tips mengelola website
Desember 2, 2019

5 Tips Mengelola Website untuk Kenyamanan Pelanggan Bisnismu

By : Bizinsight

Para pelaku bisnis yang memanfaatkan dunia digital sebagai “lapak” untuk memasarkan produknya pastinya memahami pentingnya memiliki website resmi untuk produk barang dan jasa yang mereka jual. Membuka dan mengelola website resmi merupakan sebuah hal yang wajib dimiliki oleh bisnis agar mampu bersaing di pasar digital karena bisnis tidak bisa menggantungkan rangkulan marketplace saja.

Dengan memiliki website resmi sendiri, branding dari produk yang ditawarkan akan terlihat semakin eksklusif dan profesional. Para pelaku bisnis juga dapat menghindari persaingan harga yang kerap terjadi di marketplace. Selain itu, strategi penjualan seperti penerapan potongan harga, launching  produk teranyar, dan agenda flash sale dapat dilakukan kapan pun tanpa harus menunggu tanggal cantik.

Manfaat yang diberikan dari mengelola website resmi terbukti mampu mendongkrak penjualan. Tidak hanya itu, sebuah bisnis dapat melebarkan sayapnya lebih luas saat membuka website sendiri. Lalu kira-kira, bagaimanakah sebuah bisnis dapat mengelola website resmi dengan baik? Apa saja ya langkah-langkah yang perlu dilakukan bisnis untuk mempersiapkan website milik mereka?

Sebuah survey yang dilakukan oleh Namagoo pada tahun 2017 silam menunjukkan sepuluh faktor yang dapat memberikan pengalaman belanja secara online menjadi semakin baik, yaitu: gambar produk yang jelas, review produk, deskripsi produk yang jelas, kemudahan check out, kemudahan dalam mencari barang, navigasi yang sederhana, dapat dilihat melalui smartphone, pilihan pembayaran yang beragam, keramahan toko, dan adanya video mengenai produk.

tips mengelola website

Source: statista.com

Berdasarkan hal-hal tersebut, ada 5 tips mengelola website yang dapat diterapkan untuk bisnis mereka.

1. Desain website yang menarik perhatian

Tips mengelola website yang paling utama adalah fokus terhadap desain yang menarik, karena salah satu faktor yang paling mempengaruhi para calon pelanggan yang berbelanja secara online adalah tampilan website itu sendiri. Oleh karena itu, tampilan website harus bagus dan menarik perhatian. Desain yang sederhana dengan sistem interface yang ramah dengan pelanggan adalah kunci untuk mengambil hati para calon pembeli.

2. Mudah diakses

Menciptakan kemudahan dalam mengakses website merupakan tips mengelola website yang kedua. Semakin mudah akses menuju website, maka akan semakin banyak juga orang yang berkunjung ke laman website. Salah satu hal yang dapat dilakukan para pelaku bisnis untuk memastikan bahwa website miliknya mudah diakses adalah dengan menentukan alamat website yang singkat dan mudah diingat.

3. Foto produk yang jelas

Para calon pelanggan online tentunya ingin mendapatkan gambaran akan produk yang diincar secara terperinci. Karena itulah, para pemilik bisnis harus memajang konten foto produk dengan kualitas terbaik sehingga setiap detail dari produk tersebut terlihat dengan jelas. Ada baiknya juga bagi bisnis untuk memberikan deskripsi dari produk untuk melengkapi foto produk yang dipajang.

[BACA JUGA: Official Website, Kunci Penting untuk Tingkatkan Profitabilitas Bisnis]

4. Testimoni dari pelanggan

Testimoni atau rekomendasi dari orang yang telah membeli produk merupakan salah satu hal paling krusial yang harus ada di setiap website resmi. Keberadaan testimonial sangat besar pengaruhnya terhadap kepercayaan dari para calon pembeli yang sedang berencana untuk membeli.

5. Informatif

Website yang baik tidak hanya mampu menarik perhatian dengan desainnya, namun juga lengkapnya informasi mengenai produk dan penjual di dalamnya. Ada baiknya para pengelola website untuk terus melakukan pembaharuan informasi mengenai ketersediaan produk, informasi produk baru, hingga perkembangan bisnis di website sehingga para pelanggan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Kelima tips mengelola website ini dapat diterapkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera bangun website resmi untuk bisnismu!

[BACA JUGA: Pahami SEM dan SEO untuk Optimalkan Strategi Pemasaran Digital]