Tips Memulai Programmatic Advertising Campaign yang Sukses/Shutterstock
Mei 27, 2019

Memulai Campaign dengan Programmatic Advertising

By : Bizinsight

Programmatic advertising adalah proses otomatis untuk memfasilitasi aktivitas jual dan beli inventaris/slot/ruang beriklan melalui bursa yang menghubungkan pengiklan dengan penerbit. Programmatic sendiri telah menjadi buzzword di dunia marketing lebih dari satu dekade lalu dengan tren yang berkembang positif dari tahun ke tahun.

Namun, bagi yang baru terjun ke pemasaran digital, tak mudah untuk langsung memahami dan mengaplikasikan programmatic advertising. Salah satu kendalanya adalah kompleksitas dari programmatic ad itu sendiri. Selain itu juga berbagai istilah teknis yang pada akhirnya malah mengaburkan pengertiannya.

Jadi, dari mana harus memulainya?

Hal pertama yang harus dilakukan tentu dengan mulai meraba dan memahami apa itu programmatic advertising. Bagaimana dia bekerja, baik itu dari sisi konsumen maupun para pemainnya. Sementara pemahaman terhadap istilah-istilah teknis itu akan mengikuti seiring dengan berjalannya waktu.

Jika sudah mulai memahami apa itu programmatic ad, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan media buying. Iya, terjun langsung untuk mencicipi kemampuan programmatic ad adalah cara paling ampuh untuk memahami programmatic itu sendiri. Mau bagaimanapun juga, pengalaman adalah guru terbaik bukan?

Dengan teknologi yang terus berkembang, pemasar sekarang dapat meningkatkan kualitas kampanye mereka secara real-time. Ini adalah daya tarik besar dari programmatic ad. Karena dengan penawaran waktu nyata (RTB), pengiklan membayar untuk konsumen yang ingin mereka jangkau daripada berharap untuk menjangkau mereka. Dengan demikian, hal ini memberi Anda kendali penuh atas kampanye Anda.

Tips untuk Programmatic Advertising Campaign yang Sukses

Programmatic Advertising Campaign To-Do-List/Shutterstock

Programmatic Advertising Campaign To-Do-List/Shutterstock

Untuk memastikan Anda membuat kampanye terbaik, penting untuk membuat daftar jenis kampanye yang ingin Anda jalankan. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diketahui sebelum memulai melakukan kampanye programmatic ad yang kami rangkum dari Seer Interactive dan Google.

1. Tetapkan Tujuan Kampanye

Selalu kaitkan tujuan kampanye Anda dengan tujuan bisnis yang relevan. Apakah itu untuk Branding initiative, Lead-based Campaign, Conversion-based Campaign, atau lainnya. Dengan demikian, Anda tahu ada di mana garis akhirnya.

2. Tentukan Anggaran

Para pemain programmatic ad pasti memiliki harga minimum untuk layanan mereka. Mengetahui informasi ini bermanfaat dalam menentukan anggaran pemasaran Anda untuk memulai programmatic advertising campaign. Di samping itu juga akan berperan dalam memilih mitra rekanan yang akan Anda ajak bekerja sama.

3. Riset Wawasan Target Pemirsa Anda

Anda tidak akan pernah tahu terlalu banyak tentang target pemirsa Anda. Jadi, ini harus menjadi tugas utama Anda saat memulai setelah menentukan tujuan dan anggaran. Namun, Anda juga tidak perlu melakukan semuanya sendiri. Programmatic Ad buying yang dikombinasikan dengan teknologi otomatisasi dan pembelajaran mesin dapat membantu Anda memantau kampanye yang sukses di masa lalu dan menggunakan wawasan tersebut untuk mengembangkan yang baru dengan dampak yang sama kuatnya.

4. Buat cerita yang menarik

Alat pemasaran terprogram dapat membantu Anda menjadi lebih efisien. Namun, kisah/cerita yang menarik lah yang memandu pengguna melalui perjalanan pembelian. Karena itu, jangan lupa untuk mendedikasikan waktu untuk membuat materi iklan yang menarik. Lagipula, kecil kemungkinannya bahwa komputer dapat mengalahkan Anda di area ini – yang membutuhkan sentuhan manusia. Bagaimanapun juga, bukankah ini tahap paling menghibur dalam mengembangkan kampanye pemasaran?

5. Menerapkan cross-channel marketing

Pelanggan yang haus akan kualitas saat ini meminta variabilitas produk, layanan dan pengiriman cepat. Tidak sesederhana itu untuk mengikuti tuntutan yang terus meningkat. Karena itu, sertakan metode lintas saluran ke dalam programmatic advertising campaign Anda untuk menjangkau sebanyak mungkin pelanggan yang relevan dalam waktu nyata.

6. Mengintegrasikan berbagai perangkat

Semakin banyak perangkat memungkinkan jangkauan dan fleksibilitas yang lebih besar. Dengan programmatic video ad dan programmatic tv ad buying, Anda dapat menjangkau sekelompok pelanggan baru yang potensial di TV dan tampilan video di ruang publik yang terbuka. Anda juga dapat membuat kampanye di sekitar layar paling menguntungkan seperti ponsel dan tablet yang kini menjadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari.

7. Tetapkan Waktu Penerbitan Kampanye

Dengan memberikan waktu penerbitan programmatic advertising campaign, artinya Anda memberikan waktu untuk memahami berapa banyak yang Anda bayarkan untuk mendapatkan jumlah X dari bulan/minggu kampanye. Hal ini dapat nantinya dapat membantu ketika mengukur kinerja kampanye Anda.

8. Ukur

Untuk menerjemahkan customers touchpoint yang paling bermanfaat dengan merek Anda ke dalam keputusan pembelian, Anda harus memiliki akses cepat ke data real-time. Ini adapat membantu Anda dalam bertindak berdasarkan wawasan yang dikumpulkan tanpa ragu-ragu. Programmatic ad buying melampaui tampilan dan klik iklan. Jadi, kumpulkan dan analisa data agregat berdasarkan semua informasi pribadi tentang pelanggan Anda. Maka Anda akan dapat mengekstraksi data berharga dan menggunakannya untuk atribusi berbasis data tentang kampanye, kata kunci, dan iklan paling sukses di banyak merek bisnis.

Take away

Di samping langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa hal lain juga yang perlu Anda perhatikan ketika akan memulai perjalanan programmatic advertising campaign Anda. Beberapa di antaranya yaitu ad fraud dan brand safety. Kedua hal ini erat kaitannya dengan mitra atau perusahaan rekanan yang Anda pilih untuk menjalankan kampanye Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset dengan siapa Anda bermain.

Telkomsel DigiAds sangat memahami ini. Oleh karena itu, kami bermitra dengan pihak-pihak yang berkualifikasi seperti MOAT dan IAS. Kerja sama ini dijalin untuk memastikan view-ability rate, keamanan merek, dan penargetan audiens dari setiap hasil iklan dapat diukur dan akuntabel.

Kami percaya bahwa programmatic adalah bagian dari gelombang berikutnya dalam industri yang akan terus tumbuh dan beradaptasi. Dan kami akan terus berinovasi agar dapat menjadi Indonesia’s most preferred programmatic media powerhouse dengan media iklan yang luas, inventori terverifikasi, dan teknologi periklanan yang maju.

[Img Source: Shutterstock]