image-header
Insight ID 20 August 2021

Pahami Pentingnya Strategi Segmentasi Pasar untuk Bisnis Anda

Pahami Pentingnya Strategi Segmentasi Pasar untuk Bisnis Anda

Strategi segmentasi pasar berkaitan erat dengan perkembangan suatu bisnis. Segmentasi pasar dapat menentukan apakah produk atau layanan dari bisnis tersebut telah dipasarkan pada target yang tepat. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui strategi, tujuan, dan jenis segmentasi pasar untuk perkembangan bisnis Anda.

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan suatu strategi pengelompokan pasar yang disesuaikan dengan kemiripan, kesamaan, kebutuhan, dan minat pelanggan. Sebelum memasarkan suatu produk atau layanan, tujuan segmentasi pasar adalah untuk menciptakan suatu produk atau layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.  

Itulah sebabnya Anda perlu memiliki strategi segmentasi pasar untuk menciptakan produk atau layanan yang sesuai dan mengenai target pasar yang tepat. Dengan adanya segmentasi pasar, Anda akan memiliki beberapa strategi pemasaran untuk menarget pelanggan dengan efektif dan efisien.

Anda pun berkesempatan untuk menciptakan user experience yang lebih baik untuk setiap kelompok pelanggan tersebut. Selain itu, salah satu tujuan segmentasi pasar adalah untuk meningkatkan penjualan dengan cara memahami apa yang pelanggan butuhkan. Bila kebutuhan diperhatikan, pelanggan akan terus mempercayai bisnis Anda.
 

Pahami Pentingnya Strategi Segmentasi Pasar untuk Bisnis Anda

 

Mengenal Jenis Segmentasi Pasar

Sebelum menemukan pola strategi segmentasi pasar yang tepat, Anda perlu mengetahui dulu apa saja jenis segmentasi pasar yang bisa diterapkan. Di antaranya:
 

1.Demografis

Segmentasi berdasarkan demografis lebih banyak dipilih karena termasuk tipe paling mudah dan hasilnya dapat diandalkan. Demografis dalam hal ini terkait informasi tentang jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, pendapatan, ras, dan jabatan. Selain dapat menjangkau lebih efektif, strategi segmentasi ini dapat menyampaikan pesan yang tepat kepada pelanggan yang tepat pula.

2. Geografis

Strategi segmentasi pasar berdasarkan geografis artinya Anda memisahkan konsumen berdasarkan lokasi mereka. Segmentasi ini bisa mencangkup dalam atau antar kota, provinsi, bahkan antar negara dan benua tergantung dari skala bisnis Anda.

3. Perilaku

Disebut juga behavioral, strategi segmentasi pasar ini mengacu pada sifat atau perilaku pelanggan, seperti:

  • Kebiasaan berbelanja;
  • Kebiasaan membeli;
  • Kebiasaan menjelajah situs;
  • Interaksi dengan merek;
  • Loyalitas terhadap merek;
  • Pemberian rating pada produk yang telah dibeli.

Cara pelanggan berinteraksi dengan situs web Anda pun bisa dianalisa untuk mencari tahu perilaku mereka. Berikut ada beberapa indikator yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Jumlah sesi di situs web;
  • Jumlah halaman yang dikunjungi;
  • Waktu yang dihabiskan di situs web;
  • Jenis halaman web yang sering dikunjungi;
  • Nilai keranjang belanja;
  • Sumber referral (rujukan);
  • Ketidak aktifan.

Masih banyak hal yang bisa dianalisa dari perilaku pelanggan untuk menentukan pola strategi segmentasi pasar yang tepat. Intinya, ketika mengetahui perilaku pelanggan, Anda akan lebih mudah menawarkan apa yang mereka inginkan.

4. Psikografis

Segmentasi pasar ini berfokus pada nilai, tujuan hidup, hobi, keyakinan, gaya hidup, dan kepribadian pelanggan. Hal-hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi keputusan belanja mereka. Segmentasi psikografis biasanya berupa penggabungan antara beberapa segmentasi seperti demografi atau geografis. Contoh kasusnya, seseorang yang lahir di tahun 80an lebih cenderung membeli produk yang ramah lingkungan atau organik dibandingkan dengan kelahiran tahun 90an.
 

Empat hal di atas dapat membantu Anda dalam menentukan pola segmentasi pasar. Persentase penjualan pun akan semakin meningkat dengan menggunakan pola segmentasi yang tepat.

 

 

Pahami Pentingnya Strategi Segmentasi Pasar untuk Bisnis Anda

 

Syarat Strategi Segmentasi Pasar yang Harus Dimiliki

Untuk menjalankan strategi segmentasi pasar dalam bisnis, Anda perlu memperhatikan syarat-syarat berikut ini:

  1. Measurable (terukur); ada tingkatan tertentu yang bisa jadi acuan pengukuran segmentasi pasar, seperti mengukur daya beli atau besar dan luas pasar yang potensial. Hasil analisa segmentasi pasar pun harus bisa dibuktikan dengan data yang akurat dan terukur.
  2. Accessible (terjangkau); hilangkan dinding atau batasan antara produk dengan konsumen. Selain segmentasi pasar yang bisa dilaksanakan, Anda pun perlu memastikan bahwa apa yang ditawarkan dapat dijangkau oleh pelanggan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin pada pelanggan.
  3. Substantial (berpengaruh); strategi segmentasi pasar yang dijalankan harus dapat mempengaruhi bisnis Anda. Artinya strategi tersebut dapat memberikan pengaruh dari segi keuntungan dan perubahan lain yang dapat meningkatkan bisnis Anda.
  4. Actionable (realistis); apapun jenis segmentasi pasar yang Anda pilih, pastikan dapat dijalankan dan realistis. Syarat ini perlu dipenuhi agar Anda bisa mewujudkan rencana atau tujuan bisnis. Sebaliknya, bila strategi tidak realistis dan sulit dijalankan, Anda tidak akan mampu menghasilkan keuntungan yang ingin dicapai.
  5. Differentiable (dapat dibedakan); setiap elemen dalam segmentasi dapat dipisahkan atau dibedakan dengan jelas. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan strategi segmentasi yang lebih efektif.
  6. Profitable (menguntungkan); salah satu tujuan segmentasi pasar adalah untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Anda menjalankan strategi yang tepat jika strategi tersebut menguntungkan bisnis Anda. Maka pastikan pola strategi yang dipilih haruslah menguntungkan.

Syarat di atas dapat menjadi patokan untuk mengetahui apakah segmentasi pasar Anda lebih efektif dan menguntungkan. Itulah mengapa Anda harus memenuhi syarat di atas agar menghasilkan strategi segmentasi yang tepat.

 

 

Pahami Pentingnya Strategi Segmentasi Pasar untuk Bisnis Anda

 

  1. Survei

    Dalam menentukan strategi segmentasi pasar, survei merupakan prosedur pertama yang perlu dieksplorasi. Bentuk survei tersebut bisa Anda tentukan sendiri, contohnya dalam bentuk wawancara, menyebarkan angket, atau meminta saran terkait minat masyarakat.

    Tujuan dari survei ini adalah agar bisnis Anda mendapatkan data awal terkait target pasar. Dari survei ini juga Anda bisa mengetahui sikap dan motivasi mereka terhadap suatu produk atau layanan yang ditawarkan.

    Jika data awal telah didapatkan, langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan prosedur kedua sebelum menentukan strategi segmentasi yang tepat. prosedur tersebut adalah melakukan analisis informasi.
     
  2. Analisa

    Data awal yang diraih dari hasil survei menghasilkan informasi yang perlu dianalisis terlebih dahulu. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mencari tahu berbagai alasan dibalik motivasi dan sikap pelanggan dalam memilih suatu produk atau layanan. Hasil analisis tersebut akan menjadi langkah awal penentuan segmentasi pasar sesuai dengan motivasi, sikap, dan penyebab yang sama.

  3. Profiling

    Dalam prosedur ini, Anda mulai mengidentifikasi beberapa kelompok pelanggan. Pengelompokan itu mengacu pada hasil survey awal dan data hasil analisa konsumen. Setelah diidentifikasi, Anda akan bisa mengelompokan pelanggan dan dijadikan sebagai target pasar. Setelah semua prosedur dipenuhi, Anda bisa menentukan strategi segmentasi pasar yang tepat untuk memasarkan produk atau layanan pada calon pelanggan.

Pahami Pentingnya Strategi Segmentasi Pasar untuk Bisnis Anda

 

  1. Efisien dan Ekonomis

    Menggunakan hanya satu strategi pemasaran tidak menjamin akan berhasil untuk semua pelanggan. Itulah mengapa diperlukan strategi segmentasi pasar untuk menciptakan layanan yang lebih bisa dipersonalisasi. Anda pun bisa memberikan layanan yang terfokus pada kelompok pelanggan yang telah tersegmentasi.

    Dengan begitu Anda bisa mengalokasikan waktu dan biaya pemasaran pada segmentasi tersebut. Segmentasi pasar juga dapat menghindarkan Anda dari membuang uang dan waktu untuk usaha pemasaran yang tidak efektif.

  2. Relasi yang Lebih Baik dengan Pelanggan

    Banyak pelanggan yang mengharapkan layanan terpersonalisasi. Strategi segmentasi pasar memungkinkan suatu bisnis untuk menciptakan layanan yang lebih personal. Menjalankan segmentasi pasar artinya Anda akan lebih banyak belajar untuk mengenal pelanggan lebih baik lagi.

    Semakin banyak yang Anda ketahui tentang mereka, semakin mudah untuk menciptakan layanan yang lebih personal. Itu sebabnya segmentasi pasar membuka kesempatan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

  3. Identifikasi Strategi Marketing Secara Mendetail

    Melalui strategi segmentasi pasar yang dijalani, Anda bisa mengidentifikasi kelebihan, kelemahan, dan kesempatan dari strategi marketing yang dijalankan. Segmentasi pasar memungkinkan Anda untuk menganalisa kinerja merek dan usaha pemasaran yang dilakukan.

    Anda pun bisa mengetahui produk mana yang paling laris di antara segmen pelanggan dan strategi mana yang perlu diperbaiki atau dipertahankan. Selain itu, melalui segmentasi pasar, Anda pun mampu bersaing dengan kompetitor untuk meningkatkan bisnis Anda.

  4. Gagasan Pemasaran Menjadi Lebih Jelas

    Sebelum menyediakan suatu produk atau usaha, Anda sudah mengantongi data konsumen yang tertarik dengan bisnis Anda. Data tersebut tidak hanya terkait dengan kebutuhan atau karakteristik pelanggan saja, tapi juga daya beli dan kemampuan mereka. Itu sebabnya Anda dapat menentukan gagasan pemasaran yang tepat berdasarkan data pelanggan yang telah dikumpulkan.

  5. Menemukan Perbandingan Antar Pasar

    Menerapkan strategi segmentasi pasar artinya Anda telah memiliki data mengenai pelanggan. Dari mulai daya beli, karakteristik, jenis strategi pemasaran yang disukai, hingga kebutuhan pelanggan.

    Dari data tersebut, Anda bisa menemukan perbandingan antar pasar untuk mengelompokan pelanggan. Dari perbandingan itu akan diketahui juga kelompok mana yang lebih banyak menggunakan produk atau layanan Anda dan kelompok mana yang tidak melakukan transaksi.

Memberikan layanan yang lebih personal pada pelanggan dapat meningkatkan user experience sehingga mereka akan setia pada bisnis Anda. Itulah mengapa strategi segmentasi pasar memudahkan Anda dalam menjalankan suatu bisnis.

Selain itu, segmentasi pasar juga memudahkan Anda dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih akurat, termasuk dalam mengiklankan produk atau layanan pada pelanggan. Iklan menjadi salah satu strategi pemasaran yang digandrungi. Perkembangan teknologi juga memungkinkan Anda untuk memasang iklan berbasis digital atau digital advertising.

Segmentasi pasar bisa diterapkan untuk membuat iklan digital yang tepat sasaran untuk bisnis Anda. Jangan lupa juga untuk memilih layanan iklan digital yang terpercaya untuk mendukung strategi pemasaran Anda.

Dalam hal ini ada Telkomsel DigiAds yang bisa menjadi pilihan Anda. Telkomsel Digiads akan membantu bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan melalui iklan digital yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya sekadar beriklan dan menjangkau target konsumen yang luas, Anda juga akan dibantu dalam hal optimalisasi kampanye iklan.

Selain jangkauan luas dan target konsumen yang sesuai, Telkomsel DigiAds akan memberikan berbagai keunggulan lain untuk Anda seperti keamanan data dan hasil analisa, efektivitas iklan berdasarkan budget yang terukur, dan akses open dashboard dari awal hingga akhir untuk transparansi.

Kembangkan bisnis Anda dengan solusi digital advertising yang tepat dan efektif bersama Telkomsel DigiAds. Informasi lebih lanjut, kunjungi halaman website Telkomsel DigiAds!
 

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk