StratupStockPhotos/Pixabay
Juni 8, 2018

Tetap Relevan di Tengah Pemasaran Digital yang Terus Berevolusi

By : Bizinsight

Dunia pemasaran akan selalu bergerak beriringan dengan perubahan tren di setiap zaman, baik itu dalam hal pendefinisian maupun pelaksanaan. Di era digital seperti sekarang, konsumen pun memiliki kekuasaan di ujung jarinya. Hanya dengan menggeser, menggulir, dan memilih untuk melewati, konsumen kini memilki otoritas tinggi dalam memilih cara untuk berinteraksi dengan sebuah konten. Hal ini membuat pemasaran tradisional menjadi kurang efektif dan relevan dalam menangkap target pasar. Jadi, apa yang harus dilakukan pemasar agar tetap dapat memegang kemudi di era digital?

Pada dasaranya, bisnis yang paham betapa cepatnya tren pemasaran berevolusi biasanya sudah mulai merancang strategi pemasaran sedini mungkin di awal tahun. Ada yang fokus pada media sosial sebagai kanal pemasaran digital karena percaya bahwa ini adalah saluran paling efektif. Ada juga yang lebih memilih pemasaran melalui email.

Namun, terlepas dari saluran mana yang lebih dipilih, bisnis yang ingin berkembang sebenarnya tidak dapat bertahan bila hanya mengandalkan satu kanal yang sudah terbukti berhasil saja. Mereka harus mau selalu mencari tren pemasaran baru dan memahami bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi bisnis yang dijalankan. Di samping itu, untuk menjaga agar bisnis Anda tetap relevan di era digital ini, Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

Rangkul Para Millennial dan Generasi Muda

Generasi millennial adalah pasar yang besar dan kuat. Merangkul mereka dapat menjadi kunci jika Anda ingin sukses di dunia digital saat ini, terutama melalui penggunaan perangkat seluler dan media sosial. Bila bisnis Anda beroperasi di Indonesia, ini bisa menjadi langkah yang tepat karena Indonesia diprediksi akan memiliki bonus demografi sampai tahun 2030. Ini adalah masa transisi ketika penduduk berusia produktif semakin banyak jumlahnya jika dibandingkan dengan penduduk yang memasuki usia tidak produktif.

Di samping menjadikan para generasi muda ini sebagai target pasar, Anda juga perlu merangkul mereka sebagai “rekan”. Akui saja, seiring dengan waktu yang terus berjalan, bisnis Anda akan semakin “tua”. Anda akan membutuhkan jiwa-jiwa muda untuk menghidupkan kembali usaha Anda dan meledakan ide-ide kreatif yang tidak hanya sejalan dengan visi perusahaan tetapi juga diminati oleh target pasar Anda.

Memberdayakan Karyawan untuk Berbagi dan Berkolaborasi

Pemasaran di era digital sudah seperti “tim olahraga” yang selalu berkompetisi dengan ketat. Oleh karena itu membentuk lingkungan yang menghargai komunikasi terbuka di tubuh perusahaan menjadi hal yang esensial agar inovasi bisa tercipta. Sangat penting juga bagi pemasar untuk mengenali kebutuhan akan berkolaborasi, terutama dengan para spesialis sistem informasi. Di era digital seperti sekarang ini, informasi sangat mudah didapatkan. Namun, value added yang diberikan oleh tim pemasaran lah yang akan dapat membuat perbedaan.

Di samping itu, anda juga perlu menyadari bahwa karyawan Anda mungkin lebih berpengaruh daripada yang Anda sadari. Mereka dapat berkontribusi secara signifikan terhadap upaya pemasaran konten Anda bila mereka aktif secara sosial. Orang-orang yang terhubung dengan karyawan Anda adalah orang-orang yang telah “setuju” untuk menerima informasi perusahaan Anda. Selain itu, besar kemungkinan mereka bisa menjadi pasar yang sangat relevan dengan bisnis Anda.

Menembus Kebisingan Internet dengan Konten Kreatif

Di era digital sekarang ini, konsumen telah dibombardir oleh ribuan informasi dan terlalu sering dipaparkan model pemasaran hard selling. Dampaknya, konsumen menjadi lebih pandai dan tak mau menelan mentah-mentah informasi yang diterima.

Agar konten pemasaran yang dibuat dapat menjadi lebih menonjol dibanding dengan yang lain, pemasar perlu merangkul strategi customer-centric. Pelajari apa yang diinginkan pelanggan Anda pada waktu tertentu yang mereka inginkan, kemudian layani dengan cerita dan konten yang relevan. Jangan takut juga untuk bereksperimen dan bermain dengan emosi mereka sampai menemukan formula yang pas untuk menjangkau konsumen Anda di tengah kebisingan yang ada.

Merangkul Perubahan Tren Teknologi

Tak dapat dipungkiri, pesatnya perkembangan teknologi telah berhasil membentuk kehidupan dan mempengaruhi perilaku kita dalam banyak cara. Bila para pemasar tidak mau merangkul perubahan yang terjadi, bukan tidak mungkin produk yang dipasarakan mereka akan ditinggal dan mati dengan tenang.

Di tahun 2018 ini, sudah ada banyak prediksi yang membahas teknologi apa saja yang akan menjadi tren ke depannya dan harus mulai diperhatikan. Namun, teknologi-teknologi canggih tersebut masih jauh dari tahap penggunaan praktis. Banyak potensi yang masih harus digali dari teknologi-teknologi canggih seperti blockcahin, artificial intelligence, dan lain sebagainya.

Di tahun 2018 ini, sebenarnya pemasar hanya perlu fokus pada beberapa perkembangan pemasaran yang menarik yang telah tumbuh pada tahun 2017. Contohnya, perangkat mobile, location based advertising, video, dan kustomisasi konten.

Di Telkomsel Digital Advertising, Anda bisa merangkul keempat perkembangan tren pemasaran tersebut. Anda bisa mengirimkan pesan iklan Anda secara langsung ke perangkat mobile pelanggan Anda melalui jaringan pelanggan Telkomsel bersama kami. Pesan Anda pun dapat di kustomisasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, setiap pelanggan dapat menerima pesan yang relevan sesuai dengan profil mereka.

Bila Anda ingin menyampaikan pesan berdasarakan lokasi, Anda bisa mencoba layanan Telkomsel MyAds yang merupakan salah satu inventori Telkomsel Digital Advertising. Selain itu, masih ada aplikasi ROLi yang dapat menyampaikan pesan iklan video Anda kepada pelanggan millennial Telkomsel. Untuk bertanya lebih jauh mengenai layanan Telkomsel Digital Advertising, Anda dapat mengirim email ke digitalads@telkomsel.co.id

[Img Source: StartupStockPhotos/Pixabay]