strategi video marketing yang efektif
Tips Oktober 11, 2019

Strategi Jitu Mempersiapkan Video Marketing yang Efektif

By : Bizinsight

Pertumbuhan berbagai sektor industri saat ini berkiblat kepada inovasi dan tren teknologi yang terus berkembang dengan begitu cepat. Salah satu industri yang merasakan besarnya peran teknologi dalam memberikan efisiensi sekaligus memenuhi tuntutan pasar adalah industri marketing. Kini, kiblat industri periklanan mengarah kepada dunia maya.

Setelah iklan digital menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir, kini giliran video marketing yang sedang menjadi primadona di kalangan para marketer. Perusahaan dari berbagai skala bisnis berlomba untuk menyajikan konten video yang menarik untuk satu tujuan, menggaet pasar yang lebih luas.

Data State of Video Marketing Survey milik Wyzowl menunjukan bahwa, pada tahun 2018, 81 persen dari perusahaan di dunia menggunakan video untuk kepentingan marketing. Persentase yang menunjukan perkembangan yang luar biasa mengingat tingkat penggunaan video untuk memasarkan produk hanya mencapai 63 persen. Data dari sumber yang sama juga menyatakan bahwa sebanyak 81 persen dari keseluruhan orang yang menonton video marketing memutuskan untuk membeli produk atau memakai jasa yang diiklankan.

Video marketing dalam industri iklan menawarkan banyak kesempatan bagi sebuah perusahaan untuk terkoneksi dengan pasar yang luas. Tidak hanya itu, hubungan yang lebih intim antara produk dan calon pembeli juga dapat dibangun dengan baik melalui promosi dengan video, karena ada sajian gambar, suara, dan Bahasa tubuh dalam sebuah konten video. Oleh karena itu, setiap detil dari konten video untuk periklanan harus diperhatikan dengan seksama.

Faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat sebuah perusahaan ingin memasarkan produk atau jasanya dengan video marketing bukan hanya dalam segi konten saja. Diperlukan strategi yang baik agar hasil dari konten video tersebut memberikan dampak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Berikut ini merupakan tiga strategi video marketing yang efektif, silahkan disimak!

1. Segmentasi Pasar

Hal pertama yang perlu dijadikan bahan pertimbangan saat membuat konten video untuk pemasaran adalah pasar yang dituju untuk produk dan jasa tersebut. Sebuah brand memang harus berfikir visioner dengan merangkul sebanyak-banyaknya calon pelanggan. Namun, idealnya, diperlukan adanya segmentasi pasar sehingga video marketing menjadi lebih efektif.

[Baca juga: Kenali Potensi dan Efektivitas Influencer Marketing bagi Bisnis]

Dengan adanya segmentasi pasar, maka menyiapkan konten video untuk pemasaran akan menjadi lebih efektif. Tema dan pesan yang diangkat dapat dicocokan dengan selera dari pasar yang dituju, dan berujung kepada kecocokan dengan pasar. Dalam tahapan ini, para pengiklan digital perlu melihat channel mana yang banyak digemari target pasarnya, cara komunikasi yang tepat, beserta tantangan untuk menyampaikan nilai dari iklan video tersebut.

2. Membuat Konten Berkesinambungan

Setelah mengetahui pangsa pasar yang dituju, strategi video marketing yang efektif berikutnya adalah membuat kesinambungan setiap konten video yang akan dirilis. Wajib hukumnya bagi setiap perusahaan untuk konsisten dalam hal digital branding mereka. Ciri khas harus selalu menjadi hal utama saat membuat video marketing, sehingga orang-orang yang menonton akan langsung menyadari sebuah brand saat menonton iklannya.

[Baca juga: 4 Kekeliruan yang Harus Dihindari dalam Memilih Influencer Marketing]

Topik dan tema yang disampaikan dalam sebuah video marketing juga harus jelas dan tepat sasaran. Merilis video untuk pemasaran artinya siap berkompetisi untuk memperebutkan perhatian para calon pelanggan. Durasi dalam video marketing jadi hal yang perlu dipertimbangkan karena tentunya semua pengiklan ingin videonya ditonton hingga usai.

3. Menyajikan Emosional Konten

Langkah terakhir dalam menyusun strategi untuk video marketing adalah kemampuan sebuah konten video untuk menyajikan cerita yang mampu menggugah hati para pelanggan. Ada berbagai cara yang bisa dipakai untuk menyampaikan cerita dalam video, misalnya menggunakan testimonial kepuasan pelanggan, menjelaskan tren, memperlihatkan proses, hingga cerita yang menginspirasi.

Saat sebuah perusahaan mengaplikasikan strategi video marketing yang efektif, maka mengambil hati pelanggan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Keberhasilan tersebut akan berujung kepada peningkatan hasil penjualan produk dan jasa yang ditawarkan.