cara meningkatkan traffic blog
Tips Monday December 23rd, 2019

Ingin Traffic Blog Melonjak Naik di Tahun 2020? Gunakan 5 Cara Jitu Ini!

By : Bizinsight

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Setiap pembisnis tentunya menginginkan agar blog bisnis mereka memiliki pertumbuhan traffic yang bagus. Demi alasan itulah, para pembisnis selalu berusaha untuk membuat konten dari blog mereka memiliki daya tarik yang kuat untuk mendatangkan traffic. Kendati demikian, pada kenyataannya, menaikkan traffic dari sebuah blog bukanlah perkara yang mudah.

Hasil analisa dari Ahrefs pada 2018 lalu menyingkapkan data yang menarik. Menggunakan tools yang mereka miliki, mereka menarik 1 milyar laman dari database sebagai subjek dari analisis mereka.  Dari 1 milyar laman tersebut, sekitar 90,88 persen terbukti tidak pernah mendapatkan traffic pencarian organic dari Google. Sementara, dan hanya 0,3 persen yang mendapatkan lebih dari 1000 kunjungan setiap bulannya.

cara meningkatkan traffic blog

Source: ahrefs.com

Para pembisnis harus menyadari dua poin penting yang selalu menjadi pedoman saat menyiapkan rencana untuk mendongkrak traffic dari blog bisnis. Poin pertama adalah alasan yang kuat dari setiap konten untuk mampu mendatangkan traffic, dan poin kedua berbicara mengenai bagaimana traffic akan datang ke laman blog.

Selain kedua hal tersebut, ada 5 cara meningkatkan traffic blog yang bisa diadopsi oleh para pembisnis sehingga mereka mampu melihat perkembangan traffic yang bagus dari blog bisnis mereka pada tahun 2020 nanti. Mari simak tips-tips tersebut di bawah ini.

1. Topik yang Trending

Topik yang dibahas dalam sebuah konten di blog merupakan kunci yang paling krusial dalam mendatangkan traffic. Para pembisnis harus mampu menyajikan konten yang mampu menyita perhatian netizen agar tertarik untuk mengunjungi blog tersebut. Cara terbaik untuk menyiapkan konten yang menarik adalah memilih topik yang sedang trending atau tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Khusus cara meningkatkan traffic blog yang satu ini, para pembisnis harus peka terhadap isu-isu terkini, sekaligus memiliki wawasan tentang segmentasi pasar yang mereka incar. Dengan mengetahui fokus dari calon pengunjung, maka para pembisnis dapat memilih topik yang sesuai dengan minat atau kegelisahan mereka.

[BACA JUGA: Dari AI hingga Virtual Deposit: Inilah Tren Digital Marketing di Tahun 2020]

2. Memaksimalkan Fitur dalam Blog

Setelah memikirkan konten yang unik, para pembisnis juga perlu mengetahui apa saja fitur yang disediakan pada blog untuk dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Adanya search engine optimization (SEO) merupakan sebuah fitur yang dapat membawa traffic yang signifikan kepada sebuah blog apabila pengelolaannya dieksekusi dengan baik.

Para pembisnis harus mengetahui bahwa memaksimalkan SEO bukanlah perkara yang rumit apabila mereka mengetahui faktor-faktor kunci untuk SEO, yaitu keyword yang unik, penggunaan gambar di blog, serta optimisasi pencarian secara mobile. Ketiga faktor inilah yang mampu membawa sebuah blog menempati peringkat teratas pada pencarian di Google atau search engine populer lainnya.

3. Melakukan Promosi Blog

Saat ini, ada banyak cara untuk melakukan promosi sebuah blog. Salah satu cara yang paling digandrungi oleh para pembisnis adalah memanfaatkan media sosial yang tengah populer saat ini sebagai medium untuk mencari traffic.

Bahkan, kini beberapa media sosial menyediakan fitur promosi berbayar yang akan sangat berguna untuk kegiatan pemasaran. Dengan fitur tersebut, para pembisnis dapat melakukan promosi yang efektif karena pasar di media sosial yang luas dapat dijangkau dengan baik.

[BACA JUGA: Tren Digital Marketing Tools Tahun 2020, No 3 Tool Pendatang Baru!]

4. Siapkan Backlink untuk Blog

Cara meningkatkan traffic blog yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan backlink ke blog bisnismu. Para pembisnis harus rajin menciptakan backlink pada setiap konten mereka. Tidak hanya di blog, backlink juga harus disebarkan di konten media sosial atau pun di platform seperti Quora.

Itulah beberapa cara meningkatkan traffic blog bisnismu di tahun 2020. Mari siapkan strategi terbaik untuk mendorong pertumbuhan blog-mu sematang mungkin. Semangat!