image-header
Insight ID 20 August 2021

Programmatic Ads: Tren Menjanjikan dalam Pertumbuhan Digital Advertising di Indonesia

Programmatic Ads: Tren Menjanjikan dalam Pertumbuhan Digital Advertising di Indonesia

Digital advertising atau iklan digital memiliki peranan penting dalam dunia pemasaran. Menjadi salah satu inovasi dalam dunia teknologi, digital ads semakin memudahkan bisnis dalam memasarkan produk atau layanan yang ditawarkan. 

Iklan digital pun semakin berkembang pesat dengan adanya berbagai tren yang makin digandrungi di dunia bisnis, salah satunya adalah tren strategi digital advertising dalam bentuk programmatic ads.

Lantas, apa itu programmatic ads dan bagaimana strategi digital advertising ini dapat membantu suatu bisnis? Secara umum, bagaimana perkembangan iklan digital di Indonesia? Bagaimana jenis-jenis iklan digital dapat membantu perkembangan suatu bisnis?

Sekilas Tentang Digital Advertising

Iklan digital atau digital advertising merupakan iklan berbasis online dan disalurkan melalui mesin pencarian, situs web, aplikasi seluler, platform media sosial, dan media digital lainnya. iklan digital memiliki karakteristik tersendiri, di antaranya:

  • Terukur, di mana jumlah orang yang melihat dan berinteraksi dengan digital advertising Anda akan mudah diukur. Bahkan, Anda pun bisa menghitung ROI dengan lebih akurat.
  • Berbayar, seperti bentuk iklan lainnya, iklan digital memerlukan biaya yang digunakan untuk membuat dan memesan iklan, membeli slot iklan, dan memantau hasil iklan tersebut.
  • Didukung data, di mana untuk membuat iklan digital diperlukan data seperti target pasar dan bagaimana target pasar berinteraksi dengan suatu bisnis. Data tersebut dapat membantu membuat iklan lebih akurat atau tepat sasaran.
  • Berorientasi pada tujuan, di mana setiap strategi digital advertising yang dibuat memiliki tujuan tertentu, contohnya untuk menarik pembeli, mempromosikan produk atau layanan, meningkatkan interaksi hingga meningkatkan brand awareness.

Selain mengenal karakteristik di atas Anda pun perlu mengetahui apa saja jenis digital advertising yang sering digunakan oleh pengiklan. Umumnya terdapat empat jenis iklan digital di dunia marketing, seperti:

Programmatic Ads: Tren Menjanjikan dalam Pertumbuhan Digital Advertising di Indonesia

 

  1. Search Engine Marketing (SEM)

    Artinya Anda menggunakan mesin pencarian sebagai alat untuk beriklan. Jenis digital advertising ini menerapkan sistem PPC atau pay per click. Sistem ini memungkinkan Anda untuk membuat iklan dan menetapkan anggaran tersendiri. Setelahnya Anda pun dapat melihat perkembangan iklan tersebut melalui metrik yang tersedia.

    Iklan dengan sistem PPC ini akan muncul di mesin pencarian. Selain itu, ada juga display ads atau iklan bergambar yang mana iklan tersebut berupa gambar dan akan muncul di situs web lain.

  2. Remarketing/Retargeting Advertising

    Jenis digital advertising ini memungkinkan Anda untuk menawarkan kembali produk atau layanan pada konsumen yang sebelumnya telah menunjukkan minat atau pernah bertransaksi dengan Anda. Remarketing atau retargeting ads biasanya diterapkan di platform e-commerce.

  3. Native Advertising

    Native advertising biasanya menyatu dengan konten yang sedang ditonton atau dibaca. Jenis digital advertising ini muncul di bagian related stories, recommended reading, atau promoted stories. Native advertising biasanya muncul di media atau situs berita online.

  4. Social Media Marketing

    Sesuai dengan namanya, jenis digital advertising ini menggunakan platform media sosial untuk beriklan dengan menyediakan layanan iklan yang bisa ditampilkan sesuai dengan efisiensi dan efektivitas masing-masing. Jenis iklan yang tersedia dalam media sosial tersebut bisa berupa display ads (iklan bergambar), text ads (iklan berbentuk teks), dan video ads (iklan video).

Dalam digital advertising, impresi memiliki peranan penting untuk mengukur intensitas suatu iklan yang ditayangkan. Tingkat impresi tergantung dari biaya yang dikeluarkan oleh pengiklan dalam skema tertentu. Adapun skema iklan digital meliputi:

  • CPC (cost per click) yang merupakan biaya yang dikeluarkan untuk setiap iklan yang diklik.
  • CPM (cost per mille) yang merupakan biaya yang dikeluarkan untuk menampilkan iklan per 1.000 tayangan iklan.
  • CPL (cost per leads) yang merupakan biaya yang ditanggung untuk setiap klik yang berubah menjadi lead atau calon konsumen.
  • CPA (cost per acquisition) yang merupakan biaya yang ditanggung setelah membagi jumlah pelanggan baru yang dihasilkan dari suatu iklan.

Itulah sekilas mengenai digital advertising yang perlu Anda ketahui. Lalu bagaimana pengaruh dan perkembangan tren iklan digital di Indonesia?

Programmatic Ads: Tren Menjanjikan dalam Pertumbuhan Digital Advertising di Indonesia

Perkembangan dan Tren Digital Advertising di Indonesia

eMarketer mencatat bahwa hingga tahun 2018 kondisi industri digital advertising menempatkan Indonesia sebagai negara dengan total belanja media tertinggi di Asia Pasifik, melampaui Singapura dan Tiongkok.

Kondisi ini diprediksi akan terus berkembang dan terbukti di tahun 2019, pengeluaran iklan digital berbasis smartphone di Indonesia mencapai Rp 37 triliun. Sedangkan di tahun 2020, pertumbuhan iklan berbasis digital meningkat hingga lebih dari 50%.

Tahun 2021 diprediksi bahwa pertumbuhan iklan digital akan semakin pesat dengan jenis iklan berbasis video dan gambar yang banyak diminati. Selain itu, digital advertising menghadirkan data pemasaran yang detail dan terukur dibandingkan dengan jenis iklan konvensional.

Dengan begitu, kegiatan pemasaran pun dapat lebih tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan penjualan. Iklan digital pun akan semakin diminati dengan berbagai inovasi dan tren yang dapat membantu perkembangan suatu bisnis. Salah satu inovasi atau tren strategi digital advertising yang berhasil menyita perhatian adalah kehadiran programmatic ads.

Programmatic Ads: Tren Menjanjikan dalam Pertumbuhan Digital Advertising di Indonesia

Programmatic Ads: Inovasi dalam Digital Advertising

Perkembangan teknologi memicu berbagai inovasi yang dapat mendukung pertumbuhan suatu bisnis. Hal ini pun berlaku dalam sektor iklan digital. 

Di tahun 2021, digital advertising hadir dengan berbagai tren salah satunya adalah programmatic ads yang merupakan iklan digital terprogram yang memanfaatkan kecanggihan artificial intelligence (AI) untuk menyasar target pasar yang lebih spesifik.

Programmatic ads dapat memberikan tingkat efisiensi yang tinggi bagi para pengiklan dan publisher tanpa menggunakan cara konvensional. Cara kerja jenis digital advertising ini pun terbilang mudah dan tidak memakan waktu. Sebagai pengiklan, Anda dapat memilih format iklan yang sesuai dengan produk atau layanan yang hendak dipasarkan.

Anda pun tidak perlu menelepon publisher untuk melakukan negosiasi harga karena kebutuhan iklan Anda dapat disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Dengan programmatic ads, Anda bisa mengembangkan strategi digital advertising menggunakan berbagai format khusus sekaligus dapat memilih audiens yang cocok untuk iklan tersebut.

Format programmatic ads pun beragam, dari mulai banner boat, form ads, hingga influencer ads. Format tersebut bisa dikreasikan sesuai keinginan Anda agar lebih menarik minat audiens. Dengan kata lain programmatic ads dapat membantu Anda untuk mengembangkan strategi digital advertising yang menarik berdasarkan kebutuhan.

Itu sebabnya, programmatic ads mampu memberikan hasil yang maksimal dengan pengeluaran yang lebih efisien. Selain itu, programmatic ads pun memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan transparansi, kendali, dan laporan terperinci secara real time

Dengan data tersebut, Anda pun dapat menyesuaikan kampanye iklan berdasarkan situasi yang tengah dihadapi. Di Indonesia sendiri, perkembangan programmatic ads sangatlah menjanjikan.

Menurut studi InMobi dalam laporan The State of Mobile Programmatic Buying Southeast Asia, Indonesia merupakan pasar programmatic ads paling menarik di Asia Tenggara. Selain itu, total belanja programmatic ads di Tanah Air pun meningkat hingga 54%. Di tahun 2020, pasar programmatic ads di Indonesia dianggap paling cepat berkembang diikuti oleh India dan Brazil.

Programmatic Ads: Tren Menjanjikan dalam Pertumbuhan Digital Advertising di Indonesia

Cara Kerja Programmatic Ads

Ditilik dari cara kerjanya, seluruh transaksi antara pengiklan dan publisher dilakukan melalui aplikasi atau program tertentu. Adanya aplikasi atau program tersebut dapat memudahkan pemasangan dan transaksi iklan secara otomatis. Seluruh rangkaian transaksi dilakukan secara otomatis sehingga menghilangkan kontak langsung antara buyer dan publisher yang sebelumnya diterapkan dalam proses transaksi iklan secara konvensional.

Ketika menggunakan programmatic ads, Anda akan diberikan opsi untuk penayangan iklan di berbagai space yang tersedia. Iklan tersebut bisa dalam format video, GIF, banner, dsb. Format iklan yang telah dipilih nantinya akan ditampilkan pada target pasar yang terdapat dalam database Anda. Dengan begitu, iklan Anda akan menyasar audiens yang tepat sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Programmatic Ads: Tren Menjanjikan dalam Pertumbuhan Digital Advertising di Indonesia

Faktor Penting Menggunakan Programmatic Ads

Hasil survei We Are Social di tahun 2017 menunjukkan bahwa pengguna Internet di Indonesia mencapai 132,7 juta orang. 70% dari jumlah tersebut merupakan pengguna perangkat mobile. Jumlah ini akan terus berkembang dari tahun ke tahun.

Melihat perkembangan pengguna Internet di Indonesia, strategi pemasaran produk melalui digital advertising semakin menjanjikan. Ditambah dengan adanya tren programmatic ads menggunakan iklan berbasis digital untuk memasarkan suatu produk atau layanan akan lebih praktis. Mengapa?

  1. Efisien dan Murah

    Programmatic ads merupakan strategi digital advertising yang efektif dan murah. Bahkan, dengan budget yang lebih rendah, Anda akan mendapatkan hasil lima kali lipat lebih banyak daripada menggunakan strategi iklan konvensional.

    Karakteristik dari programmatic ads ini tentunya akan menguntungkan Anda sebagai pengiklan. Pasalnya tidak perlu lagi untuk mengeluarkan budget yang tinggi dalam beriklan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  2. Skalabilitas

    Dari mulai jangkauan hingga konversi, semua data yang Anda butuhkan untuk menganalisa hasil iklan bisa terukur dengan programmatic ads. Adanya data yang lengkap dapat membantu Anda dalam mengetahui efektivitas iklan.

    Dari data tersebut, Anda bisa mengetahui minat target pasar hingga mengukur strategi iklan untuk menjadikan mereka konsumen. Penyesuaian iklan secara realtime pun dapat dilakukan untuk mengantisipasi perubahan situasi selama menjalankan kampanye iklan.

  3. Relevansi

    Popularitas programmatic ads di dunia digital advertising tidak lepas dari keuntungan yang krusial ini. Dengan adanya relevansi, Anda dapat menyampaikan pesan yang tepat pada target pasar yang tepat serta di waktu dan momen yang tepat. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan total konversi yang lebih tinggi.

    Selain itu, iklan digital Anda bisa disesuaikan dengan berbagai kriteria yang sesuai dengan target pasar, dari mulai usia, jenis kelamin, pekerjaan, lokasi, hingga riwayat pencarian. Itu sebabnya iklan Anda hanya akan muncul untuk audiens dengan kriteria yang telah dibuat.

Keberadaan programmatic ads tidak lepas dari permintaan digital advertising yang tinggi di Indonesia. Itulah sebabnya programmatic ads mampu berkembang pesat di Tanah Air. Layanan programmatic ads pun mudah untuk diakses, hanya saja Anda perlu memastikan layanan yang dipilih merupakan layanan yang terpercaya.

Dengan memilih layanan programmatic ads yang terpercaya, pemasangan iklan akan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan digital advertising Anda, TelkomGroup bersama insan-insan media di Indonesia meluncurkan layanan digital bernama TADEX (Tanah Air Digital Exchange), the largest premium programmatic advertising platform in Indonesia.

TADEX hadir sebagai solusi bagi para pelaku industri periklanan digital di Indonesia untuk mendorong ekosistem digital yang inklusif sekaligus membangun periklanan digital yang inovatif dan transparan dengan mengedepankan kualitas penyampaian pesan ke publik. 

Anda akan mendapatkan beragam keuntungan dengan beriklan melalui TADEX, seperti satu platform untuk campaign iklan di channel premium publisher yang sudah terverifikasi dewan pers, optimasi iklan dengan berbagai format, hingga mampu menjangkau target konsumen dengan biaya yang efektif.

Capai target bisnis Anda sebagai advertiser atau publisher melalui TADEX. Informasi lengkap kunjungi halaman website TADEX!

Related Solutions
Image placeholder
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Image placeholder
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk
Related Solutions
Messaging

Layanan iklan berbasiskan text dengan menggunakan media sms untuk melanjutkan ke layanan utama.

Lihat Solusi Produk
Display

Layanan iklan berbasiskan gambar & video pada situs yang dikunjungi oleh target konsumen saat browsing

Lihat Solusi Produk