mereka dan pada akhirnya membantu mereka memasuki tahap corong berikutnya.

Salah satu solusi Telkomsel DigiAds yang dapat membantu pemasar dalam membuat persona pelanggan adalah Telkomsel MyAds. Melalui layanan Tergeted, pemasar dapat membidik target pelanggan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan persona yang diperlukan. Informasi selangkapnya dapat mengunjugi laman myads.telkomsel.com/targeted.

Memetakan konten

Memetakan konten/Source: shopify

Memetakan konten/Source: shopify

Namun, jika konten ini tidak dipetakan sesuai dengan minat dan kebutuhan spesifik setiap persona, konten ini tidak akan dilihat atau dibagikan dan tentu saja tidak akan menghasilkan duta merek apa pun. Ini berarti pemasar harus mengidentifikasi konten apa yang akan menjadi minat unik untuk setiap persona dan memetakan minat ini menggunakan diagram.

Dalam diagram pustaka konten Anda, petakan minat konten mereka ke siklus hidup pembeli Anda. Konten apa yang paling menarik bagi pembeli Anda dan paling berguna dalam memelihara mereka di corong konversi di setiap interaksi? Apa yang memicu penyebaran konten itu? Gunakan peta ini sebagai panduan untuk membantu merencanakan produksi, inventaris, dan penyebaran konten Anda.

Membuat konten yang dipersonalisasi

Membuat konten yang dipersonalisasi/Rawpixel in Pexels

Membuat konten yang dipersonalisasi/Rawpixel in Pexels

Langkah ini, pada gilirannya, memungkinkan merek untuk memenuhi tujuan asli: Konten yang dipersonalisasi. Setelah memetakan konten dan persona yang ingin digunakan untuk tujuan pemasaran, kini waktunya kreativitas yang lebih berbicara.

Anda dapat mengirimkan konten di berbagai saluran dalam berbagai bentuk, baik itu artikel, video, maupun podcast. Namun, bila konten Anda tidak datang di waktu yang tepat, jangan kaget bila konten Anda diabaikan.

[Baca Juga: Memenangkan Hati Konsumen dengan Telkomsel Contextual Advertising]

Salah satu cara agar konten dapat tiba di waktu yang tepat adalah dengan mempertimbangkan mikro momen. Sederhananya, ini adalah keadaan yang dapat dijadikan landasan oleh sistem untuk mengirimkan iklan yang sesuai kepada pelanggan berdasarkan suatu aktivitas tertentu.

Memodifikasi teknologi yang digunakan

Memodifikasi teknologi untuk personalisasi pemasaran/Rawpixel in Pexels

Memodifikasi teknologi untuk personalisasi pemasaran/Rawpixel in Pexels

Terakhir, pemilik bisnis harus memastikan platform teknologi yang digunakan mampu menangani data, segmentasi dan otomatisasi yang dibutuhkan dalam strategi marketing. Teknologi yang tepat akan sangat menghemat waktu dalam pemrosesan data konsumen yang cukup banyak.

Anda juga bisa membuat landing page menarik yang sesuai dengan kepribadian target konsumen. Lakukan modifikasi terhadap gambar, pesan, dan desain yang disuguhkan dalam website.

Jika semua berjalan dengan baik, jangan lupa untuk follow up konsumen yang telah melakukan transaksi pada bisnis Anda. Bisa dengan memberikan informasi produk terbaru, libatkan dalam event, memberikan diskon dan promo atau sekadar menyelipkan catatan terima kasih. Ini akan membuat konsumen merasa dihargai.

Personalisasi pemasaran dapat membuka celah yang cukup luas bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan usahanya. Mereka yang berhasil menerapkan konsep ini dengan baik dan mampu memanfaatkan semua teknologi yang relevan akan mencapai keunggulan.

Sebagai bagian dari keluarga besar Telkomsel, DigiAds memiliki media iklan yang luas, inventori terverifikasi, dan teknologi periklanan yang maju yang dapat mendukung personalisasi pemasaran bisnis Anda. Kami mengemban misi untuk menjadi Indonesia’s most preferred programmatic media powerhouse. Hubungi kami melalui email di digitalads@telkomsel.co.id bila Anda tertarik untuk bermitra dengan kami. Ikuti media sosial kami di Instagram dan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak tentang insight dan juga aktivitas terbaru kami.