Waktu Terbaik Menjangkau Konsumen/Moose Photo on Pexels
Juli 31, 2019

Waktu Terbaik Menjangkau Konsumen

By : Bizinsight

Waktu merupakan salah satu poin terpenting dalam pemasaran. Jika Anda sebagai pemasar mengirim pesan pada waktu yang salah, jangan kaget bila tujuan pesan Anda tidak tercapai. Lalu bagaimana caranya mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengirim pesan pemasaran?

Nah, hal pertama yang perlu dipahami terlebih dahulu ketika ingin menentukan waktu terbaik menjangkau konsumen adalah bagaimana cara menjangkau mereka. Mengirim pesan yang identik dan dilakukan sekaligus pada waktu yang bersamaan di platform yang berbeda-beda seperti media sosial, email, dan SMS biasanya tidak akan membawa hasil yang optimal. 

Masing-masing pengguna platform tersebut sudah pasti memiliki karakter yang berbeda dalam menggunakan layanan. Maka dari itu, setiap platform memiliki waktu optimalnya sendiri dalam mengirim pesan pemasaran untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target pasar. Mengetahui wawasan ini tentu akan membantu meningkatkan persentase kesuksesan dalam menjangkau konsumen.

Waktu terbaik menjangkau konsumen di SMS

Menjangkau Konsumen di SMS/Rawpixel on Pexels

Menjangkau Konsumen di SMS/Rawpixel on Pexels

SMS sebenarnya adalah salah satu saluran pemasaran paling cepat, dengan rasio pesan terbuka bisa mencapai 90 persen atau lebih. Namun,  yang perlu diingat adalah jangan sampai Anda membombardir pengguna dengan pesan di platform pribadi ini.

Ketika mengirim SMS, pesan teks singkat bisa jadi lebih berarti. Umumnya keberhasilan hanya datang dari 4-6 pesan sebulan. Dengan semakin banyak bola mata yang tertuju pada ponsel, waktu terbaik untuk menjangkau konsumen lewat SMS adalah siang dan sore hari ketika orang-orang beristirahat makan dan selesai beraktivitas atau bekerja.

Memang SMS saat ini dipandang sebagai teknologi antik. Akan tetapi, SMS juga masih dapat menjadi kanal komunikasi yang paling diterima dan dapat memainkan peran kunci dalam menghubungkan kebanyakan teknologi modern saat ini. Contohnya untuk mengirim OTP (One Time Password) atau menjangkau orang-orang yang hingga saat ini masih belum terhubung ke internet.

Inovasi pun terus hadir agar layanan berbasis teks ini dapat tetap relevan di tengah derasnya laju perubahan industri digital. Salah satu inovasi terbaik yang kini ada di pasar adalah layanan Telkomsel MyAds.

Telkomsel MyAds adalah layanan yang memfasilitasi pengguna dalam pembuatan dan pemasangan iklan yang ditujukan khusus untuk para pelanggan Telkomsel dalam mendukung aktivitas pemasaran. Iklan yang dibuat dapat dikirimkan secara massal (blast/broadcast), spesifik (targeted), atau berdasarkan lokasi tertentu (Location Based Advertising). Sedangkan media yang dapat digunakan untuk pengiriman iklan ada tiga, yaitu SMS, MMS, dan pesan pop-up (USSD).

Waktu terbaik menjangkau konsumen di Email

Menjangkau Konsumen di Email/Rawpixels on Pexels

Menjangkau Konsumen di Email/Rawpixels on Pexels

Email adalah salah satu kanal populer untuk melakukan pemasaran, terutama ketika masa-masa awal internet meledak. Sayangnya, hal ini banyak disalahgunakan juga sehingga membuat saluran ini menjadi lebih ketat.

Ini bisa dilihat dari kecanggihan fitur penyaring email Spam yang terus ditingkatkan oleh masing-masing penyedia layanan email. Selain itu aturan-aturan yang bertujuan untuk melindungi privasi pelanggan pun selalu diperbarui. Maka dari itu persentase email dibuka oleh penerima pun biasanya tidak lebih dari 20 persen saja

Pun begitu, email masih tetap menjadi salah satu kanal pemasaran favorit. Karena dengan capaian email pemasaran yang dibuka tak lebih dari 20 persen pun tingkat konversi yang dihasilkan sudah tergolong baik.

Agar email pemasaran dapat menjadi lebih efektif, konsistensi dalam mengirimkan pesan sangat diperlukan. Waktu terbaik untuk menjangkau konsumen melalui email adalah di hari Selasa,  Rabu, dan Kamis pada pagi (06:00 am & 10:00 am), siang (02:00 pm), dan malam 08:00 pm-12:00 pm).

Waktu terbaik menjangkau konsumen di media sosial

Menjangkau Konsumen di Media Sosial/Pixabay on Pexels

Menjangkau Konsumen di Media Sosial/Pixabay on Pexels

Dalam satu dekade ini media sosial telah mengubah lanskap dunia digital, bahkan hingga melahirkan satu metode pemasaran baru yaitu influencer marketing. Dalam perkembangannya, ada tiga platform media sosial yang menjadi sangat populer yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Ketiga platform ini juga memiliki karakteristik yang berbeda, baik dalam cara menyampaikan pesan hingga waktu penyampaian.

Nah, menurut studi dari Oberlo, waktu terbaik untuk membuat posting di Instagram adalah saat makan siang (11:00 am-1:00 pm) dan malam hari setelah bekerja (7:00 pm-9:00 pm). Sementara hari-hari terbaik untuk membuat posting di Instagram adalah hari Senin, Rabu dan Kamis.

Lain lagi dengan Facebook. Untuk pemaparan maksimum, waktu membuat posting terbaik di halaman bisnis Facebook ada di antara 01:00 pm-04:00 pm. Itu mungkin terjadi karena banyak pengguna Facebook menjelajah di desktop mereka saat istirahat sejenak di kantor. Sementara hari-hari terbaik untuk membuat posting di Facebook adalah Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu.

Di Twitter, waktu terbaik untuk membuat posting adalah pada jam makan siang yaitu jam 12:00 pm-01:00 pm. Posting saat makan siang setiap hari Senin-Jumat juga dapat membantu Anda meningkatkan interaksi media sosial ini.

Take away

Pesan yang tepat, waktu yang tepat selalu menjadi tujuan pemasaran. Pemasar kini tidak lagi hanya melihat karakteristik pasar melalui kemiripan demografis saja. Ada “sinyal” pemasaran yang ditunggu yang dapat menunjukkan bahwa pasar sedang terbuka terhadap pesan. Apakah itu  melalui riwayat istilah pencarian, melalui perilaku penelusuran, dan lain sebagainya.

Jika pemasar hanya fokus pada demografi, artinya dia mempersempit peluang karena pada dasarnya ia berbicara kepada orang yang sama berkali-kali. Orang-orang juga mulai menyadari bahwa jika pesan iklan tidak relevan, maka teknologi terbaik pun tak dapat membantu. 

Maka dari itu, mengetahui kapan waktu terbaik untuk menjangkau konsumen menjadi penting. Dari sini pemasar dapat menyusun strategi untuk membuat pesan iklan yang tak hanya relevan dengan demografi, tetapi juga dengan waktu pengirimannya.

[Header img source: Moose Photo on Pexels]