tips mengoptimalkan conversion rate
November 8, 2019

Tiga Tips Mengoptimalkan Conversion Rate

By : Bizinsight

Salah satu faktor krusial dalam menentukan keberhasilan sebuah kampanye iklan maupun desain web atau aplikasi adalah conversion rate. Tingkat konversi yang tinggi dapat menjadi acuan bahwa penawaran dalam iklan atau desain sebuah web itu mudah dipahami sehingga orang-orang dapat mencapai tujuan akhirnya. Tujuan akhir ini bermacam-macam, dapat berupa pembelian barang, berlangganan newsletter, atau pendaftaran keanggotaan.

[Baca juga: Tantangan dan Kunci Digital Advertising 2019]

Istilah converion rate sendiri menjadi semakin populer sejak tren digital marketing kian menunjukkan efisiensinya untuk meningkatan penjualan. Dengan perkembangan teknologi, para pemasar pun kini memiliki banyak pilihan untuk menyetir tingkat konversi mereka menjadi lebih baik. Melalui artikel ini, kami ingin membagikan tiga tips mengoptimalkan conversion rate yang dapat dilakukan oleh pemasar.

Landing Page yang Eye-Catching

Tips mengoptimalkan conversion rate yang pertama, Anda perlu memperhatikan landing page. Landing page atau halaman utama pada website merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan conversion rate. Alasan utama yang membuat landing page menjadi begitu penting adalah karena desain yang baik, simple namun on-point dari landing page terbukti efektif untuk membuat para calon pelanggan mengambil keputusan membeli atau men-subscribe produk tersebut. Para digital marketer harus memberikan perhatian lebih saat mendesain landing page untuk conversion rate yang lebih tinggi.

[Baca juga: Tips Menghadapi Kompetisi Industri Digital Advertising 2019]

Call-To-Action

Call-To-Action (CTA) merupakan promosi berbentuk teks, gambar, atau tombol yang digunakan sebagai “jalan pintas” para calon pelanggan menuju ke landing page. Keefisiensian CTA biasanya disesuaikan dengan tipe platform. Pada blog, tipe CTA yang efektif biasanya berupa teks atau gambar, sedangkan platform yang lebih kasual seperti media sosial biasanya menggunakan tombol yang lebih menarik seperti fitur swipe up dan lain sebagainya.

Pop Up Advertisement

Selain menggunakan CTA, conversion rate dapat ditingkatkan dengan menggunakan pop up. Fitur pop up adalah iklan yang muncul saat syarat yang ditetapkan pada sebuah platform terpenuhi. Varian pop up seringkali ditemui di berbagai website dan platform. Di YouTube, iklan pop up akan muncul ketika seseorang melewati durasi video tertentu, sedangkan di kanal-kanal berita digital, iklan pop up muncul saat kita melakukan scroll  ke bawah sambil membaca berita.

Optimalisasi conversion rate harus menjadi prioritas dari setiap digital marketer yang ingin kampanye digital mereka “laris” di pasar. Tiga tips mengoptimalkan conversion rate di atas akan membantu Anda untuk menghasilkan conversion rate yang memuaskan.